Baret pada bodi mobil yang tidak segera Anda perbaiki bisa menyebabkan masalah lain yaitu timbulnya karat pada mobil, menunda perbaikan cat mobil yang tergores dalam bukanlah kebiasaan berkendara yang baik mengingat biaya cat mobil baret atau lecet per panel sebenarnya tergolong cukup murah.

Seperti kita ketahui berkendara di jalan raya memang penuh risiko, di mana Anda bukanlah satu-satunya pengguna jalan melainkan ada banyak pengguna jalan lain yang juga menggunakan jalan tersebut. Pada kondisi jalanan yang ramai kendaraan, mobil yang Anda sedang kendarai bisa saja terkena baret karena tabrakan halus hingga kasar.

Selain itu, ada pula faktor lainnya yang sering kali tidak disadari oleh pemilik mobil di luar sana yang ternyata dapat merusak dan menggores cat mobil Anda.

Penyebab Cat Mobil Baret

  1. Usia Mobil yang Sudah Tua

Faktor usia mobil yang sudah tua adalah salah satu penyebab cat mobil baret. Hal ini bisa terjadi karena usia cat mobil pada umumnya hanya sekitar 5-10 tahun. Namun, usia cat mobil bisa lebih singkat karena dapat dipengaruhi faktor lain seperti mobil Anda sering terpapar langsung matahari dan jarangnya melakukan perawatan pada bodi mobil.

Seiring dengan semakin bertambahnya usia mobil, lapisan cat mobil lama-kelamaan akan mulai menipis dan  memudar. Alhasil, partikel kecil seperti debu atau kotoran yang terkena bodi mobil bisa menimbulkan baret pada bodi mobil Anda.

  1. Terkena Kerikil

Penyebab baret pada mobil berikutnya bisa disebabkan karena terkena kerikil. Umumnya, bagian mobil yang paling rentan terkena goresan akibat kerikil adalah bumper jika Anda sering melewati jalanan yang belum beraspal.

  1. Penggunaan Alat Pembersih Mobil yang Salah

Goresan pada bodi mobil juga bisa ditimbulkan dari pemakaian alat pembersih yang salah. Kesalahan yang umum dilakukan oleh pemilik mobil di luar sana adalah mereka tidak aware dengan spons atau kain lap yang digunakan untuk mencuci dan mengeringkan mobil.

Penggunaan spons yang terbuat dari bahan yang kasar bisa menggores permukaan cat mobil saat Anda sedang mencuci mobil, sementara kain lap yang kasar yang digunakan pada saat mengeringkan mobil juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan baret pada cat mobil.

  1. Jarang Mencuci Mobil

Debu atau kotoran yang dibiarkan terlalu lama di bodi mobil bisa memperpendek usia cat mobil dan membuat cat mobil menjadi lebih cepat kusam dan memudar. Ketika cat mobil Anda kian menipis dan memudar, partikel kecil seperti debu atau kotoran yang terkena bodi mobil bisa dengan mudah menggores cat mobil Anda.

Cara Menghilangkan Swirl Mark atau Baret Halus pada Cat Mobil 

Baret halus pada cat mobil Anda bisa dengan mudah Anda hilangkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cuci Mobil

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan baret halus pada cat mobil adalah dengan mencuci mobil Anda menggunakan spons lembut atau lap microfiber dengan gerakan searah.

  1. Keringkan Mobil dengan Kain Lap Lembut

Setelah Anda selesai mencuci mobil, Anda bisa mengeringkan mobil Anda dengan kain lap kering lembut dengan gerakan searah. Jika mobil Anda sudah kering, Anda bisa memarkirkan mobil tersebut di tempat yang teduh dan hangat.

  1. Siapkan Obat Poles Mobil dan Mesinnya

Anda bisa membeli obat poles mobil terbaik yang dijual di bengkel terdekat dengan harga mulai dari Rp250 ribu dan oleskan obat poles tersebut ke bagian bodi mobil yang tergores.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan mesin poles dan mulai memoles bagian mobil yang tergores dengan gerakan memutar sampai baret pada bodi mobil menghilang. Anda tidak perlu membersihkan bekas polesan mobil jika Anda menggunakan obat poles berjenis WAX.

Biaya Cat Mobil Baret atau Lecet per Panel 

Jika goresan pada bodi mobil Anda sudah sangat dalam dan banyak, sebaiknya Anda membawa mobil tersebut ke bengkel terdekat untuk segera memperbaikinya dengan melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil Anda.

Mahal atau tidaknya biaya cat mobil baret atau lecet per panel tergantung dari jenis cat dan bagian mobil yang ingin dicat. Ada 2 jenis cat yang umum ditawarkan oleh bengkel-bengkel yang ada di luar sana, yaitu jenis cat acrylic lacquer dan polyurethane.

Untuk jenis cat polyurethane, biaya cat baret mobil untuk jenis cat ini berkisar Rp500 ribu – Rp800 ribu per panel untuk bagian atap mobil. Sementara untuk jenis cat acrylic lacquer untuk bagian atap mobil bisa berkisar Rp650 ribu per panel.

Tentunya estimasi biaya cat mobil baret tersebut bisa berbeda-beda di bengkel resmi dan non resmi.

Tips Memilih Bengkel Cat Mobil yang Berkualitas 

Memilih bengkel cat mobil yang berkualitas adalah hal yang susah-susah gampang, namun Anda bisa memilih bengkel cat mobil yang berkualitas dengan mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

  • Fasilitas yang disediakan.
  • Proses dan hasil.
  • Pertimbangkan biaya.
  • Ulasan pelanggan.

Keempat hal di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memilih bengkel cat mobil mana yang ingin Anda pilih. Bengkel cat mobil yang berkualitas akan selalu berorientasi kepada kepuasan pelanggan berdasarkan hasil dan kualitas pengecatan yang diberikan.

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi Mobil dari Garda Oto 

Sebagai pemilik mobil sebenarnya Anda bisa menghemat biaya cat mobil baret dengan menggunakan asuransi mobil. Manfaat utama dari asuransi mobil adalah untuk menjaga nilai kendaraan Anda dan mengurangi risiko biaya perbaikan selama berkendara.

Untuk menghemat biaya cat mobil baret, pemilik mobil bisa mempertimbangkan untuk memiliki asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu dapat memberikan perlindungan finansial dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel.