15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Hits, Wajib Anda Kunjungi

15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan yang Hits, Wajib Anda Kunjungi

Popularitas Jakarta sebagai destinasi wisata memang masih kalah dibandingkan tempat populer lainnya seperti Bali dan Raja Ampat. Namun, Jakarta juga memiliki keunikan yang membuatnya layak menjadi tujuan wisata, khususnya Jakarta Selatan atau yang lebih akrab disapa Jaksel. Aktivitas wisata Jakarta Selatan merupakan salah satu pilihan menarik bagi warga Jabodetabek maupun daerah lainnya karena banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Pesona Jaksel memang seakan tak ada habisnya. Menghabiskan hari kerja maupun weekend di Jaksel selalu istimewa bila Anda sudah merencanakan kunjungan ke berbagai destinasi wisatanya yang menakjubkan.

Alasan Jakarta Selatan Lebih Populer daripada Wilayah Jakarta Lainnya

Tak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini Jakarta Selatan terbilang lebih populer daripada wilayah Jakarta lainnya karena beberapa faktor, yaitu:

  • Moda transportasi umum yang beragam, antara lain TransJakarta, Commuter Line, Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan bus kota. Fasilitas ini tentu sangat efektif mendukung mobilitas masyarakat Jaksel maupun daerah sekitarnya.
  • Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang cukup luas dibandingkan wilayah Jakarta lainnya, seperti di sekitar Hang Tuah, Hang Lekir, dan Cikanjang.
  • Ada beberapa kawasan perkantoran strategis yang mudah diakses, antara lain Sudirman Central Business District (SCBD), TB Simatupang, Pondok Indah, dan Kuningan.
  • Banyak tempat wisata di Jakarta Selatan bernuansa modern berupa pusat perbelanjaan mewah, seperti Mall Pondok Indah, Cilandak Town Square (Citos), Mall Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang Village, dan Pacific Place Mall.
  • Pilihan destinasi wisata Jakarta Selatan yang terkenal juga terdiri dari berbagai taman, misalnya Tebet Eco Park, Taman Ayodya Barito, dan Taman Literasi Marta Tiahahu.
  • Beragam tempat wisata kuliner yang hits serta kafe yang buka selama 24 jam.

Tempat Wisata Jakarta Selatan yang Hits Wajib Anda Kunjungi

Kalau Anda sudah tak sabar ingin menjelajahi Jaksel ketika berlibur, maka deretan rekomendasi tempat wisata berikut ini patut dijadikan bahan pertimbangan:

  1. Tebet Eco Park

Rekomendasi tempat menarik yang pertama di Jakarta Selatan adalah Tebet Eco Park. Tempat wisata di Jakarta Selatan yang instagramable ini berada di lahan seluas 7,3 hektar, tepatnya di Jalan Tebet Raya. Ada berbagai fasilitas hiburan istimewa di tempat ini, antara lain Thematic Garden, Infinity Link Bridge, Children Playground, Wetland Boardwalk, Jogging Track, Forest Buffer, dan masih banyak lagi. Banyak hal yang dapat Anda lakukan ketika mengunjungi tempat wisata Jaksel ini, misalnya duduk santai, berolahraga, atau melakukan wisata edukasi bersama anak-anak.

  1. Kebun Binatang Ragunan

Pembahasan tentang tempat wisata di Jakarta Selatan tentu belum lengkap tanpa menyebut Kebun Binatang Ragunan. Kawasan ini termasuk salah satu kebun binatang terluas di Asia Tenggara dengan total lahan hampir mencapai 150 hektar. Saat berada di Kebun Binatang Ragunan, Anda bisa berkeliling lokasi untuk melihat beragam koleksi hewannya. Selain itu, ada pula destinasi lainnya di kawasan yang sama, yaitu Pusat Primata Schmutzer, Taman Satwa Anak, dan Taman Anggrek Ragunan. Tak mengherankan bila destinasi wisata lengkap ini kerap jadi andalan untuk menghabiskan weekend di Jaksel.

  1. Setu Babakan

Jaksel tak hanya identik dengan tempat wisata modern yang digemari anak muda. Lebih dari itu, Jakarta Selatan rupanya memiliki kawasan cagar budaya kebanggaan bernama Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Saat mengunjungi tempat wisata ini, Anda dapat menyaksikan kekayaan budaya Betawi, seperti rumah adat, pakaian, benda-benda bersejarah, hingga pertunjukan seni.

