4 Hal Sederhana yang Bisa Buat Perjalanan Mudik Anda Lebih Nyaman

//4 Hal Sederhana yang Bisa Buat Perjalanan Mudik Anda Lebih Nyaman
By | 2018-06-07T15:01:59+00:00 Juni 6th, 2018|Blog|0 Comments
4 Hal Sederhana yang Bisa Buat Perjalanan Mudik Anda Lebih Nyaman

4 Hal Sederhana yang Bisa Buat Perjalanan Mudik Anda Lebih Nyaman

Bisa menjalankan mudik pada tahun ini mungkin menjadi idaman Anda. Melakukan perjalanan mudik bersama keluarga dan orang-orang terdekat lebih nyaman juga menjadi impian lain yang ingin dicapai. Karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan mulai dari masa persiapan hingga sepanjang perjalanan sampai ke tempat tujuan.

Hal-hal di bawah ini mungkin bukan sesuatu yang besar. Namun, kalau Anda mau melakukannya, jaminan perjalanan nyaman bisa ada di tangan Anda. Simak empat hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu memberikan kenyamanan sewaktu mudik.

Membawa Kendaraan ke Bengkel

Jauh-jauh hari sebelum Anda memulai perjalanan mudik yang panjang, mampirkan sejenak mobil Anda ke bengkel. Jangan lupa katakan kepada para mekanik untuk meningkatkan performa mobil untuk perjalanan jarak jauh. Cek juga sejumlah komponen kecil yang biasa terlupakan, seperti air karburator, busi, dan saringan bensin. Gantilah kalau memang sudah seharusnya diganti.

Sebelum berangkat, cek kembali bagian-bagian penting pada mobil Anda. Oli baru yang masih dalam performa apik wajib hukumnya melumasi mesin kendaraan Anda. Tekanan ban sudah dalam angka yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda. Serta, kabin mobil Anda dalam keadaan bersih dan nyaman untuk menjadi tempat Anda mengemudikan kendaraan.

Kalau bagian mobil Anda sudah dalam performa tertingginya, dijamin kenyamanan berkendara waktu mudik akan bisa didapatkan.

Berhenti di Rest Area

Tempat ini bukan hanya untuk Anda, tapi juga untuk mobil Anda. Upayakan setiap satu atau dua jam sekali, Anda menepi ke rest area. Hal penting yang bisa Anda lakukan adalah menggerakkan badan yang setelah sekian lama berada dalam posisi yang sama. Hal ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan membuat Anda kembali fokus saat berkendara.

Mobil Anda pun butuh istirahat setelah menempuh puluhan kilometer. Mematikan sejenak mesin mobil bisa membuat suhu mesin kembali turun. Mesin yang panas bisa membuat oli menguap dan akhirnya membuat kerja mesin tidak terlindungi oleh oli. Bukan hanya itu, panasnya mesin juga membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak.

Berhenti di rest area juga berguna jika ingin beristirahat, sekaligus menambah persediaan makanan dan minuman sebelum melanjutkan perjalanan.

Memanfaatkan Keanggotaan Asuransi

Beruntunglah Anda sebagai pemegang polis asuransi kendaraan. Tiap tahunnya Garda Oto selalu mendukung kegiatan Astra Holiday Campaign yang akan menemani dan melayani Anda dalam perjalanan mudik.

Dalam kegiatan tersebut, Garda Oto menyediakan layanan Garda Siaga yang akan datang ke lokasi Anda untuk membantu menyelesaikan masalah pada kendaraan Anda. Layanan ini pun tersedia setiap hari selama 24 jam.

Kalau Anda belum memiliki asuransi kendaraan, segeralah mengasuransikan kendaraan Anda sebelum berangkat mudik.

Pergi ke Puskesmas atau Rumah Sakit Juga Penting

Mungkin Anda merasa masih sangat sehat dan mampu melanjutkan perjalanan. Namun, tidak ada yang akan tahu tubuh Anda setelah sekian lama menyetir mobil. Bisa jadi faktor kelelahan yang membuat daya tahan tubuh Anda menurun.

Ada baiknya singgah sejenak di Puskesmas atau rumah sakit terdekat saat Anda sedang melakukan aktivitas mudik. Berkonsultasi dengan dokter juga jadi hal yang penting untuk mengetahui kedaan tubuh Anda. Dengan informasi dari dokter, Anda tahu kapasitas tubuh dan tidak akan memaksakan untuk terus berkendara saat sudah lelah.

***

Bukan hal yang sulit sepertinya melakukan empat hal di atas. Hal-hal di atas juga bisa menjamin kenyamanan berkendara Anda selama mudik. Selamat berkumpul dengan keluarga Anda pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini!