4 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Para pengguna mobil terkadang hanya fokus pada performa mesin, tanpa memperhatikan kondisi interior dari kendaraan. Padahal ini juga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kenyamanan berkendara. Jika dibersihkan pun, bagian plafon mobil kerap kali luput dari atensi. Oleh karena itu, berikut cara membersihkan plafon mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Membersihkan Plafon yang Berdebu

Jika plafon hanya berdebu, tentu akan sangat mudah untuk membersihkannya. Anda bisa menggunakan lap microfiber, karena lap ini diklaim mempunyai kemampuan mengangkat berbagai kotoran maupun debu yang menempel pada plafon mobil. Gunakan lap microfiber yang bersih dan dalam kondisi kering, lalu seka bagian plafon dengan arah yang sama berulang kali.

Dengan begitu, maka debu serta kotoran yang menempel akan terangkat secara sempurna. Selain lap microfiber, Anda juga bisa membersihkan debu dengan sikat tanpa air. Caranya tidak jauh berbeda, sikat bagian plafon dengan gerakan yang searah berulang kali. Ingat, jangan gunakan air. Karena debu di plafon bisa menyatu dengan air, yang membuat kotoran malah makin menyebar.

Baca juga: Cara Aman Bersihkan Kabin Mobil saat Pandemi Virus Corona

2. Membersihkan Plafon Bernoda Ringan

Pada kondisi ini, Anda bisa menambahkan sedikit detergen untuk menghilangkan noda yang ada menggunakan sikat yang memiliki bulu halus agar tidak merusak body mobil. Mulailah dengan menuangkan deterjen ke dalam air, tunggu beberapa menit hingga partikel deterjen bereaksi dengan air (sebaiknya jangan diaduk). Berikutnya celupkan sikat ke dalam larutan tersebut, sebaiknya gunakan sikat dengan bulu lembut untuk melakukan hal ini.

Angkat sikat ke atas dan ke bawah beberapa kali agar larutan detergennya terbuang, dan membuat sikat berada dalam kondisi lembab. Jika sikat sudah lembab, gunakan pembersih noda khusus plafon mobil.

3. Membersihkan Plafon Bernoda Pekat

Jika noda yang menempel pada plafon sudah menghitam dan pekat, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih jok serta sampo khusus interior mobil. Banyak toko yang menyediakan dua produk tersebut, karena pabrikan mobil umumnya secara khusus mengeluarkannya untuk perawatan kendaraan para pelanggannya. Sebaiknya pilih cairan khusus plafon mobil atau fabric, agar cara membersihkan plafon mobil bekerja efisien. Lalu, mulai dengan siapkan air secukupnya, lalu basahi kain dengan air tersebut dan peras hingga kering untuk diusapkan pada plafon. Berikutnya, semprotkan cairan pembersih ke kain atau ke permukaan plafon, dan seka seluruh bagian plafon yang bernoda hingga bersih.

Baca juga: Menjaga Mobil supaya Selalu Nyaman Dikendarai

4. Memanfaatkan Air dan Cuka

Jika di rumah ada cuka, maka Anda bisa menggunakan cuka dan air untuk membersihkan plafon mobil tanpa harus membeli cairan pembersih khusus. Anda tidak perlu khawatir akan khasiatnya, karena cara ini juga diklaim ampuh. Bahkan larutan cuka dan air bisa membantu menghilangkan noda minyak pada plafon kendaraan. Cukup campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:3. Aduk hingga merata campuran air dan cuka tersebut. Lalu masukkan ke dalam botol semprot dan aplikasikan pada lap microfiber.

Tidak sulit bukan membersihkan plafon mobil sendiri di rumah? Cara cara di atas bisa Anda terapkan agar interior mobil menjadi bersih. Anda bahkan bisa menggunakan vacuum cleaner sesekali, untuk mempertahankan kebersihan interior mobil. Dengan interior yang nyaman, maka pengalaman berkendara menggunakan mobil tersebut juga akan semakin menyenangkan. Pastikan pengalaman menyenangkan tersebut juga terasa aman dan nyaman dengan perlindungan dari asuransi mobil Garda Oto.