Apa itu Busi? Tanda-Tanda Busi Mobil Perlu Diganti

Apa itu Busi? Tanda-Tanda Busi Mobil Perlu Diganti

Setiap kendaraan bermotor pasti memiliki busi. Fungsi busi cukup vital, terutama jika mobil sudah menunjukkan beberapa kendala tertentu. Anda harus melakukan penggantian busi secara berkala. Lantas, apa itu busi dan bagaimana ciri-ciri busi yang harus diganti?

Pengertian Busi

Busi merupakan komponen elektronik pada mobil yang sangat penting. Komponen ini penting karena dipakai dalam pembakaran campuran bensin dan udara yang dikompres melalui pergerakan piston.

Selain itu, busi juga difungsikan sebagai penarik energi panas yang tidak diinginkan dari dalam ruang pembakaran kemudian mengirim energi tersebut untuk mengisi sistem pendingin mobil. Tanpa adanya busi, pembakaran dalam ruang mesin dan komponen yang berkaitan dengan sistem gerak tidak akan berjalan secara maksimal.

Meski mempunyai ukuran yang relatif kecil, busi ternyata mempunyai susunan komponen yang terbilang sangat kompleks. Mulai dari bagian terminal, insulator, soket hex, hingga bagian center electrode dengan fungsinya masing-masing. Jenis busi pada mobil ternyata juga beragam seperti busi standar, busi platinum, hingga busi iridium.

Tanda Busi Mobil Harus Diganti

Busi Mobil sangatlah penting karena apabila busi mengalami kerusakan, maka sistem pengapian juga tidak akan berjalan dengan maksimal. Terlebih, busi juga memiliki masa pemakaian tertentu yang bisa membuat kinerjanya menurun seiring dengan penggunaan kendaraan.

*Baca Juga: Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Akan lebih baik jika Anda tidak menunggu busi rusak parah. Nah, kenali beberapa tanda berikut untuk mengetahui apakah busi pada mobil Anda harus ganti atau tidak.

1. Mobil susah di-starter

Salah satu ciri busi pada mobil yang perlu segera dicek dan diganti yakni ketika mobil terasa lebih susah saat di-starter. Apalagi, busi memang memiliki hubungan yang cukup erat dengan sistem starter mobil di mana sistem pengapian ini bertugas mengolah bahan bakar sehingga mobil dapat dinyalakan.

Jika busi mengalami kerusakan, sudah pasti sistem pengapian akan terganggu dan bahan bakar yang tersedia tidak dapat diolah menjadi tenaga yang menggerakkan mobil. Alhasil, Anda akan kesulitan men-starter mobil tersebut.

Sebelum melakukan penggantian busi, ada baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika busi kotor karena tertutup jelaga pembakaran, coba bersihkan. Apabila busi terlihat usang, segera lakukan penggantian dengan busi yang baru.

2. Terasa getaran saat mobil dalam kondisi idle

Getaran pada mobil sejatinya merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Pasalnya, getaran dapat muncul karena adanya mesin mobil yang bekerja. Berbeda halnya jika getaran tersebut terjadi ketika posisi idle, yakni mobil tidak bergerak padahal mesin dalam keadaan nyala.

Ketika mobil dalam posisi seperti ini, putaran mesin cenderung lebih halus sehingga minim getaran. Jika ada getaran saat posisi idle, tentu saja patut dicurigai karena putaran mesin mengalami hambatan dengan Busi Mobil yang usang menjadi penyebabnya.

Jika disertai dengan pedal gas yang berat ketika mobil sedang idle, maka busi yang rusak pasti akan menyebabkan putaran mesin menjadi terhambat. Tidak jarang, hal ini akan membuat kinerja mobil menjadi seakan tidak bertenaga sehingga segera lakukan penggantian busi jika hal tersebut terjadi.

3. Adanya bunyi ‘brebet’ pada mobil

Munculnya bunyi brebet pada mobil juga bisa menjadi penanda bahwa busi harus segera diganti. Sama halnya dengan getaran, pada dasarnya bunyi mesin mobil merupakan suatu hal yang wajar. Akan tetapi jika bunyi tersebut aneh, tentu saja bisa menjadi peringatan jika ada yang salah dengan komponen dalam mobil tersebut.

Contohnya seperti bunyi brebet ketika mesin berakselerasi. Akselerasi mobil akan membuat kecepatan mesin berubah dan RPM mesin akan naik. Hal ini akan membuat kinerja mesin dan busi bertambah sehingga jika busi rusak, maka kinerjanya akan menjadi lebih berat dan menimbulkan bunyi aneh itu.

Itulah beberapa tanda yang membuat Anda harus segera mengecek busi pada mobil Anda. Jika setelah dicek ada masalah pada busi seperti warna yang menjadi lebih gelap dan usang, maka Anda harus segera melakukan penggantian. Jangan sampai masalah kecil bisa menjadi semakin besar hanya karena Anda lalai dalam mengecek dan mengganti busi secara berkala.

*Baca Juga: 5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

Nah jangan lupa untuk selalu melindungi mobil Anda dari berbagai risiko dengan asuransi mobil Garda Oto. Tidak lupa, Garda oto juga memberikan jaminan hasil kinerja bengkel dan suku cadang, termasuk berbagai komponen, seperti Busi Mobil dan sebagainya. Jadi, tunggu apa lagi, segera isi kelengkapan data diri dan kendaraan secara online disini  dan aktifkan polis Anda sekarang juga!