Apa Kelebihan dan Kekurangan Fitur Keyless Mobil?

Apa Kelebihan dan Kekurangan Fitur Keyless Mobil?

Teknologi yang digunakan dalam industri otomotif semakin berkembang. Anda bisa melihatnya dari beragam fitur terbaru yang dikeluarkan. Salah satunya adalah keyless mobil yang menghadirkan tombol start/stop engine.

Keyless entry adalah teknologi tanpa kunci yang sudah dihadirkan oleh berbagai produsen, baik mobil premium bahkan mobil murah. Teknologi baru ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Apa saja itu? Berikut ulasan selengkapnya.

Kelebihan Keyless Mobil

Cara kerja dari fitur keyless entry ini menggunakan sensor yang ada pada perangkat mobil dan kunci. Canggih bukan? Secara umum, mobil dengan fitur tanpa kunci ini menawarkan beberapa keuntungan seperti berikut.

  1. Aman dan terjamin

Kendaraan yang sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry menggunakan teknologi sensor untuk membuka mobil. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri karena sistemnya yang lebih rumit sehingga mobil tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. Fitur keyless entry dapat menghindari terjadinya pencurian mobil karena akan susah untuk membuka pintu mobil.

*Baca Juga: Alarm Mobil Suka Bunyi Sendiri? Begini Cara Mengatasinya

Selain itu, fitur ini juga membantu  pemilik mobil yang masih sering khawatir mobilnya sudah dikunci atau belum. Beberapa fitur keyless entry dilengkapi juga dengan pengunci otomatis. Artinya, saat kendaraan ditinggalkan dalam jarak tertentu, maka pintu mobil akan otomatis terkunci.

  1. Praktis

Teknologi keyless entry menghadirkan sebuah kemudahan dan kepraktisan bagi para pemilik mobil. Anda tidak perlu memasukkan kunci mobil untuk membuka pintu dan menyalakan mesin. Anda cukup mendekati kendaraan dan sensor akan menerima sinyal untuk membuka pintu secara otomatis.

Jika Anda akan menyalakan mesin mobil, Anda cukup menekan satu tombol saja dan mesin akan menyala. Praktis bukan? Bagi Anda yang sering ribet dengan kunci mobil, kendaraan yang dilengkapi keyless entry ini bisa menjadi solusinya.

Kekurangan Keyless Mobil

Dibalik kepraktisan keyless mobil, terdapat kelemahan dari fitur ini. Berikut beberapa kekurangan dari fitur keyless entry yang perlu Anda ketahui.

  1. Baterai lemah

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari keyless entry adalah baterai yang berkurang. Selalu ada kemungkinan perangkat kunci modern ini akan kehabisan baterai saat digunakan.

Teknologi ini memang mengandalkan baterai untuk dapat bekerja memancarkan sensor. Apabila baterai habis, tentu saja fungsinya tidak bisa digunakan.

Pada umumnya untuk perangkat kunci modern ini memiliki baterai yang dapat bertahan selama kurang lebih 3 tahun. Lampu indikator akan menyala apabila kondisi baterai pada kunci tersebut sudah mulai berkurang.

Pada saat lampu indikator menyala, kunci mungkin masih bisa mengeluarkan sinyal kecil untuk kerja keyless entry. Namun ada baiknya untuk segera mengisi ulang baterai apabila gejalanya sudah muncul.

  1. Perangkat kunci rusak

Perangkat kunci ini juga dapat mengalami kerusakan layaknya benda pada umumnya. Kerusakan kunci membuat pengendara harus kembali menggunakan kunci konvensional untuk membuka pintu dan menyalakan mesin mobil.

Bagian pemancar pada keyless entry atau yang disebut sebagai hopping code dapat mengalami kerusakan setelah beberapa kurun waktu digunakan. Apabila bagian pemancar ini rusak, maka Anda harus mengganti perangkat yang baru ke bengkel resmi.

*Baca Juga: Cara Mudah Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Selain faktor dari perangkat itu sendiri, kunci mobil ini juga dapat mengalami kerusakan karena faktor luar. Misalnya saja kunci sering terjatuh, terhimpit benda keras, atau tidak sengaja terendam air. Jika hal tersebut sering terjadi, kerusakan kunci mobil bisa lebih cepat.

  1. Error komunikasi

Selanjutnya, kunci mobil yang rusak dapat menyebabkan kesalahan saat menjalankan perintah atau komunikasi. Kerusakan keyless entry dapat terjadi karena ada permasalahan pada piranti lunaknya.

Contohnya adalah kerusakan berupa gangguan pada gelombang radio hingga menyebabkan kunci tidak dapat berfungsi. Gangguan ini bisa saja muncul ketika perangkat sedang berada di daerah yang memiliki gelombang sinyal tinggi.

Jika Anda sedang berada di area dekat pemancar radio atau BTS provider ponsel, keyless entry yang Anda miliki mungkin akan terganggu fungsinya. Anda akan kesulitan untuk membuka pintu mobil atau menyalakan mesin menggunakan keyless entry.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai keyless mobil yang bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membelinya. Fitur keyless entry ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun biasanya produsen tetap akan memberikan kunci mobil yang biasa untuk cadangan apabila kunci canggih tersebut tidak bisa digunakan

Kerusakan dan berbagai risiko lainnya memang perlu diwaspadai oleh setiap pemilik kendaraan. Bukan hanya karena masalah dari perangkat mobil, tetapi bisa juga dari luar seperti pencurian. Oleh sebab itu, penting untuk melindungi mobil kesayangan Anda dengan asuransi mobil.

Anda dapat memilih asuransi mobil Garda Oto sebagai proteksi terbaik bagi mobil Anda. Garda Oto memberikan kemudahan pembelian produk serta melindungi mobil dari kerusakan akibat pencurian, kecelakaan, bencana alam, dan faktor eksternal lainnya. Anda juga bisa memperluas proteksi sesuai perlindungan yang Anda butuhkan.