Berapa Biaya Ganti Kampas Rem Mobil? Cek di Sini!

Berapa Biaya Ganti Kampas Rem Mobil? Cek di Sini!

Kampas rem mobil yang bermasalah sering kali menjadi penyebab utama dari banyaknya kasus kecelakaan saat berkendara. Hal ini dikarenakan rem mobil yang seharusnya berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan, namun tidak bisa berfungsi sebagaimana semestinya sehingga menyebabkan kendaraan sulit untuk berhenti dan menabrak kendaraan lain.

Oleh karenanya, penting bagi setiap pemilik mobil di luar sana untuk selalu memperhatikan kondisi kampas rem mobil apakah perlu diganti atau tidak dengan mengenali ciri-ciri kampas rem mobil yang perlu diganti berikut beserta estimasi biaya pergantiannya.

Apa Itu Kampas Rem?

Kampas rem mobil adalah komponen penting pada bagian sistem pengereman pada mobil. Jika tidak ada kampas rem mobil, mobil yang Anda kendarai tidak bisa berhenti dan terus melaju hingga berhenti ketika menabrak kendaraan lain maupun benda asing.

Gesekan yang terjadi antara kampas rem dan cakram membuat mobil perlahan-lahan bisa mengurangi kecepatannya dan berhenti. Tentu, material yang digunakan untuk membuat kampas rem mobil haruslah tahan panas dan kuat. Inilah alasan mengapa kampas rem biasanya terbuat dari besi, keramik, dan material lainnya.

Jenis-jenis Kampas Rem Mobil yang Ada di Pasaran

Beda jenis kampas rem mobil yang Anda gunakan akan berbeda pula komposisi material yang digunakan. Berikut adalah 3 jenis kampas rem mobil yang ada di pasaran.

  1. Kampas Rem Organik

Kampas rem organik biasanya juga disebut kampas non metalik, jenis kampas rem mobil ini terbuat dari material seperti campuran karet, karbon, resin, dan material lainnya.

Mobil yang menggunakan kampas rem organik memiliki sistem pengereman yang lebih senyap. Namun, rem organik membutuhkan suhu tertentu agar bisa berfungsi secara maksimal dan lebih cepat rusak dibanding jenis rem mobil lainnya.

  1. Kampas Rem Keramik

Dari namanya saja, tentu pemilik mobil sudah bisa menebak material yang digunakan oleh jenis kampas rem ini yaitu keramik. Jenis kampas rem keramik memiliki keunggulan dalam menahan suhu panas.

Sehingga, Anda bisa melakukan pengereman berkali-kali tanpa khawatir jenis rem mobil ini kehilangan fungsinya secara maksimal. Tak heran, jika rem keramik banyak digunakan untuk berbagai mobil sport.

Namun, untuk menggunakan kampas rem keramik, Anda perlu merogoh kocek yang dalam karena jenis kampas rem mobil ini sangatlah mahal.

  1. Kampas Rem Semi Metalik

Ciri khas dari kampas rem semi metalik adalah jenis kampas rem mobil ini terbuat dari besi, tembaga, dan grafit yang dilapisi pelumas. Kelebihan rem semi metalik adalah jenis kampas rem mobil ini bisa berfungsi secara maksimal tanpa dipengaruhi suhu tertentu dan hal ini berbeda dengan rem organik.

Jenis kampas rem semi metalik sangat cocok digunakan untuk mobil offroad yang biasanya sering melewati jalanan ekstrem seperti berlumpur, berpasir, hingga bebatuan.

Soal harga, jenis kampas rem keramik adalah jenis kampas rem mobil termahal dan paling kuat dibanding jenis kampas rem mobil lainnya yang ada di pasaran.

Fungsi Kampas Rem Mobil

Sebagai salah satu komponen paling penting pada mobil, kampas rem mobil bisa memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Mengurangi Suara Bising

Kampas rem pada sistem pengereman mobil bisa berfungsi untuk mengurangi suara bising. Pada saat pengereman suara bising dikeluarkan ketika adanya gesekan untuk menghentikan putaran cakram. Kampas rem sendiri memiliki fungsi mengurangi suara bising tersebut dengan mengurangi putaran cakram.

