Tips Berkendara Sendirian dengan Aman di Malam Hari

By | 2019-03-28T14:38:49+00:00 28 Maret, 2019|Categories: Blog|
Tips Berkendara Sendirian dengan Aman di Malam Hari

Tips Berkendara Sendirian dengan Aman di Malam Hari

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap pengendara mobil untuk mengetahui bagaimana aturan dalam berkendara. Namun, masih banyak pengendara yang masih melakukan kesalahan ketika mengendarai mobilnya. Mulai dari hal sepele hingga hal yang fatal yang dapat membahayakan pengendara itu sendiri dan orang lain. Padahal, hal tersebut akan mempengaruhi keamanan serta kenyamanan dalam berkendara. Pada kesempatan kali ini, Garda Oto akan bagikan tips berkendara dengan aman terutama di malam hari.

 

  1. Posisi Mengemudi

Tips mengendarai mobil yang pertama adalah memastikan Anda berada pada kondisi senyaman mungkin saat berkendara agar Anda tidak mudah lelah dalam perjalanan. Anda bisa memosisikan kursi Anda serta mengatur kedua pergelangan tangan agar dapat memegang kemudi dengan nyaman, sehingga Anda bisa merespon dalam mengendalikan kendaraan dengan lebih baik, stabil, dan lebih cepat.

Usahakan untuk tidak memegang kemudi di bagian atas, selain pengendalian menjadi kurang optimal juga dapat membahayakan diri Anda sendiri ketika airbag tiba-tiba mengembang yang pada akhirnya akan mencederai tangan Anda.

Cobalah untuk mengatur kemiringan sandaran kursi Anda agar posisi Anda menjadi ideal, sehingga Anda akan merasa nyaman dan tidak cepat lelah selama perjalanan di malam hari.

 

  1. Sabuk Pengaman

Selalu pastikan untuk menggunakan sabuk pengaman (seat belt) sebelum Anda menjalankan mobil. Hal ini terbukti mampu menyelamatkan banyak pengemudi dari benturan apabila terjadi kecelakaan.

 

  1. Tetap Waspada

Berkendara di malam hari seorang diri memang tidak mudah, apalagi bila rute yang dilewati adalah tempat yang sepi serta rawan dengan tindak kejahatan. Sepinya jalanan yang dilewati, akan menjadi celah bagi pelaku-pelaku kejahatan untuk melaksanakan niat jahatnya kepada para pengendara mobil. Jika berada di dalam situasi tersebut, berpikirlah dengan jernih dan jangan tergesa-gesa untuk memutuskan keputusan tertentu, sebaiknya amati lingkungan sekitar dengan cermat untuk mengambil keputusan yang tepat. Hindari untuk keluar dari mobil bila terjadi hal-hal yang tidak wajar, bila perlu cari rute lain yang masih ramai dilalui orang banyak.

 

  1. Hindari Kegiatan yang Mengganggu Konsentrasi

Beberapa kasus kecelakaan yang disebabkan akibat pengemudi kehilangan konsentrasi, penyebabnya antara lain adalah menggunakan smartphone sambil mengendarai mobil. Mulai dari melakukan chatting, telepon, menonton video di YouTube, membuka social media, makan atau minum saat mengemudi, dan masih banyak hal lainnya. Selain dapat membahayakan diri sendiri, Anda juga akan membahayakan orang di sekitar Anda juga. Bersifatlah arif dan bijaksana ketika Anda sedang mengemudi, sehingga berkendara di malam hari bisa lebih aman dan nyaman.

 

  1. Gunakan Lampu Mobil dengan Bijaksana

Lampu merupakan salah satu elemen penting dalam segala jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Fungsi lampu ini antara lain adalah menjaga pengemudi agar lebih waspada pada malam hari sehingga bisa mengurangi terjadinya kecelakaan.

Penggunaan lampu juga harus menjadi perhatian bagi para pengendara di jalan raya. Misalnya lampu yang terlalu terang atau redup, atau menggunakan lampu dengan warna-warna yang bukan menjadi standard warna lampu yang sudah diatur pemerintah. Seperti yang telah diatur oleh pemerintah di dalam pasal 48 ayat 3 huruf G Undang-Undang Republik Indonesia No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan juga pada pasal 58 di UU yang sama, dimana secara tegas dinyatakan bahwa “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan raya DILARANG memasan perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas”. Kemudian, kembali dijelaskan secara lebih terperinci di dalam pasal 23 Peraturan Pemerintah No. 55/2012, dimana dijelaskan lebih rinci mengenai sistem lampu dan alat pemantul cahaya yang bisa digunakan, yang selengkapnya ada 11 ketentuan mengenai lampu yang bisa digunakan pada kendaraan.

 

Itulah beberapa tips mengendarai mobil yang bisa Anda mulai terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, selain dengan melakukan tips-tips diatas demi keamanan Anda saat berkendara di malam hari, Anda juga bisa mendapatkan jaminan keamanan terhadap kendaraan Anda dengan menggunakan produk Asuransi Astra yaitu Garda Oto. Untuk bisa membeli Garda Oto kini sudah #makingampang, seperti dapat membelinya melalui Garda Oto Digital ataupun lewat layanan berbasis Artificial Intelligence kami yaitu GarXia yang dapat melayani Anda dalam pembelian polis asuransi kendaraan hanya dengan chatting pada Garda Mobile Otocare. Bila membutuhkan layanan darurat di jalan, Anda juga dapat menghubungi contact center Garda Akses di nomor 1500112 yang siap melayani pelanggan Garda Oto selama 24 jam.