Lokasi wisata budaya ini juga memiliki danau di bagian tengah yang bernama Danau Babakan. Para pengunjung biasanya menghabiskan waktu untuk bersantai di sekitar danau setelah berkeliling sampai puas. Jangan lewatkan pula kesempatan mencicipi kuliner khas Betawi serta membawa pulang oleh-oleh berupa dodol, bir pletok, dan mainan tradisional.

  1. M Bloc Space

Tempat wisata Jakarta Selatan berikutnya yang menarik bagi kalangan anak muda adalah M Bloc Space. Anda yang hobi berwisata kuliner tentu senang bila mengunjungi destinasi wisata ini sebab ada berbagai restoran dan kafe yang menarik untuk dicoba. Selain itu, ada pula hal istimewa lainnya seperti berbagai acara kreatif yang berhubungan dengan kerajinan tangan, Galeri Museum Peruri, serta tempat belanja. Sempurnakan keseruan liburan ke M Bloc Space dengan berburu foto sampai puas di setiap sudutnya yang estetik.

  1. Kampung Main Cipulir

Destinasi wisata Jakarta Selatan ini paling cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama buah hati. Lokasinya terletak di Kebayoran Lama sehingga mudah dijangkau. Ketika tiba di Kampung Main Cipulir, Anda akan langsung disuguhi berbagai wahana permainan anak, seperti flying fox, perahu paddler, wisata menunggang kuda, ATV, labirin, dan kolam renang. Lokasinya juga asri sehingga terasa sejuk ketika beraktivitas di siang hari. Daya tarik ini membuat Kampung Main Cipulir senantiasa ramai pengunjung, khususnya pada momen akhir pekan.

  1. The Wave Pondok Indah Water Park

Mall Pondok Indah yang populer ternyata terletak satu kompleks dengan destinasi wisata permainan air anak bernama The Wave Water Park. Letaknya yang strategis membuat Anda leluasa mengunjunginya saat berada di mal tersebut. Ada enam wahana permainan air yang langsung didatangkan dari Kanada, antara lain Aqua Play, Wave Pool dan Sandy Beach, Lazy River, dan Tube Slide. Di samping itu, ada pula kolam renang standar Olimpiade seluas 1.000 meter persegi yang bisa Anda manfaatkan untuk berlatih renang secara serius.

  1. Cibis Park

Kawasan perkantoran TB Simatupang yang suasananya modern ternyata menyimpan satu tempat wisata menarik berupa Ruang Terbuka Hijau bernama Cibis Park. Ketika mengunjungi destinasi wisata Jakarta Selatan ini, Anda bisa duduk santai di sekitar danau sambil menikmati suasana yang sejuk. Cibis Park juga sudah memiliki beberapa tenant kuliner yang dapat memfasilitasi Anda ketika ingin jajan. Keunikan tempat wisata ini membuatnya jadi sarana pelepas penat yang istimewa bagi masyarakat Jaksel sekitarnya setelah lelah menghadapi pekerjaan.

  1. Skywalk Senayan Park

Lokasi Skywalk Senayan Park tak jauh dari Gelora Bung Karno (GBK). Bila ingin mengakses tempat wisata ini, Anda harus menunjukkan bukti belanja di Senayan Park dengan jumlah minimal Rp50.000 untuk dua orang. Banyak orang mengunjungi Skywalk Senayan Park di sore hari agar dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Selain jalan-jalan santai sambil menyaksikan keindahan kota dari atas jembatan, Anda juga bisa mengunjungi area rooftop yang memiliki fasilitas restoran dan kafe.

  1. Museum of Jakarta (MOJA Museum)

Referensi tempat wisata di Jakarta Selatan yang instagramable selanjutnya adalah MOJA yang terletak di Gelora Bung Karno (GBK). Destinasi ini unik karena menyediakan sepatu roda bagi para pengunjung yang ingin mengelilinginya. Tak perlu khawatir jika Anda belum mahir menggunakan sepatu roda karena ada area pegangan yang tersedia di seluruh bagian dalam museum. Setiap sudut MOJA terdiri dari spot foto menarik yang sayang untuk dilewatkan. Anda tak akan kesulitan mengabadikan foto dan video karena banyak kru MOJA yang siap membantu.

  1. Chillax Sudirman

Rasanya belum lengkap bila Anda hobi wisata kuliner tetapi tidak mengunjungi Chillax Sudirman di kawasan Jaksel. Lokasinya terletak di tengah pusat perkantoran Sudirman. Chillax adalah area komersil yang terdiri dari banyak tenant makanan dan minuman di ruang terbuka. Selain bisa menikmati aneka kuliner kekinian, Anda juga bisa berfoto di sudut-sudut estetik ketika mengunjungi Chillax Sudirman.

