Terkadang, cara memarkir yang benar bagi pemula merupakan kendala yang sulit dihadapi. Bila tidak dilakukan dengan hati-hati, risiko mengenai kendaraan lain atau menabrak benda keras sangat mungkin terjadi.

Hal ini menjadi penilaian penting karena menyangkut masalah keselamatan saat berkendara di jalanan dan nyawa yang menjadi taruhannya. Mempelajari teknik parkir sangat perlu Anda ketahui. Banyak para pengendara yang melakukan teknik parkir mungkin belum benar. Berikut teknik parkir mobil yang perlu dilakukan

1. Parkir mundur

Parkir semacam ini sudah banyak diterapkan di berbagai tempat. Yang perlu diperhatikan adalah cara menentukan posisi mana yang sesuai untuk parkir. Namun, Anda perlu memastikan bahwa tempat parkir muat untuk ditempati dengan ukuran mobil. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah masih ada ruang untuk membuka pintu untuk keluar dari . Akan sangat percuma jika Anda parkir namun tidak bisa keluar. Gunakan Kaca spion atau sensor parkir untuk melihat visual yang jelas.

2.  Parkir Serong / Miring

Parkir semacam ini terbilang cukup sulit untuk dilakukan karena tidak banyak tempat parkir yang menggunakan parkir miring seperti ini.  Cara yang harus dilakukan adalah dengan membuat posisi mobil sedikit miring lalu memposisikan badan mobil sesuai dengan tempat parkir yang ingin ditempati. Setelah itu, jika posisi sudah pas Anda hanya tinggal mengundurkan badan mobil sesuai dengan tempat parkir yang disediakan. Teknik parkir ini memang agak sulit karena harus memposisikan badan mobil agak menyerong sesuai dengan yang terparkir terlebih dahulu.

3.  Parkir Paralel

Untuk melakukannya, Anda harus memberikan ruang bagian depan dan belakang serta berhadapan dengan mobil lain yang terparkir. Ruang kosong tersebut dimaksudkan untuk memberikan jalan keluar apabila Anda ingin bepergian atau melanjutkan perjalanan lagi. Tentu saja Anda harus memperhatikan kondisi mobil sekitar agar kendaraan lain dapat keluar dan tidak terhambat karena Anda memarkir dengan posisi yang salah.

4.  Parkir di Tanjakan

Parkir semacam ini sangatlah berbahaya apalagi berhenti di area tanjakan secara mendadak tanpa tahu cara parkir yang baik. Biasanya teknik parkir yang digunakan adalah parkir paralel. Anda harus memastikan kondisi mobil stabil agar tidak mengalami kemunduran maupun turun bebas sehingga perlu kehati-hatian. Tidak hanya itu saja, kendaraan yang masih menggunakan transmisi manual tentu perlu waspada dan tidak menjadi persoalan apabila kendaraan Anda sudah bertransmisi secara otomatis.

5.  Parkir di Garasi Sempit

Parkir di area yang luas bukanlah perkara yang sulit karena jangkauannya yang luas. Namun, akan sangat berbeda jika Anda berada di lahan parkir yang sempit. Perlu dilakukan teknik khusus agar kendaraan Anda dapat masuk ke dalam yaitu dengan menggunakan teknik parkir mundur. Teknik parkir ini juga perlu memperhatikan ruang gerak Anda saat keluar dari lahan parkir dan tempat untuk keluar dari mobil.

Mengetahui teknik memarkir mobil penting, karena jika tidak dilakukan dengan benar, risiko mengenai kendaraan lain atau menabrak benda keras sangat mungkin terjadi saat memarkir mobil. Untuk menjaga kendaraan Anda sertakan mobil Anda dengan yang menjamin perlindungan atas kendaraan Anda merupakan produk asuransi mobil dari Asuransi Astra yang selalu siap membantu para pelanggan dalam memberikan . Dengan , pelanggan bisa mengajukan klaim, membeli atau menutup polis dengan mudah.

Kini layanan juga telah hadir dalam aplikasi Garda Mobile Otocare yang dapat diakses melalui smartphone atau tab Anda atau juga dapat melalui situsyang bisa diakses kapanpun dan di mana saja, ditambah dengan adanya layanan baru di dalam Garda Mobile Otocare, yang berbasis Artificial Intelligence berupa chatbot yang bernama GarXia, yang juga dapat menjadi virtual assistant Anda dalam melakukan pembelian asuransi Garda Oto. Melalui Garda Mobile Otocare tersebut juga, pemegang polis akan lebih mudah untuk melakukan klaim atas kerugian yang dialami.

Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Anda bisa menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam. #PeaceofMind bersama Garda Oto.