Mobil Tersendat Saat Injak Gas untuk Akselerasi? Ini Penyebabnya

Pemilik kendaraan roda empat pasti pernah mengalami masalah satu ini yakni mobil tersendat saat akselerasi. Tentunya kondisi ini bisa begitu mengganggu kenyamanan sekaligus keamanan anda dalam berkendara, terlebih ketika anda sedang terburu buru. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasinya.

1. Ruang Bakar dalam Keadaan Kotor

Salah satu yang bisa mengakibatkan mobil tersendat ketika digas, yakni ruang bakar sebagai tempat pembakaran untuk menggerakkan mesin dalam keadaan kotor.

Pasalnya pembakaran yang terjadi di dalam sini tidak hanya menghasilkan panas dan daya ekspansi saja, namun juga membuahkan gas residu.

Terkadang bahkan menghasilkan residual padat yang bentuknya seperti kerak. Dimana gas residu sendiri akan terbuang melalui knalpot, sementara residual berbentuk padat akan menumpuk di dalam ruang bakar.

Hal inilah yang terkadang menyebabkan mobil tersendat ketika di gas, umumnya kondisi tersebut bisa anda atasi dengan cara tune up mobil.

2. Throttle Body Kotor

Selain ruang bakar, throttle body yang kotor juga dapat menyebabkan mobil tersendat saat akselerasi. Throttle body sendiri merupakan katup gas yang ada pada mesin.

Terkadang area di sekitar katup tersebut dapat terselimuti debu halus, yang tidak ikut tersaring oleh filter udara. Inilah yang menyebabkan mesin tersendat serta RPM bisa menjadi tidak stabil.

Ketika anda membongkar bagian throttle body, debu halus yang menjadi penyebab masalah akan terlihat seperti noda hitam. Untuk mengatasi kondisi tersebut, anda bisa melakukan seperti cara pertama yakni tune up mobil.

Dimana salah satunya bisa menggunakan carb jet atau carbon cleaner untuk membersihkan throttle body tersebut.

3. Bahan Bakar Tidak Cocok

Apabila anda menggunakan bahan bakar sembarangan yang ternyata tidak sesuai dengan mesin mobil, maka ini juga bisa membuat mobil tersendat saat akselerasi. Terlebih jika kendaraan roda empat yang anda miliki mempunyai mesin injeksi. Karena umumnya kompresi pada mesin tersebut mempunyai perbandingan yang cukup besar yaitu 10 : 1.

Dengan kata lain bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin injeksi akan semakin banyak, apabila nilai kompresi oktannya juga tinggi. Jadi sebaiknya anda tidak menggunakan bahan bakar sembarangan, dan pilih BBM beroktan tinggi untuk menghindari mesin mobil tersendat ketika digas.

Baca Juga: Kenali Jenis – Jenis Bahan Bakar Mobil

4. Busi Tidak Sesuai atau Lemah

Sebagai pemilik kendaraan, anda wajib mengetahui bahwa busi merupakan komponen yang ibarat tombak dalam pengapian mesin. Sehingga keberadaannya sangat mempengaruhi sistem pembakaran yang ada di ruang bakar.

Jadi apabila busi tidak sesuai atau lemah, maka api yang dipercikkan juga akan semakin kecil yang membuat jalannya mesin menjadi tersendat.

5. Terjadi Kerusakan pada Salah Satu Sensor

Mobil tersendat saat akselerasi juga bisa terjadi akibat dari adanya kerusakan pada salah satu sensor. Umumnya pada mesin injeksi terdapat beberapa sensor yang bisa mengatur suplai bahan bakar dan juga udara.

Dimana jika salah satu sensor tersebut mengalami kerusakan, tentu data yang dikirim ke ECU (engine control unit) juga tidak akan akurat.

Dalam artian suplai bahan bakar yang dihasilkan pun menjadi tidak tepat atau sesuai kebutuhan. Tentu kondisi ini bisa membuat mesin mobil tersendat ketika dihidupkan atau digas.

Maka dari itu, anda sebaiknya rutin mengecek sensor yang ada di dalam mesin apakah tetap berfungsi dengan baik atau tidak.

Baca Juga: 5 Penyebab Mobil Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Semua masalah seperti di atas bisa terjadi apabila pemilik mobil tidak rutin membersihkan, dan mengecek kondisi kendaraannya. Jika masalah masih terbilang ringan, mungkin anda masih bisa mengatasinya seorang diri. Namun di luar penyebab di atas, bisa saja mesin tersendat ketika di gas terjadi karena hal lain yang lebih parah sehingga anda perlu membawanya ke bengkel. Selain rutin mengecek kondisi kendaraan, ada baiknya Anda mengasuransikan mobil Anda. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan proteksi mobil Anda. Melalui berbagai layanan fisik seperti Garda Center, Garda Akses, hingga non fisik seperti gardaoto.com, Garda Mobile Otocare.  pelanggan memiliki kemudahan dalam melakukan pembelian polis, pembayaran, hingga pengajuan klaim. #PeaceofMind