5 Kegiatan Olahraga yang Dapat Dilakukan di Rumah

Pandemi COVID-19 yang belum kunjung berakhir, membuat aktivitas di luar rumah memang sebaiknya dikurangi termasuk ke gym. Meski begitu, bukan berarti kondisi ini malah membuat anda jadi melupakan olahraga. Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah, bahkan bisa ajak si kecil agar anda sekeluarga tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

1. Jogging

Jogging bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat anda lakukan bersama si kecil di kompleks rumah. Ini bahkan bisa menjadi olahraga yang paling mudah, sebab tidak memerlukan peralatan khusus. Cukup menggunakan sepatu, kaos, dan celana training, maka anda sudah bisa pergi jogging di area sekitar.

Meski terlihat sangat sederhana, jogging ini bisa memberikan cukup banyak manfaat. Di antaranya yaitu meningkatkan mood karena merasakan udara segar, membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta melawan berbagai penyakit, hingga meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

2. Bersepeda

Jika mempunyai sepeda di rumah, maka bersepeda bisa menjadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan di rumah bersama dengan anak. Bahkan bersepeda saat ini menjadi trend tersendiri. Anda bisa mengajak si kecil melakukan aktivitas satu ini di pagi maupun sore hari sebagai bentuk latihan fisik.

Pasalnya bersepeda sendiri dapat memberikan banyak manfaat, seperti membangun otot paha dan pinggul, melepaskan hormon dalam tubuh yang membuat lebih bersemangat, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kadar gula darah, hingga menjaga tubuh tetap dalam keadaan bugar serta mencegah berat badan berlebih.

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan di tengah Pandemic COVID-19

3. Melompat

Anda pasti sering melihat bahwa anak kecil sangat suka melompat. Entah mengapa, namun kegiatan ini terlihat begitu menyenangkan bagi mereka, bahkan dapat membuat anak menjadi lebih bersemangat. Maka dari itu, anda bisa menjadikannya sebagai olahraga yang rutin untuk anak. Sebab melompat ini dapat membangun kekuatan otot, daya tahan tubuh, serta kebugaran kardiovaskular.

Olahraga yang dapat dilakukan di rumah satu ini bisa anda hadirkan dalam beberapa jenis, misalnya jumping jacks, hurdle hops, one foot hops, dan tuck jumps. Untuk jumping jacks, regangkan lengan serta kaki ke arah samping layaknya bintang laut sembari melompat. Lalu kembalikan posisi kaki dan tangan ketika mendarat pada lompatan kedua.

Sementara untuk hurdle hops, dilakukan seolah olah melewati rintangan dengan lari ke depan dan belakang atau lompat dari sisi ke sisi. Kemudian one foot hops dilakukan dengan cara mengangkat satu lutut, lalu lompat dengan posisi hanya satu kaki berdiri. Dan terakhir tuck jumps dilakukan dengan mengangkat tumit tinggi dan tekuk lutut ketika melompat.

4. Latihan Basket

Jika anda memiliki pekarangan sendiri di rumah, maka latihan basket bisa menjadi pilihan olahraga yang apik. Bahkan tidak hanya sekedar olahraga dalam beberapa menit saja, dengan ini anda bisa mengajak si kecil bermain sambil berolahraga dalam waktu yang cukup lama. Anak pasti akan menyukainya, terlebih saat ini sekolah online membuatnya tidak bisa puas bermain di luar.

5. Menari

Ketika menari, semua anggota tubuh akan bergerak sesuai dengan irama dan ketukan. Sehingga menari ini juga bisa menjadi salah satu bentuk olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Untuk membuat anak lebih bersemangat, anda bisa memutarkan lagu kesukaannya dan ikut menari sesuai dengan irama lagu tersebut.

Baca Juga: Ketahui 7 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

Selain lima olahraga seperti yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih cukup banyak olahraga lainnya yang dapat anda lakukan di rumah bersama si kecil. Bahkan sekedar naik turun tangga bisa menjadi bentuk olahraga, karena pada dasarnya olahraga sendiri tidak menuntut anda harus memiliki peralatan mahal atau pergi ke gym untuk melakukannya.

Agar pikiran tenang sehingga dapat mempengaruhi kesehatan jasmani, lindungi diri Anda dengan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Pada dasarnya Asuransi Kecelakaan diri memproteksi kamu dari risiko yang diakibatkan kecelakaan, termasuk saat bersepeda. Perlindungan diri dari Garda Me bisa kamu dapatkan, dengan premi mulai 50 ribu/tahunnya. Pastikan Garda Me menjaga aktivitasmu setiap hari, sepanjang tahun. #PeaceofMind