  1. Membuat Fungsi Pengereman Lebih optimal

Adanya kampas rem mobil pada sistem pengereman yang terbuat dari berbagai material yang kuat dan bisa menahan panas untuk membantu pengemudi saat melakukan pengereman mobil dengan membantu memperlambat putaran cakram dengan menekan cakram yang perlahan-lahan akan membuat mobil Anda berhenti.

  1. Meningkatkan Keselamatan Pengemudi saat Berkendara

Kampas rem mobil sangat berguna untuk menjaga keselamatan pengemudi selama berkendara khususnya bagi Anda yang berkendara di jalanan yang ekstrem seperti melewati tanjakan dan turunan yang tajam.

Risiko Jika Kampas Rem Mobil Dibiarkan Rusak

Berkendara dengan kondisi kampas rem mobil yang rusak sangatlah berisiko dan berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Berikut adalah risiko yang bisa menimpa pemilik mobil jika tetap memaksakan berkendara di tengah kondisi kampas rem mobil yang bermasalah.

  1. Rem Blong

Rem blong adalah kondisi ketika mobil mengalami masalah pada sistem pengereman yang membuat laju kendaraan tidak bisa berhenti karena kampas rem mobil sudah rusak dan tidak mampu lagi memperlambat putaran cakram.

Jika kasus rem blong ini sampai terjadi kepada Anda, nyawa Anda dan pengendara lain akan menjadi taruhannya. Karena kasus rem blong sering kali mengakibatkan kecelakaan fatal yang memakan banyak korban jiwa.

  1. Menimbulkan Biaya Perbaikan Rem

Rusaknya kampas rem mobil yang terus dibiarkan dapat menimbulkan masalah lain pada sistem pengereman mobil Anda. Karena jika kerusakan kampas rem mobil Anda  sudah terlalu parah, hal yang dikhawatirkan adalah bisa merusak komponen rem mobil lainnya seperti cakram.

Harga rata-rata cakram mobil sekitar Rp800 ribu, namun harga cakram mobil ini bisa berbeda-beda tergantung dari material yang digunakan. Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan biaya penggantian kampas rem mobil yang baru.

  1. Pengereman Tidak Maksimal

Kampas rem mobil yang mulai menipis akan sangat mempengaruhi seberapa baikkah sistem pengereman mobil Anda. Kampas rem mobil yang sudah rusak membuat pengereman pada mobil Anda kurang maksimal, sehingga Anda perlu berhati-hati saat berkendara.

  1. Risiko Ganti Rugi

Berkendara dengan kondisi kampas rem yang sudah rusak sangatlah berbahaya karena jika Anda sampai menabrak kendaraan lain gara-gara rem blong. Anda perlu bertanggung jawab dengan mengganti rugi kerugian yang terjadi.

Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Perlu Diganti

Kerusakan pada kampas rem mobil sebenarnya bisa dengan mudah Anda ketahui dengan mengenali ciri-ciri kampas rem mobil perlu diganti berikut.

  1. Minyak Rem Berkurang

Tanda-tanda kampas rem mobil yang sudah aus bisa pemilik mobil ketahui dari minyak rem mobil yang berkurang. Anda bisa mengetahui minyak rem berkurang dari indikator minyak rem di mobil dan pedal rem terasa blong.

  1. Rem Mengeluarkan Bunyi Berdecit

Ketika Anda melakukan pengereman pada mobil terdengar suara berdecit,  hal ini pertanda bahwa kampas rem mobil Anda kotor ataupun mulai menipis dan sebaiknya segera mengganti kampas rem mobil.

  1. Pedal Rem Terasa Sangat Dalam

Ciri-ciri kampas rem mobil perlu diganti berikutnya adalah pedal rem terasa sangat dalam. Pedal rem yang terasa sangat dalam ini disebabkan karena kampas rem mobil mulai menipis atau aus.

Hal ini juga akan mempengaruhi kerja rem yang terasa kurang maksimal saat mobil melakukan pengereman.

  1. Terasa Getaran Saat Melakukan Pengereman

Tanda-tanda kampas rem mobil yang sudah habis bisa Anda rasakan dengan adanya getaran saat melakukan pengereman. Getaran tersebut bisa Anda rasakan ketika melakukan pengereman di saat mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi.

