Tips Melakukan Repaint Velg Mobil Beserta BiayanyaProses memperbaiki atau segel ulang velg mobil dinamakan repaint velg. Velg mobil pada dasarnya bisa mengalami kerusakan karena berbagai faktor mulai dari cuaca yang ekstrim, penggunaan mobil yang berlebihan atau kondisi jalanan yang buruk. Dengan repaint ini, maka bisa membuat velg terlihat layaknya velg baru kembali dan bisa meningkatkan nilai estetika mobil pada akhirnya. 

Cara Melakukan Repaint Velg 

Proses umum dari repaint atau mengganti cat velg meliputi tahap pengecatan ulang untuk permukaan velg memakai cat khusus. Cat tersebut disarankan yang dijamin tahan lama maupun tahan terhadap cuaca yang ekstrim agar lebih awet. Untuk Anda yang berencana ingin mengganti cat velg kendaraan mobil Anda sebaiknya perhatikan tips-tips penting berikut ini:

  1. Cara pertama, yaitu Anda perlu membersihkan velg terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan bahan berkualitas dan aman untuk membersihkannya. Gunakan sabun atau detergen khusus yang mampu membersihkan velg secara maksimal dari minyak, kotoran dan debu.
  2. Lanjutkan dengan membersihkan permukaan velg menggunakan kain yang lembut atau bisa memakai kuas juga untuk secara maksimal membersihkan seluruh bagian permukaan velg.
  3. Lalu selanjutnya, siapkan sarung tangan dan masker saat mengganti cat velg sehingga bisa melindungi dari partikel yang terbang nantinya.
  4. Pilihlah jenis cat berkualitas yang sesuai juga dengan velg mobil Anda. Velg aluminium perlu cat khusus tersendiri yang tidak merusak kualitas permukaan velg.
  5. Langsung saja aplikasikan cat memakai lapisan yang tipis secara rata. Lebih baik jangan terlalu memakai banyak cat karena bisa menyebabkan masalah mulai dari gumpalan atau pun mengering tidak merata.
  6. Kalau sudah diaplikasikan, maka Anda membiarkan cat kering hingga waktu yang sudah disarankan produsen cat terkait. Tapi biasanya waktu untuk mengering yaitu kurang lebih 24 jam.
  7. Kalau sudah kering, maka bisa gosok velg memakai kertas pasir untuk dapat menghilangkan noda pada permukaan dan bisa memberikan hasil lebih merata.
  8. Anda bisa mengaplikasikan lapisan pelindung (clear coat) agar menambah perlindungan untuk velg mobil Anda. 
  9. Bersihkan lagi velg kalau proses repainting sudah selesai.
  10. Hal terakhir yang jangan sampai dilupakan yaitu lakukan perawatan velg secara rutin setelah sudah di-repaint agar memastikan hasilnya optimal.

Harus Anda ingat, repaint velg ini bisa mengurangi nilai mobil kalau dilakukan tidak dalam masa garansi. Kalau Anda ragu akan kualitas hasil proses repainting, maka sebaiknya gunakan jasa profesional untuk repainting velg tersebut. Pastikan untuk cek kondisi velg juga sebelum nanti hendak dilakukan repainting. Kalau velg terlalu bengkok atau rusak, lebih baik ganti dengan memakai yang baru.

*Baca Juga: Ingin Modifikasi Mobil? Jangan Lupa Konsultasi Dulu ke Pihak Asuransi!

Kisaran Biaya Melakukan Repaint Velg

Ini dia kisaran biaya melakukan repaint velg sesuai dengan ring mobil. Biasanya jasa terkait membagi tarif untuk ban berjumlah 2 pc atau untuk 4 pc. Dari besaran diameter mobil Anda juga dapat memengaruhi besaran biaya yang perlu Anda keluarkan. Agar lebih jelas, simak rincian berikut ini:

1. Biaya Repaint Velg Mobil Untuk 4 Pc

  • Ring Velg Ukuran 14 : Rp 550.000
  • Ring Velg Ukuran 15 : Rp 725.000
  • Ring Velg Ukuran 16 : Rp 850.000
  • Ring Velg Ukuran 17 : Rp 1.000.000
  • Ring Velg Ukuran 18 : Rp 1.250.000
  • Ring Velg Ukuran 19 : Rp 1.400.000

2. Biaya Repaint Velg Mobil Untuk 2 Pc

  • Ring Velg Ukuran 12 : Rp 325.000
  • Ring Velg Ukuran 14 : Rp 425.000
  • Ring Velg Ukuran 17 : Rp 650.000
  • Ring Velg Ukuran 18 : Rp 750.000

Sesuaikan saja menggunakan jasa repaint velg dengan kebutuhan Anda atau budget yang tersedia. 

Manfaat Repaint Velg

Agar lebih jelas mengenai Repaint Velg, Anda dapat melihat manfaatnya berikut ini:

1. Meningkatkan perlindungan untuk velg

Salah satu manfaat dari mengganti cat velg yaitu bisa melindungi velg lebih maksimal. Dengan melewati proses repainting, maka bisa menambah perlindungan yang pada akhirnya velg bisa semakin tahan terhadap ancaman-ancaman di sekitar dan tak akan mudah rusak.

2. Membuat velg mobil terlihat baru

Dengan melakukan repainting velg, maka bisa membuat velg terlihat berkilau, mobil Anda akan nampak lebih segar jika mengganti cat velg. Bahkan secara keseluruhan, mobil Anda nampak seperti kendaraan baru. Pada akhirnya mengganti cat velg mobil bisa meningkatkan estetika kendaraan tersebut secara keseluruhan.

3. Mengurangi kerusakan velg

Kegunaan repainting velg juga tidak lepas dari bisa mencegah kerusakan yang lebih serius, mengganti cat velg bisa juga pada akhirnya menghemat biaya maintenance atau perbaikan yang tinggi ke depannya. 

4. Mudah dilakukan

Sebenarnya melakukan repaint ini bisa dilakukan kita sendiri, asal ada bantuan tutorial yang jelas dan tersedia bahan atau alat yang dibutuhkan, maka mengganti cat velg bisa kita lakukan dengan mudah. Sementara bahan-bahannya itu sendiri tersedia luas di pasaran sehingga bisa mudah didapat.

5. Membuat mobil lebih menarik

Jika velg mobil dipercantik saat kita mengganti cat velg, maka pada akhirnya bisa membuat kendaraan lebih menarik kelihatannya dan bisa juga meningkatkan nilai jual.

6. Memperpanjang umur pakai velg

Dengan mengganti ulang cat velg, maka bisa memperpanjang umur velg, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih untuk penggantian velg kotor atau yang rusak.

7. Meningkatkan efisiensi bahan bakar

Dengan kondisi velg yang berkilau dan tidak kotor, maka bisa juga meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar, roda nantinya bisa bekerja lebih baik. Sekian saja bahasan repaint velg kali ini dan agar berkendara bisa lebih nyaman.

*Baca Juga: Cara Mengganti Velg Mobil Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Itulah informasi mengenai repaint velg mobil yang bisa Anda ketahui. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lainnya mengenai dunia otomotif, Anda bisa kunjungi Garda Oto! Kami adalah perusahaan asuransi yang memberikan jaminan terbaik untuk setiap kendaraan Anda. Produk asuransi unggulan kami adalah Asuransi Mobil. Dalam asuransi ini terdapat jenis pertanggungan berupa TLO dan All Risk.