Turun mesin merupakan salah satu keadaan yang perlu diperhatikan karena itu adalah pertanda bahwa mesin mobil Anda sedang bermasalah. Turun mesin pada mobil dapat disebakan oleh banyak faktor, baik disebakan oleh jangka waktu penggunaan yang sudah lama atau mungkin mesinnya yang memang bermasalah.

Kondisi mobil yang sedang turun mesin memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dijadikan tolak ukur, terlebih bagi pemilik mobil agar selalu waspada dan selalu memperhatikan performa mesin mobil pribadinya.

Mulai dari rem, saluran oli maupun bagian mesin yang lain perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan aman saat dikendarai. Berikut ciri-ciri mobil yang sedang turun mesin:

1. Muncul Asap Putih

Bagi pemilik mobil tua yang sudah jarang dipakai, perlu untuk mengecek kondisi mesin mobil sebelum hendak berpergian jauh. Terkadang akan muncul asap putih yang pekat keluar dari knalpot ketika mesin mobil mulai distarter.

Apabila mobil yang dipakai mengeluarkan asap putih ketika dibawa perjalanan berjarak 100km lebih, hal ini dapat sebagai salah satu indikasi bahwa ada bya masalah pada mesin mobil Anda, mungkin pada bagian seal-seal valve yang sudah mengeras atau masalah pada komponen mesin yang lain.

Nah, maka dari itu dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli teknik mesin mobil, apakah mobil Anda perlu dilakukan turun mesin baik sebagian maupun secara keseluruhan atau mungkin tidak sama sekali

2.  Panas Berlebih atau Overheating

Ciri kedua mobil turun mesin adalah adanya kenaikan suhu mesin secara terus-menerus. Jika berkendara dengan laju yang pelan tapi suhu mesin selalu naik, saat itulah Anda harus mulai curiga pada kondisi mesin mobil yang seperti ini. Sebaiknya jangan paksakan mobil untuk melaju, dan segera matikan mesin mobil. Ketika suhu mobil sudah normal, cek dan isi air radiator atau segera bawa ke bengkel terdekat.

3.  Air Radiator Terkontaminasi dengan Minyak

Air radiator yang bercampur dengan minyak biasanya disebabkan karena adanya pengeroposan atau korosi pada bagian blok silinder head yang membentuk lubang-lubang sebagai jalan masuknya air. Sehingga, air masuk ke dalam ruang kompresi dan oli masuk ke dalam saluran air. Hal ini membuat oli berwarna lebih coklat dibandingkan dengan kondisi normalnya.

4.  Air Radiator Berkurang

Berkurangnya air radiator secara drastis dapat disebabkan karena adanya korosi. Hal ini berkaitan dengan poin sebelumnya adanya lubang-lubang yang membuat rembesan pada air radiator yang membuat kapasitas air semakin berkurang ketika mesin dinyalakan.

Hal ini perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu atau menanyakannya kepada pihak teknisi. Apabila Anda tidak tahu menahu tentang komponen yang ada di dalam kendaraan yang sedang mengalami masalah. Terkadang air radiator bisa menyembur karena masalah pada komponen tersebut.

5.  Kepala Busi yang Basah

Ciri penyebab mobil turun mesin selanjutnya yaitu kepala busi yang selalu basah dengan oli. Jika hal ini kerap terjadi maka perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut pada komponen ruang kompresi. Apakah masih presisi atau suah mengalami perubahan? Hal ini dapat menjadi indikasi bahwa oli sudah merembes ke ruang kompresi sehingga membuatnya mudah terbakar. Jika hal ini terjadi maka dianjurkan untuk segera membawa mobil ke teknisi untuk segera diperbaiki.

Disarankan untuk para pengendara mobil agar lebih waspada dan selalu memperhatikan pentingnya untuk selalu menjaga performa mesin mobil, demi kesalamatan pengendara dan penumpang. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kondisi kendaraan aman saat akan dikendarai.

Oleh karena itu asuransi mobil saat ini menjadi hal yang harus Anda pikirkan sebagai tambahan proteksi pada mobil kesayangan Anda. Jika Anda berniat untuk memiliki asuransi mobil, Anda bisa mempertimbangkan Garda Oto sebagai pilihannya. produk Asuransi Astra akan memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di tengah perjalanan Anda, Garda Akses siap memberikan pertolongan cepat tanggap.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam siap sedia untu para pelanggan. Jadi, sudah tahu bukan ciri-ciri mobil yang harus turun mesin? Sekarang semua pilihan kembali kepada Anda. Yuk, bagikan artikel ini di social media agar kerabat dan teman-teman yang lain juga bisa tahu!