Rem merupakan salah satu komponen penting dalam berkendara. BIla tidak diperhatikan atau dirawat dengan benar, maka hal ini dapat membahayakan keselamatan bagi diri sendiri dan juga orang lain. Ada beberapa kasus yang akar masalahnya berada pada rem yang rusak, sehingga menyebabkan blong (atau tidak berfungsi) saat digunakan. Untuk terhindar dari masalah tersebut, ada beberapa sumber masalah rem blong yang bisa diperhatikan.

1. Minyak Berkurang pada Rem

Penggunaan minyak pada rem sangat membantu dalam memaksimalkan kinerja rem mobil saat mengerem secara mendadak. Hal ini sangat berkaitan dengan laju kendaraan yang dibantu oleh minyak untuk menekan piston agar dapat memberikan tekanan pada kanvas. Nah, memastikan kondisi minyak rem sebelum pergi merupakan tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan selama berkendara.

2.  Piston atau Kanvas Mulai Aus

Mengganti piston atau kanvas yang telah aus sangat dianjurkan mengingat keselamatan adalah poin penting ketika harus bepergian jauh. Piston yang sudah aus dapat ditandai dengan bunyi suara kasar atau ngorok ketika menginjak rem . Meskipun pada mobil yang sudah berplat indikator, hal ini sudah biasa. Namun, jangan membuat Anda lengah karena hal sepele sangat berisiko tinggi untuk bisa terjadi kecelakaan di tengah perjalanan.

3. Kerusakan pada Seal Piston Master

Salah satu faktor penyebab rem blong/rusak yaitu terjadi kerusakan pada seal piston master. Kerusakan pada bagian ini dapat disebabkan oleh beberapa hal meliputi, kualitas minyak yang tidak sesuai dengan merek dan tipe kendaraan dan penggunaan rem yang sudah lama dan perlu diperbarui. Kerusakan pada seal piston master dapat membuat kinerja rem mobil menjadi blong dan tidak terkendali.

4. Sumbatan pada Selang Oli Bagian Rem

Tersumbatnya selang oli membuat minyak rem tidak bisa menekan piston. Hal ini disebabkan adanya kotoran yang masuk ketika pengisian minyak rem. Kotoran yang masuk membuat aliran fluida terhambat. Tidak hanya itu saja kotoran bisa berasal dari tangki cadangan. Tentu memeriksa dan membersihkan saluran oli yang menghubungkan piston secara rutin membuat kinerja rem semakin stabil.

5. Kebocoran pada Sistem Rem

Sistem rem sangat mempengaruhi kinerja saat melakukan pengereman. Apabila mengalami kerusakan akibat bocor yang terjadi pada master rem dan selang saluran rem membuat kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Tentu saja sebelum bepergian memeriksa kondisi bagian tersebut perlu dilakukan karena penggunaan lama dapat mempengaruhi kinerja dan tingkat elastisitas pada selang rem. Ketika Anda bepergian jauh, beristirahat sejenak sangat diperlukan agar mesin dapat bekerja secara optimal.

6. Kualitas Minyak Rem

Sistem rem mobil terganggu akibat adanya kotoran yang menyumbat saluran oli yang mengalirkan fluida untuk menekan piston agar dapat menekan kanvas saat pengereman. Selain adanya tangki tambahan atau cadangan dan proses memasukkan minyak rem, kualitas minyak juga sangat berpengaruh pada kinerja rem mobil.

Minyak rem yang dijual secara murah biasanya mudah mengendap dan menghasilkan kotoran yang mampu menghambat kinerja rem mobil. Penyebab rem mobil blong atau rusak ini perlu diperhatikan, sehingga untuk menjaga keselamatan saat berkendara Anda perlu memilih minyak rem yang berkualitas meskipun harganya terbilang mahal. Selain itu, Anda dapat mengasuransikan mobil Anda dengan asuransi mobil untuk memberikan perasaan aman dan nyaman selama Anda berkendara. hadir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan klaim kendaraan di berbagai lokasi, seperti kantor, rumah, atau pusat perbelanjaan. Anda juga dapat melakukan survei mobil di lokasi pilihan Anda. Setelah proses perbaikan mobil selesai, melayani antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel, sehingga akan menghemat waktu Anda saat bepergian atau urusan pekerjaan.Tak hanya itu, pun menawarkan berbagai keuntungan untuk pelanggan. Dengan memasukan Kode Promo: DIRUMAHAJA, pelanggan akan mendapatkan voucher diskon hingga Rp. 4.200.000. Serta jika Anda membeli di gardaoto.com Anda mendapatkan cicilan 0% dari beberapa bank yang bekerja sama. Anda dapat mengecek harga premi untuk kendaraan Anda. #PeaceofMind #DiRumahAja