Apa Itu Ban Tubeless? Apa Bedanya dengan Ban Biasa

Apa Itu Ban Tubeless? Apa Bedanya dengan Ban Biasa

Ban tubeless menjadi salah satu jenis ban yang saat ini paling sering dipakai masyarakat Indonesia, ban ini tidak hanya dipakai di kendaraan roda empat ataupun kendaraan yang mempunyai roda banyak tapi sudah dipakai juga di motor. Masyarakat sangat menyukai ban ini dikarenakan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan ban jenis biasa.

Kalau dulu memang agak sulit mendapatkan ban ini karena peminatnya masih sangat sedikit sehingga bengkel atau toko aksesoris kendaraan bermotor jarang ada yang menjual ban tersebut. Tetapi sekarang sudah lebih mudah dikarenakan banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk menggunakannya dikarenakan ban ini dirasa lebih awet dan ban biasa.

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Untuk masyarakat yang tidak terlalu memahami dunia otomotif pastinya tidak tahu kalau ada perbedaan antara ban biasa dan juga ban tubeless. Kalau ingin tahu apa saja perbedaan ban biasa dan tubeless, silahkan simak ulasan berikut ini.

  • Bentuk

Perbedaan yang pertama terletak pada bentuk ban. Kalau dilihat secara sekilas, tidak ada perbedaan ban biasa dan ban tubeless. Tetapi kalau dilihat secara seksama, ada perbedaan mencolok dibentuknya. Perbedaannya adalah ban biasa tidak mempunyai ban dalam yang terpisah. Kalau tubeless tidak memiliki ban dalam seperti itu karena ban luar dan ban dalam menjadi satu kesatuan.

*Baca Juga: Cara Membaca Ukuran Ban Mobil yang Benar Melalui Kode

Karena adanya ban dalam membuat ban biasa mempunyai bentuk seperti persegi sehingga kendaraan yang menggunakan ban tersebut nanti akan sulit dikendalikan apabila sedang melaju di kecepatan tinggi. Kalau memakai tubeless tidak mungkin kesulitan mengontrol kendaraan sebab ban ini bentuknya bulat sehingga lebih stabil apabila berjalan di jalanan yang berkelok-kelok.

  • Material¬†

Selain bentuknya yang berbeda ternyata material yang digunakan untuk membuat ban biasa dan tubeless juga berbeda. Sebenarnya untuk bahan utama pembuatan jenis ban biasa juga tubeless itu sama yaitu memakai bahan karet sintetis. Tetapi untuk lapisan ban biasa memakai inner tube dan kalau ban tubeless menggunakan lapisan fluid sealant.

  • Harga

Untuk harga ban juga terdapat perbedaan, harga ban biasa jauh lebih murah dibandingkan tubeless dikarenakan adanya lapisan fluid sealant yang ada di dalam ban. Lapisan tersebut bisa membuat ban tidak mengalami kebocoran meskipun ada benda tajam yang menusuk ban. Karena tidak mudah bocor maka tidak perlu menambal ban apabila mengalami kebocoran akibat tusukan benda tajam. Untuk menutup kebocoran tersebut bisa gunakan lem khusus.

  • Perawatan

Untuk perawatan jelas lebih mudah merawat tubeless dibandingkan yang biasa karena di ban ini tidak ada ban dalam sehingga tidak perlu rutin menambal ban apabila ada kebocoran. Kalau memang nantinya terjadi kebocoran, cara perawatannya sangatlah mudah yaitu gunakan lem khusus untuk menutup kebocoran tersebut dari luar bukan dari dalam.

  • Daya Tahan

Perbedaan yang terakhir terletak pada daya tahan, untuk daya tahan ban jenis tubeless tidak usah diragukan lagi. Meskipun ban ini tertusuk benda tajam yang ukurannya besar sekali tidak mungkin akan mudah bocor karena ban ini akan secara otomatis melapisi bagian yang bocor menggunakan cairan khusus yang ada di ban tersebut.

*Baca Juga: Ketahui Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal

Meskipun daya tahan terbilang bagus, tetapi untuk usia ban tidak terlalu lama karena ban ini memakai bahan yang jauh lebih lunak dibandingkan bahan ban biasa. Jadi kalau sudah terlalu lama menggunakan ban ini sebaiknya ganti agar nantinya berkendara lebih nyaman dan juga lebih aman. Apalagi kalau sering melewati jalanan yang licin sangat diwajibkan untuk rutin ganti ban ini.

Tips Memilih Ban Tubeless

Saat ini untuk mendapatkan ban tubeless memang tidak sulit lagi karena banyak sekali bengkel dan juga toko aksesoris kendaraan yang menjual ban tersebut. Untuk masyarakat yang ingin sekali menggunakan ban ini sebaiknya lakukan pemilihan terlebih dahulu sebelum memasang ban tersebut di kendaraan. Agar nantinya bisa mendapatkan ban yang berkualitas ikuti tips berikut ini.

  • Sesuaikan Dengan Tipe Kendaraan

Setiap ban pastinya mempunyai tipe dan ukuran yang berbeda-beda, masyarakat yang ingin beli ban sebaiknya ikuti ukuran ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrik yang membuat kendaraan tersebut. Untuk bisa mengetahui ukuran ban yang bisa dengan cara membaca buku petunjuk penggunaan kendaraan yang biasanya didapatkan kalau membeli kendaraan.

  • Tentukan Lebar Ban

Selain diharuskan untuk memperhatikan ukuran juga perlu memperhatikan ukuran lebar ban. Pemilihan ukuran lebar tersebut nantinya sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan. Kalau sampai ukuran lebar tidak sesuai bisa mempengaruhi kecepatan kendaraan dan daya cengkeram saat melakukan pengereman. Lebar ban juga perlu disesuaikan dengan velg ban jangan sampai melakukan modifikasi sendiri karena dapat membahayakan diri sendiri saat berkendara.

  • Perhatikan Ketebalan Ban

Pengendara juga harus memperhatikan pola tapak dan juga ketebalan ban tubeless karena kedua hal tersebut akan mempengaruhi keselamatan pengendara saat sedang melakukan perjalanan. Agar nantinya kendaraan tidak tergelincir saat berjalan di jalanan yang licin sebaiknya pilih ban yang mempunyai pola tapak berbentuk huruf V. Ban dengan pola V tidak mudah tergelincir meskipun berjalan di atas jalanan basah.

*Baca Juga: Cara Ganti Ban Mobil dan Risiko Pakai Ban Beda Ukuran

Itulah informasi seputar ban tubeless dan bedanya dengan ban biasa. Jangan lupa untuk melindungi kendaraan Anda dengan  asuransi mobil dari Garda Oto. Dengan menggunakan asuransi, kendaraan akan aman dari resiko kerusakan. Asuransi ini terdiri dari 2 jenis pertanggungan, yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive (All Risk).