10 Suku Cadang Mobil yang Harus Kalian Perhatikan

10 Suku Cadang Mobil yang Harus Kalian Perhatikan

Ketika memiliki sebuah kendaraan mobil, perawatan dan pemeliharaan diperlukan agar supaya kendaraan bisa tetap nyaman digunakan setiap waktu. Ada beberapa suku cadang mobil atau spare part yang harus diperhatikan kondisinya dengan baik agar supaya bisa diganti secara berkala sesuai kebutuhan. Penggantian suku cadang untuk mobil bukan hanya bertujuan untuk kenyamanan berkendara saja, namun juga untuk memberikan keamanan lebih pada pengendara.

Spare Part Mobil yang Harus Diperhatikan Kondisinya Dengan Baik

Sebuah mobil memiliki beberapa komponen suku cadang yang harus diganti secara berkala untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal. Anda bisa selalu menggunakan kendaraan dengan kondisi yang prima, nyaman sekaligus aman hanya dengan melakukan pemeliharaan yang tepat dan sebaik-baiknya. Namun ternyata, masih banyak pemilik kendaraan mobil yang melakukan perawatan sekedarnya, sehingga masih belum melakukannya dengan sebagaimana mestinya.

Apa saja yang harus diperhatikan khususnya dalam pemeliharaan suku cadang mobil? Komponen apa saja yang harus diganti secara rutin dan bagaimana cara melakukannya dengan benar?

  1. Busi

Salah satu komponen mobil yang memiliki ukuran kecil namun berperan penting dalam operasional kendaraan mobil. Adapun kegunaan dari suku cadang busi adalah untuk memantik api dengan tujuan agar supaya tercipta proses pembakaran yang ada di ruang mesin.

*Baca Juga: Apa Itu Busi? Tanda-Tanda Busi Mobil Perlu Diganti

Jika busi mengalami masalah, maka akan berdampak pada kurang optimalnya proses pembakaran yang terjadi sekaligus membuat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi lebih boros.

  1. Filter Oli dan Oli Mesin

Kemudian komponen mobil yang harus diganti setiap sudah mencapai jarak tempuh sepanjang 10.000 Km adalah filter oli dan oli mesin. Kegunaan dari komponen ini adalah untuk menyaring kotoran yang berasal dari dalam oli sebelum masuk ke mesin kendaraan mobil.

Tujuannya adalah supaya mesin mobil lebih awet tahan lama, karena cukup efektif untuk mengurangi gesekan yang terjadi di antara komponen dalam mesin mobil.

  1. Kampas rem

Suku cadang berikutnya adalah kampas rem. Komponen ini memiliki kegunaan untuk mengatur kecepatan ban mobil pada saat pengendara mengerem kendaraannya. Kampas rem wajib diganti ketika sudah terlihat mulai menipis, karena agar mencegah terjadinya kecelakaan.

  1. Aki 

Anda bisa segera mengganti aki mobil jika terdapat beberapa tanda sebagai berikut; sistem alarm tak terhubung dengan baik ke remote, lampu indikator yang terlihat melemah hingga bunyi suara klakson mobil yang tak begitu nyaring terdengar.

*Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Jika aki mobil mulai melemah dan berkurang performanya maka bisa berakibat pada tidak adanya tenaga yang memadai untuk mendukung sistem kelistrikan pada mobil.

  1. Filter udara mobil

Fungsi filter mobil adalah untuk menyaring kotoran dan debu yang masuk ke dalam mobil dari luar agar supaya tetap bersih. Jika udara yang masuk kotor dan berdebu, maka bisa mengakibatkan adanya hambatan untuk pasokan udara ke ruang bakar dalam mobil.

Filter udara dalam mobil bisa dirawat dan dijaga untuk melakukan pemeliharaan, namun suku cadang mobil ini mempunyai batas usia tertentu sehingga perlu dilakukan penggantian saat dibutuhkan.

  1. Komponen AC mobil

Ada beberapa komponen AC yang perlu diperhatikan dengan baik kondisinya seperti filter AC, evaporator, kompresor, kondensor dan katup ekspansi. Dengan merawat dan menjaga kondisi AC mobil maka dijamin mobil tetap bisa digunakan dengan nyaman untuk penumpangnya.

  1. Shockbreaker 

Atau juga bisa disebut dengan suku cadang absorber yang memiliki kegunaan untuk meredam guncangan yang terjadi ketika kendaraan mobil melalui medan jalan yang rusak serta bergelombang. Komponen yang satu ini harus diperhatikan dengan baik kondisinya dan diganti setidaknya sekitar 2 hingga 3 tahun sekali.

  1. Lampu mobil

Memiliki fungsi untuk memberikan penerangan pada pengendara yang melakukan perjalanan di malam hari atau kondisi gelap berkabut. Lampu mobil juga mempunyai kegunaan untuk memberikan sinyal keberadaan kendaraan di jalan raya pada pengguna jalan raya lainnya. Lampu harus segera diganti ketika mengalami masalah, rusak atau mati.

  1. Ban mobil

suku cadang mobil berikutnya yang harus diganti secara berkala dan mendapatkan perhatian khusus adalah ban mobil. Hal itu dikarenakan spare part mobil yang satu ini sangat berperan penting untuk membuat perjalanan Anda bisa berlangsung nyaman dan aman.

  1. Karet wiper

Suku cadang yang terakhir adalah karet wiper mobil. Menjadi komponen mobil yang berguna untuk menyapu atau mengeringkan air yang menempel di kaca mobil bagian depan. Wiper yang rusak akan sangat mengganggu keamanan berkendara terutama jika Anda berkendara di tengah hujan yang lebat karena mengganggu jarak pandang yang dimiliki.

Tips Memilih Suku Cadang Berkualitas

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan spare part mobil dengan kualitas terbaik sesuai kebutuhan.

  • Cek nomor seri

Suku cadang yang original dan berkualitas pasti mempunyai nomor seri yang sesuai dengan katalog produk dan yang tercantum di dalam suku cadang itu sendiri.

  • Lihat kemasannya

Suku cadang yang original umumnya dibungkus secara tersegel rapi di dalam kemasan produk yang resmi dari brand suku cadang.

  • Harga dan garansi produk

Suku cadang asli umumnya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan suku cadang palsu. Selain itu, suku cadang asli terdapat jaminan garansi sesuai ketentuan yang berlaku saat pembelian.

Itulah informasi seputar suku cadang mobil. Jika Anda menggunakan asuransi mobil Garda Oto saat mobil Anda mengalami kondisi dararut dan harus masuk bengkel, mobil Anda akan mendapatkan pergantian suku cadang mobil yang asli. Silahkan beli produk asuransi kendaraan, Garda Oto akan menjamin kendaraan Anda bebas dari resiko kerusakan dan kehilangan akibat pencurian.