Kepala Anda menjadi pusing karena suara audio mobil yang kurang nyaman didengar? Bukannya menghibur selama perjalanan, justru malah merusak mood orang yang mendengarnya. Seperti halnya mesin mobil, audio mobil Anda pun harus selalu dirawat agar selalu dalam performa terbaiknya. Lalu, Bagaimana cara mudah untuk merawat audio mobil Anda? Yuk simak tips-tipsnya berikut ini.

1. Matikanlah Audio Sebelum Mematikan Mesin Mobil

Tips pertama agar audio mobil Anda tetap dalam performa terbaiknya yaitu mematikan perangkat audio sebelum Anda mematikan mesin mobil. Hal ini penting untuk dilakukan. Mengingat saat Anda menyalakan mesin untuk pertama kali, maka perangkat audio pun juga akan ikut menyala.

Padahal kita tahu bahwa tegangan awal untuk menghidupkan mobil sangatlah tinggi. Otomatis, saat Anda mematikan mesin mobil dalam keadaan audio masih menyala, akibatnya akan terjadi kerusakan fatal pada perangkat audio mobil tidak terhindarkan.

2. Rutin Membersihkan Debu pada Head Unit

Tips penting lainnya untuk menjaga audio mobil adalah dengan rutin membersihkan debu yang ada pada head unit. Hal ini penting untuk Anda lakukan, karena debu yang menempel pada head unit dapat menyebabkan kerusakan pada fitur audio mobil Anda.

3. Gunakan CD Original, Bukan CD Bajakan

Tips ketiga nih otolovers untuk menjaga kualitas perangkat audio pada mobil Anda yaitu pastikan untuk menggunakan CD original, bukan yang bajakan. Kenapa? Karena serat optik yang ada di dalam CD original akan bekerja secara maksimal, sehingga kondisi perangkat audio mobil Anda akan tetap terjaga.

Namun, jika yang Anda gunakan adalah CD bajakan, maka perangkat audio mobil Anda akan bekerja extra keras untuk membaca CD bajakan tersebut. Akibatnya, perangkat audio Anda lama-kelamaan akan cepat rusak.

4. Atur Komposisi Treble, Midle, dan Bass secara Teratur

Tips lain yang tak kalah penting harus Anda perhatikan adalah pastikan untuk melakukan pengaturan pada equalizer sesuai dengan kenyamanan telinga Anda. Kenapa penting untuk dilakukan? Karena jika Anda salah untuk melakukan pengaturan equalizer, hal itu akan berdampak pada suara yang ditimbulkan sehingga akan mengganggu kenyamanan Anda berkendara.

Pengaturan volume yang terlalu keras, lama-kelamaan juga kana merusak kualitas speaker audio mobil Anda. Jadi, pastikan lakukan pengaturan yang tepat pada equalizer. Karena, hal ini dapat membantu perangkat audio mobil Anda tetap awet.

5. Bersihkan Optik dengan Menggunakan CD Cleaner

Tips terakhir untuk merawat audio mobil Anda yaitu lakukan pembersihan optik secara berkala dengan menggunakan CD Cleaner. Hal ini penting untuk dilakukan agar optik dapat bekerja maksimal dalam membaca CD, sehingga lagu-lagu kesayangan Anda tetap dapat diputar untuk menemani perjalanan Anda. Untuk memperoleh CD Cleaner ini, Anda dapat membelinya di toko-toko elektronik terdekat.

Demikianlah cara merawat audio mobil yang bisa Anda terapkan. Selain memperhatikan audio mobil, sangat penting untuk tetap mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi selama Anda berkendara menggunakan Asuransi mobil. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam. #PeaceofMind

Baca juga artikel ini: https://www.gardaoto.com/blog/perhatikan-5-risiko-mobil-jarang-dipakai-karena-psbb