15 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

15 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Berkunjung ke tempat wisata Lombok merupakan impian para pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri. Pantai-pantai indah sampai gunung-gunung megah, seluruh pesona alam Lombok memiliki daya tarik yang dapat memukau setiap mata. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Lombok, setidaknya jangan lewatkan untuk mengunjungi destinasi wisata Lombok yang lagi hits.

15 Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Anda Kunjungi

Dijuluki juga sebagai Pulau Seribu Masjid, Lombok menjadi destinasi populer bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona alam mengagumkan. Terletak di sebelah timur Bali, Lombok memiliki beragam jenis tempat wisata. Beberapa destinasi wisata Lombok itu adalah:

1. Gili Trawangan

Berada di sebelah barat laut Lombok, Gili Trawangan merupakan pulau kecil yang dihuni oleh 800 jiwa. Pulau ini dianggap surga bagi pegiat scuba diving, snorkeling, sampai berselancar.

Terkenal dengan pantainya yang bersih dan air lautnya yang jernih, Gili Trawangan menawarkan pengalaman liburan yang santai dengan suasana tenang dan nyaman. Saat malam hari, tak jarang orang berpesta di pantai ini sehingga menambah suasana meriah.

Untuk alat transportasinya sendiri, warga Gili Trawangan hanya menggunakan sepeda dan cidomo atau kereta kuda sederhana. Tidak ada kendaraan bermotor karena dilarang di kawasan itu.

2. Bukit Selong

Beralih ke perbukitan, Bukit Selong atau Bukit Beleq terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Bukit ini berada di ketinggian 1800 mdpl dengan udara dan suasana yang sejuk. Destinasi wisata Lombok ini cocok buat Anda yang hobi trekking atau pecinta alam.

Berdiri di atas bukit ini, Anda akan disuguhkan pemandangan gunung tertinggi di Lombok, yaitu Gunung Rinjani. Selain pemandangannya, Anda juga bisa menjelajah Desa Beleq yang menjadi jalur trekking ke puncak Bukit Selong.

3. Linkoq Datu, Pantai Penyisok

Hidden gem yang berlokasi di Kecamatan Jerowaru. Lingkoq Datu masih terjaga keindahannya karena belum terjamah banyak manusia. Di sana Anda akan menemukan pasir putih, air laut jernih, dan perbukitan batu karang. Untuk sampai ke sini, Anda perlu melewati jalur Aro Inak yang satu arah dengan Pantai Pink.

4. Gunung Rinjani

Salah satu destinasi wisata Lombok populer, khususnya di kalangan para pendaki. Gunung Rinjani terletak di kawasan Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur. Gunung ini termasuk salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia yang menawarkan pemandangan indah. Saat matahari terbit, pemandangan di sana akan semakin memesona.

5. Gili Kondo

Berikutnya ada Gili Kondo yang berlokasi di Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Wisata Lombok ini merupakan pulau kecil yang terkenal akan keindahan pantai serta terumbu karangnya.

Walaupun kecil, pulau ini mudah dijangkau dan masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Bahkan sebelum sampai ke sana, Anda akan melewati jalan kecil namun dilingkupi pepohonan rindang.

6. Budaya Rumah Adat Dusun Sade Lombok

Dusun Sade adalah desa tradisional Sasak di Lombok terkenal dengan rumah-rumah adatnya yang unik, terbuat dari bambu dan beratap daun alang-alang. Di sinilah budaya dan tradisi masyarakat Lombok dipertahankan secara turun temurun.

Penghuni rumah-rumah adatnya adalah Suku Sasak. Kunjungi destinasi wisata Lombok ini jika Anda ingin mengenal upacara adat, kerajinan, lokal, dan budaya Sasak yang kaya.

7. Taman Narmada

Taman Narmada adalah taman bersejarah yang dibangun pada abad ke-18 oleh Raja Mataram. Luasnya sekitar 2 hektar dan sempat dijadikan sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Di sana juga terdapat air mancur indah dan kolam renang alami yang digunakan untuk ritual keagamaan.

8. Segara Anak

Para pendaki Gunung Rinjani pasti tidak asing dengan destinasi wisata Lombok yang lagi hits ini. Segara Anak merupakan danau kawah yang terletak di kaki Gunung Rinjani.

Dikenal dengan air birunya dan pemandangan gunung yang spektakuler, danau ini merupakan tempat yang sempurna untuk berkemah dan menikmati keindahan alam Lombok.

Di Segara Anak, Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Barujari atau panorama “gunung di atas gunung”. Gunung Barujari adalah anak Gunung Rinjani yang masih aktif sampai saat ini.

9. Pantai Senggigi

Berwisata ke Lombok, Anda tidak akan pernah bosan dengan keindahan pantai-pantainya. Sekarang mari sedikit berkenalan dengan Pantai Senggigi yang berlokasi di dekat kawasan Mataram, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Pantai ini termasuk wisata populer dengan pasir putih dan air lautnya yang tenang nan jernih. Itulah mengapa pantai ini cocok dijadikan tempat snorkeling.

10. Pantai Pink

Ikon wisata Lombok ini terkenal karena warna pasir pantainya yang cantik. Sesuai namanya, Pantai Pink merupakan salah satu dari sedikit pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink. Lokasinya berada di Kabupaten Lombok Timur. Anda perlu menyewa perahu dari Pelabuhan Tanjung Luar untuk sampai ke sini.

