Apa itu Overhaul Mesin? Apa Bedanya dengan Tune Up

Apa itu Overhaul Mesin? Apa Bedanya dengan Tune Up

Overhaul mesin merupakan proses membongkar mesin yang bermasalah untuk bisa diperiksa dengan lebih teliti. Proses ini sendiri lebih dikenal dengan istilah turun mesin. Beberapa dari Anda mungkin tak asing dengan istilah ini.

Mempunyai mobil tentu harus disertai pemahaman akan cara merawatnya. Jika Anda mempunyai mobil yang cukup lama usianya, maka sebaiknya melakukan overhaul dengan rutin. Kemudian apakah perbedaannya dengan tune up? Berikut pembahasan selengkapnya tentang overhaul.

Arti dari Overhaul

Overhaul atau turun mesin merupakan proses pembongkaran mesin yang bermasalah untuk bisa diperiksa dengan lebih teliti. Penggantian komponen-komponen mesin yang bermasalah juga dilakukan pada proses overhaul.

Overhaul merupakan service berat yang dilakukan terhadap mesin mobil bila mengalami kerusakan karena penggunaan dengan waktu yang cukup lama. Berdasarkan arti overhaul tersebut bisa disimpulkan bahwa service berat ini diperlukan jika bagian dalam mesin mobil mengalami kerusakan.

*Baca Juga: Manfaat Service Berkala untuk Mobil Kesayangan Anda

Dalam melakukan overhaul, terdapat beberapa hal yang harus untuk dilakukan. Pertama, yang harus dilakukan adalah membongkar serta memperbaiki komponen pada mesin yang rusak. Mengganti dan memasang komponen kembali dengan tepat juga wajib dilakukan dalam overhaul.

Berdasarkan arti overhaul mesin tersebut, Anda tak dianjurkan sembarangan dalam melakukannya. Analisis serta perhatian lebih terhadap kondisi mobil juga diperlukan sebelum proses overhaul supaya penanganannya sesuai dengan gejala yang muncul.

Ciri-ciri Diperlukannya Overhaul

Sebelumnya disebutkan bahwa overhaul perlu dilakukan dengan rutin pada mobil berusia cukup tua. Mengenai hal ini, mobil yang membutuhkan overhaul mempunyai beberapa ciri khas. Berikut pembahasannya.

  • Knalpot mengeluarkan asap putih

Ciri pertama untuk mengetahui mobil memerlukan overhaul adalah knalpot mengeluarkan asap berwarna putih. Tak hanya itu, bau yang dikeluarkan juga tak sedap seperti busi yang terbakar.

Asap putih dari knalpot memang kerap dikeluarkan oleh mesin dengan usia cukup tua. Asap putih umumnya menjadi pertanda bahwa kinerja mesin kendaraan Anda mulai mengalami penurunan.

Jika mobil Anda mengeluar asap berwarna putih maka sebaiknya bawa segera ke bengkel untuk berkonsultasi. Langkah overhaul yang nantinya dilakukan umumnya juga tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi di bagian dalam mesin mobil.

  • Suhu mesin yang terus meningkat

Ciri kedua untuk mengetahui overhaul adalah suhu mesin yang terus meningkat sekalipun dalam kecepatan yang rendah. Peningkatan suhu mesin yang terus-menerus bisa menyebabkan overheat.

Anda perlu mengetahui bahwa overheat bisa membuat mesin kendaraan mati secara tiba-tiba. Guna mengatasi hal tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan temperature mesin dan jangan langsung menyalakannya sebab bisa membuat suhunya semakin meningkat.

  • Berkurangnya air radiator

Berkurangnya air radiator dengan cepat juga menjadi ciri diperlukannya overhaul pada mesin mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera membawa mobil ke bengkel untuk bisa dilakukan pengecekan pada komponen radiator mobil.

  • Kepala busi basah karena oli

Ciri berikutnya diperlukan overhaul adalah kepala busi basah karena oli. Busi yang basah juga merupakan pertanda bahwa oli bisa menimbulkan ruang kompresi mudah terbakar karena telah masuk kedalamnya. Kepala busi mobil Anda juga nantinya berubah warna menjadi hitam.

  • Air radiator berminyak

Air radiator berminyak juga termasuk ciri-ciri Anda perlu melakukan overhaul pada mesin kendaraan. Air radiator yang berminyak umumnya karena oli yang masuk ke saluran air radiator ataupun air yang masuk ke ruang kompresi kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Overhaul

Waktu yang tepat untuk overhaul mesin ini berbeda bagi setiap kendaraan. Anda perlu mengetahui bahwa hal ini tergantung dari perawatan yang Anda berikan sebagai seorang pemilik kendaraan.

Jika Anda rajin dalam merawat kendaraan maka overhaul bisa dilakukan dengan jangka waktu cukup lama. Tak hanya itu saja, hal ini pun tergantung penggunaan kendaraan. Bila salah satu dari ciri-ciri di atas mulai muncul, maka segera lakukan overhaul.

Perbedaan Overhaul dan Tune Up Secara Umum

Jika dilihat dari pengertian overhaul, mungkin beberapa dari Anda bingung akan perbedaan antara overhaul dan tune up. Overhaul dan tune up merupakan dua hal berbeda dalam arti memperbaiki mesin kendaraan kesayangan Anda.

Dari artinya, overhaul adalah proses membongkar mesin kendaraan guna memperbaiki komponen-komponen dalam mesin yang mengalami kerusakan. Sedangkan tune up adalah suatu cara untuk mengembalikan performa mesin seperti sedia kala tanpa membongkar secara menyeluruh.

*Baca Juga: Mengenal Tune Up Mobil dan Bagian – Bagiannya

Sebaiknya Anda rutin melakukan tune up mobil minimal enam bulan sekali saat kendaraan telah memunculkan beberapa gejala kerusakan. Dengan melakukan tune up maka Anda bisa mencegah mesin mobil Anda mengalami kerusakan lebih parah, bahkan hingga memerlukan overhaul.

Demikian pembahasan tentang overhaul dan perbedaannya secara umum dengan tune up. Untuk menghindari risiko darurat terjadi, Anda bisa melindungi kendaraan Anda dengan asuransi kendaraan dari Garda Oto.

Sebagai asuransi mobil terbaik, Garda Oto memberikan berbagai layanan seperti bantuan darurat Garda Siaga 24 jam serta garansi hasil kerja bengkel dan jaminan suku cadang asli.