Hindari Pemakaian Teknik Slipstream di Jalan Tol

By | 2019-07-15T15:25:22+00:00 15 Juli, 2019|Categories: Tips Berkendara|Tags: , , , |

Hindari Pemakaian Teknik Slipstream saat di jalan tol

Hampir di setiap negara memiliki akses tol yang dapat memudahkan pengendara untuk tetap mendapatkan akses cepat untuk sampai ke lokasi tujuan. Namun, ada beberapa hal kebiasaan yang harus para pengendara mobil hilangkan ketika sedang melintasi jalur tol yang panjang tersebut, salah satu kebiasaannya adalah teknik slipstream atau memanfaatkan aliran udara.

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah ini, slipstream adalah kondisi di mana salah satu mobil mengikuti kendaraan lain dari bagian belakang, yang dapat membuat mobil Anda bisa melaju lebih cepat tanpa membutuhkan tenaga penuh karena tidak berbenturan dengan aliran udara yang datang dari depan mobil Anda. Biasanya ini dilakukan dengan melaju di belakang bis besar atau mobil-mobil jenis lain yang lebih besar dari mobil Anda. Teori dari teknik slipstream ini adalah pengendara yang memanfaatkan aliran udara dari kendaraan depannya, sehingga pengendara belakangnya tidak membutuhkan tenaga penuh untuk mendapatkan kecepatan tinggi yang sama dengan pengendara depannya. Dengan teknik ini pula, kita bisa mencapai kecepatan tinggi tanpa menggunakan banyak bahan bakar.

Teknik ini merupakan teknik yang sering digunakan para pembalap mobil, motor ataupun sepeda di arena balapan yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam melakukannya. Para pembalap mengikuti pembalap lain di depannya untuk mengimbangi kecepatannya tanpa harus mengeluarkan tenaga besar.

Namun, aksi ini sangat membahayakan semua orang, pasalnya pengendara tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada mobil di depan Anda dan akan sangat sulit untuk menghindari apabila terjadi kecelakaan. Risiko terburuknya adalah bisa terjadi kecelakaan beruntun antara mobil Anda dengan mobil di depan Anda. Baiknya bila memang ingin menghemat bahan bakar, pengendara menggunakan teknik eco-driving yang sudah terbukti kemampuannya.

Kita ambil contoh ketika kecepatan yang digunakan adalah 80 km/jam dengan jarak antara kedua mobil 80 m atau Anda juga bisa menggunakan teori jarak dengan hitungan detik, di mana Anda memperkirakan bahwa dengan kecepatan tersebut bisa sampai ke mobil depan Anda selama 3 detik. Inilah teknik yang lebih tepat diterapkan, sehingga bahan bakar lebih hemat dan pengendara aman.

Baiknya berkendaralah dengan cara yang aman agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan diri sendiri ataupun orang di sekitar Anda. Selain itu untuk bisa memberikan perasaan aman dan nyaman saat berkendara. Anda dapat mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda.

Baca juga: Infografis : Tips Menghemat Konsumsi Bbm Untuk Kendaraan Bermobil

08:00 - 17:00