6 Ide Ampuh Untuk Mengatasi Anak Malas Belajar Usia Dini

Di usianya yang masih sangat muda atau dini, si kecil mungkin masih belum mengerti pentingnya pendidikan. Rasa ingin tahu mereka kerap diaplikasikan dalam bentuk aktivitas bermain.

Tak heran, banyak sekali anak yang malas bahkan tak ingin belajar. Agar mereka semangat, cek dulu cara mengatasi anak malas belajar usia dini yang seru dan menarik berikut.

1. Belajarlah Bersama Si Kecil

Orang tua adalah sosok contoh bagi si kecil. Memintanya untuk belajar saja tidak akan cukup. Anda juga harus turun tangan dan turut memberi contoh terbaik.

Belajarlah bersama atau setidaknya temani si buah hati. Dengan sesi belajar ini, anak tidak akan merasa bosan atau malas belajar, bahkan merasa terjaga dengan adanya orang tua yang menemani.

2. Berikan Suasana Belajar yang Lebih Nyaman

Rasa tidak nyaman untuk belajar kerap menjadi alasan si kecil malas untuk mencari ilmu. Anda bisa memotivasi si kecil untuk kembali belajar dengan memberi suasana yang mendukung.

Pastikan ruangan cukup terang, berikan benda benda yang dapat menjadi stimulus belajar, dan kurangi gangguan gangguan lainnya. Jika perlu sisihkan gadget dan matikan televisi, sehingga si kecil dapat fokus dengan apa yang dipelajarinya. Jangan lupa, Anda pun harus turut mendukung si kecil sebagai cara mengatasi anak malas belajar usia dini. Anda bisa berhenti melakukan aktivitas sejenak dan fokus untuk membantunya belajar.

3. Sesuaikan dengan Minat

Agar sesi belajar lebih menarik untuk mereka, maka pastikan materi yang diberikan sesuai dengan minat atau ketertarikan mereka. Hal ini memang tidak mudah dilakukan namun, Anda bisa menggunakan banyak cara.

Ada banyak sekali metode belajar baru yang lebih seru dengan tugas yang didesain untuk membuat si kecil berinteraksi dengan banyak hal. Salah satu contohnya adalah memberikan pertanyaan matematika dengan menambahkan sentuhan gambar dinosaurus. Jika si kecil tertarik dengan hal tersebut, maka proses belajar akan lebih natural dan menyenangkan.

Selain itu, fokus dengan minat dan juga bakat yang mereka miliki. Cara ini pun akan membantu si buah hati untuk lebih mengapresiasi proses belajar.

Baca Juga: Yuk Simak Lima Tips Jitu Meningkatkan Minat Baca Anak

4. Berikan Hadiah untuk Si Kecil

Cara mengatasi anak malas belajar usia dini yang satu ini acap diterapkan di sekolah. Merayakan setiap keberhasilan yang didapat oleh si kecil akan menjadi stimulus mereka untuk terus belajar. Ada banyak hal yang bisa Anda berikan, meski bukan suatu yang mahal. Contoh yang paling mudah adalah memberikan tambahan jam bermain atau membuatkan kue favoritnya.

5. Gunakan Game untuk Membuatnya Tertarik

Si kecil masih sangat tertarik dengan hal hal yang membuat mereka senang dan aktif. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat mereka lebih tertarik untuk belajar dengan menggunakan permainan.

Cara ini sangat efektif untuk mereka yang mudah merasa bosan dengan kegiatan belajar yang itu itu saja. Seperti contohnya adalah mengajak mereka bermain monopoly, scrabble, lego blocks, atau puzzle. Secara tidak langsung, cara mengatasi anak malas belajar usia dini yang satu ini akan membiaskan aspek belajar di dalam kegiatan yang seru.

Anda pun dapat memberikan eksposur pada permainan gadget yang mendidik, namun pastikan untuk tetap dimonitor dan dibatasi.

Baca Juga: Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

Pada dasarnya, anak usia dini memang belum memerlukan pendidikan formal. Orang tualah guru yang paling baik untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Karenanya, jika si buah hati mulai malas, Anda yang harus turun tangan. Ajak mereka untuk belajar bersama, buat suasana yang lebih nyaman, sesuaikan dengan minat, atau beri hadiah agar mereka kembali bersemangat. Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan si kecil mendapatkan pendidikan yang baik adalah dengan memberikan pendidikan si kecil perlindungan melalui asuransi perlindungan Pendidikan Garda Edu, simak info lengkapnya di sini.