  1. Statue 4 Heroes Gallery

Tempat wisata Jaksel ini sebenarnya merupakan toko action figure yang mengusung konsep galeri. Anda bisa masuk tanpa dipungut biaya apa pun lalu berkeliling menikmati suasana bagian dalam toko yang menakjubkan. Banyak objek foto di sekitar patung superhero yang memukau karena sangat menyerupai aslinya. Bahkan, koleksi action figure di Statue 4 Heroes Gallery diklaim sebagai salah satu yang paling besar dan paling lengkap se-Asia Tenggara.

  1. One Satrio

Kawasan Mega Kuningan juga punya objek wisata berupa ruang terbuka yang digemari generasi muda, yaitu One Satrio. Lokasinya sudah beroperasi sejak pagi hari sehingga cocok dikunjungi ketika Anda hendak berolahraga. One Satrio menyediakan banyak fasilitas publik menarik, seperti jogging track, area bermain anak, taman untuk hewan peliharaan, serta tenant makanan dan minuman. Bersantai pagi atau sore hari di tempat wisata ini tentu akan memberikan pengalaman seru yang tak terlupakan.

  1. Mall Kota Kasablanka

Jaksel punya banyak pusat perbelanjaan mewah yang menjadi destinasi liburan menarik bagi warga Jabodetabek maupun masyarakat luar daerah, salah satunya yaitu Mall Kota Kasablanka. Kawasan modern ini senantiasa ramai pengunjung karena memadukan konsep mal dengan perkantoran dan kondominium. Banyak tenant populer di Mall Kota Kasablanka yang siap memenuhi beragam kebutuhan Anda. Weekend di Jaksel tak akan membosankan jika Anda menghabiskan waktu untuk mengunjungi mal istimewa yang satu ini.

  1. Como Park

Kalau Anda tak ingin meninggalkan hewan peliharaan kesayangan saat berlibur, cobalah mengunjungi Como Park di kawasan Kemang Timur, Mampang Prapatan. Destinasi wisata ini merupakan taman di ruang terbuka yang didesain khusus sehingga ramah hewan peliharaan. Areanya terdiri dari rumput disertai pagar pembatas di sekelilingnya untuk mendukung keamanan hewan peliharaan selama bermain. Selain menikmati momen bermain dengan hewan kesayangan, Anda juga bisa mengunjungi restoran dan kafe yang terletak di kawasan ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi Como Park adalah sore hari di musim panas sehingga rumputnya tidak basah dan nyaman dipijak hewan peliharaan.

  1. SuperPark Indonesia

Taman bermain ternyata tak selalu hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Sekarang, makin banyak tempat wisata berupa taman bermain yang dapat dinikmati orang dewasa, salah satunya yaitu SuperPark Indonesia. Lokasinya berada di Street Gallery Mall Pondok Indah 2, Kebayoran Lama. SuperPark Indonesia memiliki 16 wahana permainan untuk berbagai kalangan usia, antara lain permainan dengan Augmented Reality (AR), ninja track, wall climbing, pedal car, super bowling, dan lainnya. Sensasi aktivitas yang seru tentu membuat Anda selalu rindu ingin kembali mengunjungi SuperPark Indonesia.

Kini, Anda yang bermukim di luar Jabodetabek pun tentu makin yakin memilih Jaksel sebagai destinasi liburan selanjutnya. Wisata Jakarta Selatan yang sangat beragam akan menyuguhkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Selain menyiapkan bujet liburan, jangan lupa pula memilih asuransi perjalanan berkualitas untuk melindungi Anda sekeluarga.

Salah satu rekomendasi asuransi perjalanan terbaik bagi Anda adalah Garda Trip. Asuransi persembahan Astra ini memberikan proteksi perjalanan domestik maupun internasional dengan banyak manfaat yang siap mendukung kenyamanan liburan. Anda dapat mengantisipasi risiko perjalanan seperti pembatalan dan keterlambatan, penyakit dan cedera yang muncul saat melakukan perjalanan, kecelakaan diri, sampai dengan jaminan bagasi dan barang pribadi jika mengandalkan Garda Trip.

Wujudkan keamanan dan kenyamanan liburan yang Anda impikan dengan dukungan Garda Trip yang manfaatnya sesuai dengan kebutuhan.