Aman Berkendara Mobil Bersama Si Buah Hati

By | 2019-02-01T11:38:27+00:00 1 Februari, 2019|Blog|
Aman Berkendara Mobil Bersama Si Buah Hati

Aman Berkendara Mobil Bersama Si Buah Hati

Berkendara bersama buah hati memang menjanjikan pengalaman yang seru. Akan tetapi, yang harus menyadari bahwa perjalanan bersama si kecil juga menyimpan risiko sendiri. Terlebih lagi anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang umumnya selalu ingin bergerak aktif, hal ini pun juga bisa mengganggu konsentrasi Anda selama menyetir. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips berikut ini yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengajak anak berjalan-jalan menggunakan kendaraan.

  1. Kunci pintu mobil
    Bisa saja secara tak sengaja, anak membuka pintu mobil yang dalam kondisi sedang melaju. Tentu saja hal ini sangatlah berbahaya dan dapat mengancam keselamatan. Sebelum berjalan, pastikan bahwa pintu mobil telah terkunci dengan aman.
  2. Gunakan car seat
    Ternyata sudah menjadi kebiasaan banyak orang memangku anaknya ketika berkendara. Namun hal itu sebenarnya justru lebih berbahaya. Karena saat terjadi kecelakaan atau tabrakan, tubuh si kecil akan menjadi “tameng atau pelindung” yang memangkunya. Bahkan yang lebih parah, si kecil bisa terlempar keluar dari kaca depan. Nah, agar lebih aman, alangkah baiknya untuk meletakkan si kecil pada car seat. Pilihlah kursi yang sesuai dengan usia anak sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan.
  3. Awasi anak dari spion
    Mengawasi gerak-gerik anak saat duduk di bangku belakang adalah hal yang sifatnya refleks dan lumrah. Namun usahakan untuk tidak menoleh ke belakang hingga menggerakkan bahu Anda. Selain konsentrasi dan fokus yang tercerai, posisi bahu yang bergerak juga berpotensi mempengaruhi posisi kemudi. Ini berbahaya. Sebaiknya gunakan kaca spion atau pakai kaca tambahan khusus ke bangku anak.
  4. Lengkapi keperluan anak
    Jika akan melakukan perjalanan jarak jauh bersama anak, usahakan untuk membawa segala macam keperluannya. Selain halnya kebutuhan wajib seperti air minum, susu, makanan ringan dan popok. Usahakan pula Anda membawakan barang kesukaannya, seperti mainan favorit dan lain sebagainya untuk membantunya mengusir kebosanan.
  5. Sertakan kendaraan dengan asuransi
    Nah, Anda sebaiknya perlu memahami hal ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memberikan keamanan dalam berkendara adalah dengan mengikuti program asuransi. Jika kita memiliki asuransi mobil, maka biaya yang dibutuhkan saat mengajukan klaim akan lebih murah apabila dibandingkan saat kita menanggungnya sendiri. Salah satunya dengan Garda Oto, produk Asuransi Astra yang memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda. Bila Anda mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Caranya dengan menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi referensi Anda ketika berkendara bersama si kecil. Upayakan bijak dalam berkendara dan selalu utamakan keselamatan ya selama perjalanan.