5 Cara Mengatasi Stress Kerja Bagi Para Pejuang KantoranBekerja sesuai minat dan passion di sebuah perusahaan memang menyenangkan, namun jangan lupakan bahwa adanya tuntutan dan tekanan yang bisa membuat Anda bosan atau stres saat bekerja. Kondisi ini dapat berpengaruh pada hasil dan kualitas pekerjaan Anda. Lalu bagaimana cara mengatasi stress kerja bagi para pekerja kantoran? Berikut ulasannya.

1. Mengenal Batas Kemampuan

Mengenali batas kemampuan Anda merupakan hal utama yang perlu dipikirkan. Apabila Anda tetap memaksakan diri menerima beban pekerjaan yang diberikan, kemungkinan tubuh dan pikiran cepat lelah hingga memunculkan burnout yang bisa memicu stress di kemudian hari. Jika dirasa sudah melewati batas, jangan ragu menolak beban tambahan sebagai cara jitu menurunkan beban di pikiran.

Tidak adanya beban pekerjaan tambahan membantu Anda menghitung banyaknya waktu yang diperlukan untuk bisa menyelesaikan tugas tersebut. Usai melakukan pekerjaan utama, Anda bisa segera pulang dan beristirahat sejenak untuk melepaskan penat. Pulang tepat waktu membantu tubuh dan pikiran tetap sehat dan siap bekerja pada esok harinya.

2. Memulai Hari dengan Tersenyum

Cobalah tersenyum ketika memulai hari yang panjang. Sebab stress bisa saja datang karena pagi hari sudah disambut dengan segudang pekerjaan. Mulai dari mempersiapkan sarapan,  terjebak macet, dan masih banyak masalah di pagi hari lainnya. Jika pikiran sudah penuh, tentu saja Anda perlu mengetahui cara mengatasi stres kerja sejenak.

Jika terjebak kemacetan adalah permasalahan utamanya, Anda bisa membuat perencanaan sehari sebelumnya untuk mengantisipasi terjadinya rintangan tak terduga di tengah perjalanan. Meski terjebak macet, jangan lupa tersenyum dan menyapa orang orang sekitar atau menyalakan lagu favorit untuk meningkatkan semangat.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan di tengah Pandemic COVID-19

3. Ambil Cuti Sejenak

Pekerjaan terus menumpuk dengan beban yang besar atau tidak berhasil sesuai target seringkali menjadi salah satu penyebab munculnya stres. Masalah pekerjaan yang tidak segera diselesaikan bahkan berdampak pada kehidupan pribadi. Apakah Anda merasa berada pada tahap ini ? Sebaiknya Anda mengajukan cuti beberapa sebagai solusinya.

Menurut informasi yang diambil dari situs Alodokter, mengambil cuti untuk melupakan pekerjaan sejenak merupakan salah satu cara mengatasi stress kerja. Selama cuti tersebut, Anda bebas melakukan berbagai hal menyenangkan mulai dari berlibur atau sekedar menikmati waktu bersantai bersama dengan kerabat terdekat.

4. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Tahukah Anda bahwa lingkungan kerja juga bisa mempengaruhi pikiran ? Apabila lingkungan kerja adalah pemicu munculnya stress, maka Anda harus segera menyelesaikan hal tersebut untuk meningkatkan rasa nyaman. Mulailah hari dengan menata meja kerja terlebih dahulu, membuat planning pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu, dan lain sebagainya.

Anda juga perlu mengingatkan koleka yang mungkin tidak sengaja berisik di tengah sibuknya pekerjaan, sebab suara bising membuat Anda atau bahkan kolega lainnya tidak bisa berkonsentrasi sehingga memunculkan stress. Saling membantu menciptakan suasana kantor tetap nyaman merupakan tugas seluruh pegawai yang bekerja disana.

5. Membicarakannya dengan Atasan

Pikiran sudah penuh seakan ingin meledak? Pada kondisi ini, cobalah berbicara dengan atasan Anda sebagai cara mengatasi stress kerja. Sesi curhat dengan atasan mungkin terasa canggung, namun cara ini bisa menjadi gerbang agar atasan lebih memperhatikan karyawannya. Jangan ragu menolak jika beban yang diberikan dianggap melewati batas hingga memunculkan stress.

Baca Juga: Ketahui 7 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa menekan pikiran stres tak terbendung selama berada di kantor. Meski tidak sepenuhnya menghilangkan stress, beberapa cara di atas setidaknya dapat membuat Anda kembali bersemangat dan melanjutkan pekerjaan hingga tuntas. Mencegah stres kerja tentunya tidak cukup untuk melindungi diri dari risiko-risiko yang ada. Jangan lupa untuk melindungi diri Anda dengan asuransi kecelakaan diri Garda Me sekarang.