Tips Perawatan Kaki-Kaki Mobil

By | 2019-01-24T18:06:58+00:00 24 Januari, 2019|Categories: Blog|
Tips Perawatan Kaki-Kaki Mobil

Tips Perawatan Kaki-Kaki Mobil

Kaki-kaki mobil merupakan rangkaian yang berfungsi untuk menstabilkan, menjaga kenyamanan serta keamanan berkemudi. Agar kendaraan tetap aman dan nyaman selama digunakan, maka perawatan terhadap kaki-kaki kendaraan pun menjadi hal penting setara dengan perawatan mesin. Mengingat bagian ini memegang peran penting menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara dengan variasi medan yang kadang tak menentu, maka perawatan kaki-kaki mobil menjadi hal yang wajib Anda perhatikan. Berikut ini tips merawat kaki-kaki mobil, antara lain;

  1. Jalankan Mobil Secara Perlahan dan Hindari Jalan Berlubang
    Jika anda ingin merawat kaki – kaki mobil agar tetap prima dan tidak cepat rusak, anda harus bisa mengendalikan diri dan mobil anda pada saat melalui jalan atau medan yang rusak. Paculah mobil dengan kecepatan sedang, ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu kita melihat jalanan berlubang, agar kita bisa menghindari lubang tersebut.
  1. Perhatikan Shockbreaker
    Salah satu bagian terpenting pada kaki-kaki mobil adalah shockbreaker. Fungsi dari alat ini adalah untuk meredam segala guncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, jalanan berlubang dan kondisi jalan lainnya. Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan bagian ini adalah dengan memperhatikan secara saksama apakah ada suara bising saat mobil melaju. Cara lain adalah dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan lurus. Jika mobil terasa limbung maka sudah waktunya Anda untuk mengganti shockbreaker mobil Anda.
  1. Cek Bushing Arm dan Stabilizer
    Komponen ini menjaga kestabilan arah laju mobil. Jika komponen ini rusak, laju mobil terasa limbung dan sulit dikendalikan. Selain berbahaya, kenyamanan pun terganggu. Untuk mendeteksi kerusakan komponen ini rasakan laju mobil saat di jalan lurus. Jika ada kecenderungan melenceng ke kiri atau ke kanan, bisa jadi bagian ini bermasalah.
  1. Periksa Bearing
    Komponen ini merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. Bearing juga memberi pengaruh terhadap kestabilan laju mobil. Cara mendeteksi kerusakan mobil ini adalah dengan memerhatikan putaran roda satu per satu. Dongkrak ban mobil Anda satu per satu dan putarlah secara manual. Jika terasa ada suara gemuruh atau bising berarti bearing mobil Anda mengalami masalah. Atasi hal ini dengan segera mengganti bearing mobil Anda dengan yang baru.
  2. Spooring dan Balancing Roda
    Sebagai komponen yang langsung bersentuhan dengan jalan, roda dan ban juga harus mendapat perhatian khusus. Kerusakan pada kaki-kaki bisa terdeteksi dari tingkat keausan pada ban. Jika ban aus pada bagian tertentu saja, atau tak merata pada ban lainnya, maka sistem kaki-kaki mobil Anda tak seimbang. Kaki-kaki bermasalah juga bisa dilihat dari posis roda saat diparkir, jika salah satu roda miring tak wajar, atau tak lurus dengan ban belakang maka kendaraan perlu di-spooring dan balancing.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehari-hari untuk menjaga komponen kaki-kaki mobil tetap prima. Selalu lakukan perawatan berkala pada komponen ini sebelum terjadinya kerusakan. Perawatan secara rutin tetap lebih baik daripada memperbaiki saat kerusakan terjadi. Sebelum terjadi suatu kerusakan yang sifatnya fatal dengan resiko yang tinggi.

08:00 - 17:00