Tips Merawat Jok Mobil

By | 2019-10-24T15:04:43+00:00 15 April, 2019|Categories: Blog|
Bersihkan Jok Mobil Asuransi Astra

Tips Merawat Jok Mobil

Merawat kebersihan interior mobil menjadi salah satu cara untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara. Salah satu bagian yang penting untuk dirawat adalah bagian jok mobil. Semakin Anda membiarkan kondisi jok Anda kotor, maka lama-kelamaan kotoran akan semakin banyak dan akan sukar untuk bisa dibersihkan. Selain itu, jika mobil Anda dalam keadaan kotor khususnya di bagian jok, Anda pasti tidak akan merasa nyaman Anda mengendarai mobil dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, membersihkan jok mobil secara teratur merupakan kewajiban penggunanya. Sebelum Anda memulai membersihkan jok mobil, ada baiknya Anda mengetahui dahulu apa bahan pembuatan jok mobil Anda sehingga Anda dapat melakukan perawatan yang tepat terhadap jok mobil Anda.

 

  1. Jok Berbahan Tenun

Bila jok mobil Anda terbuat dari tenun, Anda bisa melakukan pembersihan dengan cara ini.

  • Ambillah air dan cairan pencuci piring, lalu campurkan di dalam ember.
  • Aduk rata hingga air dan cairan bisa tercampur, kemudian masukkan ke dalam botol semprotan.
  • Semprotkan cairan tersebut langsung ke jok mobil Anda, pastikan Anda menyemprotkan secara merata dengan jarak 15 hingga 20 cm.
  • Gosok lembut menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran yang sedikit keras, kemudian gunakan kain lap bersih yang dibasahi dengan air hangat untuk mengelap hasil sikatan pada jok tersebut.
  • Lakukan proses ini sampai jok Anda benar-benar bersih, lalu langkah selanjutnya adalah keringkan menggunakan kain berserat mikro.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan alat lain untuk membersihkan jok berbahan tenun, yaitu dengan alat yang bernama Lint Roller, yang menggunakan kertas lengket untuk menangkap kotoran-kotoran halus di atas jok.

  1. Jok Berbahan Vinyl

Bahan vinyl ini merupakan bahan jok yang mudah untuk dibersihkan, di mana hanya dengan menggunakan pembersih kaca maka Anda dapat membersihkan jok Anda secara maksimal. Cara yang bisa Anda gunakan sama seperti jok tenun, yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih kaca tersebut dan mengelapnya. Anda juga bisa menggunakan baking soda dengan air sebagai cairan pembersihnya. Namun, untuk bahan ini Anda perlu menyikatkannya pada noda, karena campuran ini akan berubah seperti pasta gigi.

  1. Jok Berbahan Kulit

Untuk merawat jok mobil yang berbahan kulit, Anda bisa menggunakan alat khusus yakni pembersih dan kondisioner. Namun, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih tempat untuk membersihkannya, karena jok kulit akan lebih mudah bereaksi bila terpapar panas. Maka dari itu, bersihkanlah jok mobil Anda di tempat yang teduh atau hangat.

Dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat mulai menerapkannya sendiri untuk merawat jok mobil Anda. Bila menemui kesulitan ataupun masalah, sebaiknya segera bawa ke tempat restorasi jok mobil untuk mendapatkan penanganan secara profesional.

 

08:00 - 17:00