Menjaga Mobil supaya Selalu Nyaman Dikendarai

By | 2018-05-25T13:59:51+00:00 25 Mei, 2018|Blog|
Trik Menjaga Mobil

Trik Menjaga Mobil

Mobil bisa dibilang sebagai rumah kedua selain rumah Anda sendiri. Bagaimana tidak? Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalam mobil untuk menjangkau satu tempat ke tempat lain. Karena itu, sudah barang tentu kenyamanan di sewaktu berkendara harus diperhatikan.

Kenyamanan yang dimaksud, benar-benar kenyamanan secara keseluruhan. Mulai dari performa mobil sampai kenyamanan di dalam kabin harus selalu diperhatikan. Sedikit saja ada masalah pada mobil Anda, pasti akan mengganggu kenyamanan berkendara.

Jadi, apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjaga kenyamanan berkendara? Simak beberapa kiat sederhana yang harus Anda lakukan secara rutin untuk mobil Anda!

Mencuci Sepenting Datang ke Bengkel

Banyak orang yang hanya mementingkan performa kendaraan. Sedangkan, kebersihan mobil, baik interior maupun eksterior, sering terabaikan. Padahal, mencuci mobil sama pentingnya dengan membawa mobil ke bengkel secara rutin. Kotoran dan tanah yang dibiarkan terlalu lama di sela-sela ban akan membuat sejumlah bagian mobil menjadi berkarat.

Kabin mobil pun harus sering-sering dibersihkan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Semakin banyak debu yang ada di dalam kabin bisa mengganggu kesehatan Anda sebagai pengendara. Mungkin ada sejumlah sampah kecil yang terselip di bawah jok mobil Anda yang mungkin terlewat.

Ganti Oli saat Mencapai Batas

Performa mesin juga bergantung pada kualitas oli yang Anda gunakan. Karena itu, oli mobil harus menjadi perhatian penting. Anda tidak boleh ragu-ragu menggunakan oli mobil berkualitas dan jangan tergiur dengan harga oli yang murah.

Mengganti oli pun harus rutin Anda lakukan. Lakukan pergantian oli saat mobil Anda sudah menempuh jarak 2.500-3.000 km atau setelah digunakan selama dua bulan. Dengan melakukan pergantian oli secara rutin, mesin mobil Anda akan terjaga dan bisa lebih tahan lama.

Merotasi Posisi Ban

Salah satu bentuk perawatan yang sering tidak dilakukan oleh pemilik mobil adalah merotasi posisi ban. Kebanyakan mobil lebih fokus di ban bagian depan, baik dalam pengereman atau waktu berbelok. Hal ini mengakibatkan ban depan lebih cepat halus dibandingkan ban belakang.

Anda pun harus merotasi posisi setiap ban setiap 1.000 km. Rotasinya pun tidak asal posisi. Anda harus merotasi ban belakang kanan ke bagian depan sebelah kiri dan sebaliknya. Begitu juga dengan ban belakang kiri yang dipindahkan ke bagian depan kanan dan sebaliknya.

Merotasi ban akan membuat umur empat ban Anda sama panjangnya. Dengan begitu juga, Anda tidak perlu terlalu sering mengganti ban kendaraan Anda dengan ban baru.

Pelistrikan Juga Hal Penting di Mobil

Mobil modern kali ini memiliki sistem listrik yang semakin rumit. Itu artinya, Anda pun harus semakin memperhatikan sistem pelistrikan yang ada di mobil Anda. Bahkan, saat music player di mobil Anda tidak berfungsi, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel.

Satu pelistrikan yang tidak berfungsi akan berpengaruh ke jaringan listrik lain yang ada di mobil Anda. Apalagi, mobil masa kini sudah banyak yang menggunakan sistem push untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil.

Menyimpan saat Tidak Digunakan

Ada kalanya Anda harus pergi ke tempat yang jauh untuk beberapa saaat hingga akhirnya tidak menggunakan mobil kesayangan Anda. Baiknya simpan dengan baik. Gunakan kover yang bisa menutupi keseluruhan bodi mobil. Hal ini untuk menjaga cat mobil Anda tidak mengusam saat disimpan.

Kalau memang lama tidak digunakan, ada baiknya Anda tetap meminta seseorang untuk menyalakan mesin mobil Anda. Menyalakan mobil secara rutin saat tidak digunakan berguna untuk terus mengalirkan bahan bakar dan oli ke tempat yang semestinya. Jadi, saat Anda akan menggunakannya kembali, performa mobil tetap terjaga.

Mobil memang membutuhkan perhatian khusus dari Anda sebagai pemiliknya. Semakin perhatian dengan mobil Anda, semakin nyaman juga Anda mengendarainya.