Tips Parkir Mobil Untuk Pemula Agar Tidak Menabrak

Tips Parkir Mobil Untuk Pemula Agar Tidak Menabrak

Belajar mengendarai mobil memang gampang-gampang susah. Apalagi lagi ketika belajar parkir mundur, hal ini menjadi salah satu latihan yang cukup sulit bagi para pemula. Ketika parkir, dianggap lebih sulit karena kurang bebas penglihatannya sehingga berkemungkinan menyebabkan celaka.

Namun sebenarnya jika mau belajar tidak sulit untuk parkir mundur. Saat latihan parkir, harus fokus dan konsentrasi tinggi sehingga bisa melakukan teknik parkir dengan benar. Meskipun dianggap sulit karena keterbatasan penglihatan, jika latihan terus-menerus tentu akan terbiasa dan merasa mudah.

Cara Parkir Mobil Mundur yang Benar

Untuk melakukan parkir mundur tentunya tidak sembarangan. Parkir mundur dianggap lebih sulit dibandingkan mobil harus balik arah dengan cara maju dan membelokkan setir. Berikut ini merupakan beberapa cara yang perlu diperhatikan ketika parkir mundur.

  1. Kuasailah Area Parkir

Usahakan untuk mengenal area parkir dengan detail jika akan melakukan parkir mobil. Untuk area parkir baru, sebenarnya tidaklah sulit. Karena untuk memahami atau mengetahui area parkir juga bisa dilihat sekilas sebelum parkir. Saat melakukan parkir mundur, untuk memudahkannya bisa menengok ke belakang untuk melihat area parkir atau memanfaatkan kaca spion.

Untuk posisi tangan kanan ada di bagian roda kemudi dengan posisi yang menunjukkan jarum 12. Kemudian lepaskan tangan kiri, selanjutnya menoleh bagian kiri lalu mengecek kondisi area parkir. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kira-kira harus mundur ke arah mana. Meskipun sedang parkir mundur, jangan lupa untuk melihat juga ke arah depan ketika membelokkan mobil sambil mundur. Dengan demikian maka mobil tidak akan menabrak atau menyenggol benda lain di area parkir.

  1. Tetap Rileks

Ketika parkir mobil, usahakan untuk tidak tegang dan tetap bersikap rileks. Bagaimanapun juga ketika memarkirkan mobil dalam posisi yang tegang, untuk mengendalikan setir pun akan lebih sulit. Hal ini bisa membahayakan mobil saat parkir. Jika bisa mengendalikan sikap supaya tetap tenang, maka mobil pun akan lebih mudah di parkirkan. Posisi mobil juga bisa parkir secara pas di area yang tepat.

  1. Memahami Arah Belok

Hal yang sangat penting untuk diperhatikan ketika parkir mobil adalah memahami arah belok kendaraan. Hal ini dilakukan supaya mobil bisa diparkirkan dengan baik. Dengan memahami arah belok juga akan lebih mudah saat mengemudi kendaraan ketika mengatur parkir. Jika akan memundurkan mobil ke arah kanan, maka putar kemudi ke kanan, begitupun sebaliknya. Pastikan area parkir depan mobil aman sebelum membelokkan arah mobil.

  1. Gunakan Rem Untuk Mengatur Kecepatan

Ketika memarkirkan mobil, memainkan gas dan rem harus benar-benar baik. Kaki harus bekerja fleksibel dan sinkron saat menginjak rem, kopling, dan gas. Mengendalikan rem dan gas menjadi salah satu teknik penting dalam memarkirkan mobil. Jika ruang parkir sudah tepat, arahkan mobil ke area sisi supaya tidak menghalangi kendaraan lain yang akan parkir atau lewat. Sejajarkan posisi pintu mobil bagian belakang dengan garis parkir jika ada.

  1. Lihat Juga ke Arah Depan

Saat parkir mundur memang kesulitannya yaitu melihat kondisi belakang mobil. Meskipun demikian, bukan berarti saat parkir tidak melihat ke arah depan sama sekali. Saat parkir mundur harus tetap melihat ke depan, sama halnya saat mengendarai mobil dan melihat spion saat melaju secara normal. Namun di sini tidak perlu lama-lama untuk melihat ke arah depan, sekilas saja. Karena untuk parkir mundur lebih diprioritaskan melihat ke arah belakang.

Melihat ke arah depan sangat penting saat memarkirkan mobil, karena untuk memastikan bahwa mobil tidak menabrak sesuatu yang ada di depannya. Ketika melihat ke bagian depan, perhitungkan supaya moncong mobil terbebas dari kendaraan lain atau benda di depannya ketika mundur.Untuk memarkirkan mobil memang butuh keahlian khusus dan tidak bisa langsung mahir. Untuk para pemula bisa belajar sedikit demi sedikit untuk memarkirkan mobil sehingga nantinya terbiasa.

*Baca Juga: 5 Teknik Parkir Mobil yang Perlu Dipelajari Untuk Pemula

Mengenal Teknik Parkir Mobil Bagi Pemula

Setelah memahami cara parkir mundur, berikut ini ada beberapa teknik parkir yang perlu anda ketahui. Pada dasarnya bukan hanya parkir mundur saja, tetapi ada beberapa teknik parker lainnya.

  • Parkir Mundur

Teknik parkir ini yang paling umum digunakan di banyak tempat. Hal yang penting untuk diperhatikan yaitu menentukan posisi ruang parkir yang sesuai. Pastikan ruang parkir cukup ditempati oleh mobil. Selain itu juga perhatikan ruang sisa untuk membuka pintu mobil. Karena percuma saja jika parkir tetapi orang yang ada di dalam mobil tidak bisa keluar. Untuk melihat visual secara jelas bisa gunakan spion atau sensor parkir.

  • Parkir Miring

Tidak banyak tempat yang menerapkan parkir serong atau miring. Dibandingkan parkir mundur, parkir miring dapat dikatakan lebih sulit. Parkir mobil dengan teknik ini yaitu posisi mobil agak miring kemudian badan mobil disesuaikan dengan area parkir yang akan ditempati. Jika posisinya sudah pas, tinggal mundurkan bagian badan mobil ke tempat parkir tersebut. Teknik ini cukup sulit karena posisi badan mobil harus serong sesuai dengan mobil yang sebelumnya sudah parkir.

  • Parkir Paralel

Teknik parkir paralel yaitu memberikan ruang depan dan belakang mobil, dan posisi mobil berhadapan dengan mobil lainnya yang sudah terparkir. Ruang kosong yang dikisahkan tersebut digunakan untuk jalan keluar jika akan melanjutkan perjalanan lagi. Teknik parkir ini perlu melihat kondisi mobil di area parkir sekitar supaya mobil lain tidak terhambat ketika akan keluar.

  • Parkir di Tanjakan

Untuk para pemula yang belajar parkir teknik ini dapat dikatakan sangat sulit dan berbahaya. Ketika mobil berhenti di tanjakan dan mengharuskan untuk parkir, yang diterapkan dalam hal ini adalah teknik parkir paralel. Pastikan kondisi mobil dalam keadaan stabil supaya tidak mundur. Kemungkinan parkir di tanjakan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional dalam mengemudi.

  • Parkir Di Garasi Sempit

Mungkin bukan suatu masalah ketika memarkirkan mobil di area yang luas. Tapi bagaimana jika area parkirnya sempit seperti garasi? Butuh teknik khusus supaya mobil bisa masuk dan keluar dengan mudah di garasi. Caranya yaitu menggunakan teknik parkir mundur ke dalam garasi. Hanya saja, teknik parkir mundur membutuhkan perhatian lebih untuk ruang gerak ketika keluar dari area parkir.

*Baca Juga: Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak Akibat Tertabrak

Memang tidak mudah latihan parkir mobil untuk pemula. Apalagi jika ingin bepergian jarak jauh tentu akan banyak resiko yang akan di hadapi. Maka dari itu, untuk memproteksi kendaraan anda, usahakan menggunakan asuransi mobil. Hal ini penting agar kendaraan yang anda gunakan di cover secara baik, sehingga terhindar dari resiko-resiko yang tidak diingkan seperti kecelakaan.

Garda Oto adalah layanan asuransi mobil yang bisa anda gunakan untuk memproteksi kendaraan dari resiko tersebut. Memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.