Tips Memilih Travel Agent untuk Liburan Bersama Keluarga

Tips Memilih Travel Agent untuk Liburan Bersama Keluarga

Liburan bersama dengan keluarga memang sangat menyenangkan, terlebih lagi untuk kalian yang memang jarang menghabiskan waktu bersama. Salah satu alternatif pilihan liburan yaitu dengan menggunakan travel agent karena dinilai lebih praktis dan mudah.

Menemukan agen perjalanan merupakan sesuatu yang mudah, namun tidak boleh dilakukan asal-asalan. Berikut ini adalah tips memilih agen perjalanan untuk liburan bersama dengan keluarga besar.

Kredibilitas Tidak Hanya Terletak Pada Halaman Websitenya

Banyak yang terjebak dengan harga murah saat memilih agen perjalanan. Maka dari itu, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kredibilitas agen perjalanan. Untuk menilai kredibilitas suatu agen perjalanan tidak hanya dilihat pada halaman websitenya saja. Pastikan kalian memeriksa laman websitenya dengan teliti.

  • Cek akun media sosialnya

Selain memperhatikan halaman websitenya, perhatikan juga akun media sosialnya entah itu Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya. Ketika membuka akun media sosialnya, sebaiknya jangan terpaku pada jumlah followersnya saja.

Hal penting yang harus diperhatikan yaitu engagement yang dibangun oleh pemilik agen perjalanan tadi dengan para followersnya. Ketika interaksi berjalan dengan baik maka banyak yang memberikan komentar positif mengenai kredibilitas dari agen perjalanan tadi.

  • Memiliki kantor offline sehingga lebih dipercaya

Walaupun saat ini kebanyakan dari travel agent membuka jasanya secara online, akan tetapi agen yang memiliki kantor offline tentu mempunyai suatu nilai tambah. Jika perlu, lakukan pengecekan dan datangi secara langsung apakah kantor offline tadi benar-benar nyata ataupun tidak.

  • Perhatikan testimoni pengguna

Jika agen perjalanan belum mempunyai toko dan masih bergerak secara online saja, maka lihat testimoni dari para pelanggannya. Agen perjalanan terpercaya biasanya akan membagikan ulasan para penggunanya dan tidak mematikan kolom komentar. Ketika suatu agen perjalanan mematikan kolom komentar sosial medianya itu setidaknya sudah menjadi sebuah pertanyaan bagi kalian.

  • Pastikan agen perjalanan menyediakan seluruh kebutuhan liburan

Saat kalian bepergian dengan mengajak anak-anak maupun orang tua ada baiknya pilih paket perjalanan yang nyaman serta mencakup semuanya (full board). Hal itu mulai dari akomodasi, tiket perjalanan, konsumsi, tour guide, dan transportasi saat mengunjungi destinasi wisata.

Hal tersebut tentu saja harus benar-benar diperhatikan secara khusus karena traveling bersama keluarga tergolong lebih rumit. Terlebih lagi jika kalian mengajak orang tua maupun anak-anak, pastikan jika seluruh kebutuhannya tersedia jadi tidak perlu merasa bingung saat berada di lokasi.

  • Pilih penginapan sesuai dengan anggota keluarga

Saat travel agent yang kalian pilih telah menyediakan fasilitas berupa fullboard sekalipun, kalian harus melihat secara detail penginapan yang ditawarkan. Penting untuk diperhatikan bahwa orang tua maupun anak-anak mempunyai karakter yang berbeda.

Anak kecil umumnya akan lebih aktif serta senang bermain-main, jadi kurang cocok jika menginap di hostel. Hal ini dikarenakan hostel tergolong sempit dan dapat mengganggu penghuni yang lain tentunya.

Sedangkan ketika mengajak orang tua kalian harus memastikan apakah hotel tadi mempunyai lift ataukah tidak. Jangan sampai orang tua merasa kesulitan karena harus naik serta turun tangga karena ini bisa menyebabkan kondisi badan kurang baik karena kelelahan.

  • Itinerary adalah hal yang krusial

Salah satu hal krusial yang tidak boleh dilewatkan yaitu itinerary atau rencana perjalanan. Penting untuk selalu diingat bahwa jangan utamakan ego namunutamakan kebutuhan dari anggota keluarga yang kalian ajak pergi.

Ketika mengajak anak kecil pastikan jika itinerary yang diberikan oleh pihak agen perjalanan telah memberikan pilihan destinasi wisata yang memang disukai anak kecil. Contoh lokasi wisata yang menjadi favorit anak-anak yaitu theme park, waterpark, dan lainnya.

Ada baiknya ketika pergi berlibur bersama dengan orang tua pilihlah destinasi yang santai serta tidak memiliki banyak aktivitas berat. Destinasi wisata seperti sejarah ataupun mengunjungi candi merupakan sebuah kegiatan yang menarik.

*Baca Juga: 10 Destinasi Road Trip Paling Seru dan Asyik untuk Traveling

Itulah beberapa tips yang perlu kalian perhatikan ketika akan berlibur bersama dengan keluarga besar. Sebaiknya sesuaikan pemilihan hotel, akomodasi, dan itinerary sesuai dengan siapa anggota keluarga yang akan diajak.

Jangan sampai karena mementingkan ego maka anggota keluarga yang lain merasa tidak nyaman dan tidak bisa menikmati liburan dengan lebih maksimal.

Pergi Dengan Agen Perjalanan vs Pergi Sendiri

Sebenarnya kalian bisa bepergian tanpa agen perjalanan. Tentunya kalian harus membuat persiapan dengan lebih maksimal dan mengatur seluruh destinasi ataupun hotel yang diinginkan dengan lebih mudah.

Bahkan untuk pemilihan destinasi wisatanya bisa lebih fleksibel dan biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Memang dari segi biaya akan lebih murah, namun itu sebanding dengan kerepotan yang akan dirasakan terlebih lagi jika membawa banyak anggota keluarga.

Jadi intinya kalian benar-benar harus fokus mengurusi semuanya sendiri, sehingga saat liburan kalian akan kurang menikmatinya. Namun hal tersebut akan jauh berbeda ketika kalian menggunakan yang namanya travel agent.

Tentu saja kalian cukup duduk manis dan semua keperluan selama liburan akan disediakan oleh pihak agen perjalanan tadi. Namun untuk melakukan pemilihan agen dapat mengikuti berbagai macam tips di atas.

*Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Liburan

Untuk perlindungan maksimal jangan lupa menggunakan asuransi selama perjalanan liburan. Asuransi dapat membantu kalian terhindar dari berbagai macam hal tidak diinginkan selama perjalanan yang akan merugikan.

Percayakan asuransi perjalanan Garda Trip untuk melindungi diri dari berbagai risiko seperti kecelakaan, kehilangan atau kerusakan bagasi, pembatalan penerbangan, dan lainnya. Hubungi 1 500 112 untuk informasi lebih lanjut ya!