Getaran pada saat pengereman tersebut bisa terjadi karena kampas rem mobil sudah habis dan cakram pun juga sudah tidak memiliki permukaan rata.

Biaya Mengganti Kampas Rem Mobil

Biaya ganti kampas rem mobil di bengkel mobil bisa berbeda-beda tergantung reputasi bengkel, jenis mobil, dan jenis kampas rem mobil yang ingin Anda ganti.

Kisaran biaya ganti kampas rem mobil di bengkel resmi mulai dari Rp120 ribu hingga Rp1 juta. Berikut adalah estimasi biaya untuk beberapa jenis mobil Toyota:

  • Rush: Rp160 ribu.
  • Avanza: Rp179 ribu.
  • Fortuner: Rp 1,7 juta.

Usia pemakaian normal untuk kampas rem mobil adalah berkisar 40.000–80.000 km atau sekitar 2-3 tahun. Awet atau tidaknya penggunaan kampas rem mobil tergantung dari gaya berkendara, kondisi jalan, beban, kualitas kampas rem, cakram, dan piston.

Jika Anda punya gaya berkendara yang halus atau tidak agresif dan memiliki kebiasaan melakukan pengereman secara perlahan. Gaya berkendara seperti ini bisa membuat kampas rem mobil menjadi lebih awet.

Tips Merawat Kampas Rem Mobil

Agar kampas rem mobil Anda awet dan tidak mudah rusak, setiap pemilik mobil bisa merawat kampas rem mobil dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

  • Ubah Gaya Berkendara

Jika Anda saat ini punya gaya berkendara yang agresif, Anda bisa secara perlahan-lahan untuk mengubah gaya berkendara tersebut menjadi lebih halus. Lantaran, gaya berkendara yang halus dapat memperpanjang usia pemakaian kampas rem mobil Anda.

  • Rutin Membersihkan Cakram dan Kampas Rem

Tips merawat kampas rem mobil berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan cakram dan kampas rem secara berkala khususnya setelah mobil Anda melewati jalanan berdebu dan genangan air.

  • Mengganti Cairan Rem Secara Berkala

Untuk memastikan bahwa sistem pengereman selalu dilumasi minyak rem, Anda bisa mengecek kondisi cairan rem secara berkala berdasarkan kualitas cairan dan juga volumenya.

Cairan rem yang berkurang bisa disebabkan adanya kebocoran ataupun kampas rem mobil yang mulai menipis.

  • Periksa Kaliper

Kaliper adalah salah satu komponen yang terdapat pada sistem pengereman. Kaliper sendiri berfungsi untuk menopang bantalan rem dan menekan kampas rem.

Anda bisa memeriksa kaliper pada rem secara rutin untuk mengetahui apakah komponen mobil ini masih dalam kondisi baik atau tidak. Umumnya, kerusakan kaliper bisa disebabkan karena korosi, kampas rem mobil yang tidak sesuai spesifikasi, minyak rem yang sudah kotor, dll.

  • Bubut Piringan Rem Mobil

Permukaan cakram dan kampas rem yang tidak rata dapat menimbulkan getaran saat mobil melakukan pengereman dan mengeluarkan bunyi berdecit. Jika kedua komponen mobil tersebut masih layak untuk diperbaiki, Anda bisa memperbaikinya dengan cara melakukan pembubutan.

Lindungi Kendaraan Anda dengan Asuransi dari Garda Oto

Untuk mencegah mobil Anda mengalami rem blong karena kampas rem mobil yang rusak, Anda bisa mengatasinya dengan selalu melakukan servis mobil berkala untuk dicek kondisi komponen mobil secara keseluruhan termasuk bagian pengereman.

Jika kampas rem mobil Anda mengalami kerusakan akibat pemakaian normal, Anda bisa menggunakan produk asuransi Comprehensive dari Garda Oto yang akan menanggung penggantian suku cadang asli.

Selain itu, pilihan asuransi Comprehensive dari Garda Oto juga menjamin Partial Loss + Total Loss, yaitu memberikan jaminan kerugian/kerusakan sebagian dan keseluruhan yang diakibatkan oleh semua risiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor termasuk kehilangan akibat pencurian dengan tambahan fitur dan layanan yang lebih lengkap.