Selain pemandangan alamnya yang memukau, Pantai Pink juga menjadi spot olahraga air yang menyenangkan. Anda bisa berenang, snorkeling, atau diving sambil menyaksikan keindahan biota lautnya.

11. Gua Bangkang

Tak hanya pantai, gunung, dan perbukitan, Lombok juga memiliki pesona wisata di gua ini. Gua Bangkang berlokasi di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Ini menjadi opsi bagi Anda yang ingin mendatangi tempat wisata anti-mainstream karena belum dikenal banyak orang.

Sayangnya, masih belum ada petunjuk arah yang jelas untuk mengakses gua ini sehingga Anda perlu mengandalkan pengetahuan dari warga setempat agar bisa sampai ke sana.

Setelah tiba di Gua Bangkang, Anda akan dikejutkan dengan kemurnian alamnya yang patut diabadikan melalui lensa kamera.

12. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan adalah destinasi hiking yang populer di Lombok. Terletak di Desa Sembalun, bukit ini menawarkan pemandangan panorama yang menakjubkan dari puncaknya.

Dengan jalur hiking yang menantang namun memuaskan, Bukit Pergasingan merupakan tempat sempurna untuk para pendaki yang mencari petualangan baru.

Dari puncak Bukit Pergasingan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang memukau. Sebut saja hamparan padang rumput hijau yang luas dan kemegahan Gunung Rinjani di kejauhan. Pengalaman hiking Anda akan semakin spektakuler ketika menyaksikan matahari terbit dan terbenam di atas bukit.

13. Gili Meno

Berjarak sekitar 45 menit dari Kota Mataram, Anda akan menemukan salah satu dari tiga Gili terkenal di Lombok. Adalah Gili Meno, pulau yang dikenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Gili ini juga menjadi surga bagi para penyelam dan snorkeler. Dengan terumbu karang dan kehidupan laut yang beragam, Gili Meno menawarkan pengalaman snorkeling luar biasa bagi para wisatawan.

Gili Meno hanya bisa diakses oleh sepeda dan kereta kuda, sama seperti Gili Trawangan yang tidak mengizinkan pengunjung menggunakan kendaraan bermotor. Penggunaan listrik di sini pun dibatasi, tapi bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang. Justru saat itulah Anda dapat menyatu dengan alam dan melupakan berbagai teknologi yang mendominasi di keseharian.

Selain aktivitas pantai yang menyenangkan, Gili Meno juga memiliki taman burung atau Bird Park yang terletak di kawasan Bird Park Homestay. Anda akan melihat dan berinteraksi langsung dengan burung-burung cantik, menambah pengalaman liburan mengesankan di Gili Meno.

14. Air Terjun Sendang Gile

Terletak di Desa Senaru, Bayan, Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun setinggi 31 meter ini pun berasal dari mata air Gunung Rinjani yang terkenal akan kealamian dan kesejukannya.

Untuk mencapai Air Terjun Sendang Gile, Anda perlu melalui ratusan anak tangga dengan ketinggian total hingga 40 meter. Cukup melelahkan tapi sepadan dengan pemandangan menakjubkan yang bisa Anda nikmati setelahnya. Sementara itu, warga sekitar menyebut wisata Lombok ini sebagai Batu Ko’ (batu kerbau) dan dipercaya sebagai kawasan pemandian para bidadari.

Sendang Gile sendiri memiliki dua tingkatan air terjun. Tingkatan pertama berada di atas tebing, sedangkan tingkatan kedua adalah air kolam yang mengalir hingga membentuk semacam sungai.

15. Pantai Tanjung Aan

Terletak di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, popularitas Pantai Tanjung Aan meluas hingga ke mancanegara. Pantai ini juga memiliki keunikan dari bentuk pasirnya yang berwarna putih halus seperti butiran merica.

Itu sebabnya penduduk setempat sering menjuluki Pantai Tanjung Aan sebagai pantai merica atau pantai tepung. Belum lagi warna air lautnya yang jernih dan indah, yaitu kombinasi toska dan biru tua.

Di sini juga terdapat ayunan yang sering dijadikan spot foto berlatar bentangan laut nan cantik. Kalau Anda suka berenang, jangan lewatkan kesempatan itu saat mengunjungi Pantai Tanjung Aan. Pasalnya pantai ini memiliki ombak yang tenang. Airnya pun cukup dangkal sehingga tidak cocok dijadikan spot menyelam.

Sisi menarik lain dari Pantai Tanjung Aan adalah legendanya. Masyarakat sekitar meyakini bahwa pantai ini berkaitan dengan legenda Putri Mandalika. Konon kawasan Pantai Tanjung Aan adalah tempat asal dari putri berparas rupawan itu.

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, Lombok menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi para pelancong. Di sinilah Anda dapat menjelajahi keindahan pulau dan menikmati pesona alami yang tiada henti memesona setiap mata.

Jadi pastikan Anda mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk menikmati beragam wisata Lombok. Salah satunya dengan memilih asuransi dari Garda Trip untuk menjaga diri saat di perjalanan.

Asuransi Perjalanan Garda Trip memberikan ketenangan dan kenyamanan saat traveling dengan perlindungan dari risiko terkait berbagai gangguan perjalanan. Misalnya pembatalan dan keterlambatan, penyakit dan cedera yang muncul saat melakukan perjalanan, kecelakaan diri, sampai dengan jaminan bagasi dan barang pribadi.

Alhasil, perjalanan Anda untuk mengunjungi destinasi wisata Lombok akan semakin aman dan nyaman berkat perlindungan optimal dari asuransi perjalanan Garda Trip.