Apa Itu Visa Schengen?

Apa Itu Visa Schengen?

Negara-negara Eropa memang terkenal dengan keindahan yang dimilikinya. Tidak heran apabila kemudian banyak orang yang lantas tertarik untuk mendatangi berbagai negara di Eropa tersebut. Baik itu dengan tujuan untuk melakukan liburan hingga tujuan melakukan bisnis. Namun apapun tujuan Anda mengunjungi negara-negara Eropa ternyata tidak bisa dilakukan begitu saja.

Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi dulu sebelum bisa menginjak kaki Anda di Eropa. Salah satu persyaratan utamanya adalah dengan memiliki Visa Schengen. Masalahnya adalah bagi mereka yang belum pernah bepergian ke luar negeri maka belum terlalu familiar dengan jenis visa satu ini. Namun Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena akan diberikan penjelasan lebih detailnya seperti berikut ini.

Pengertian Visa Schengen

Apa itu Visa Schengen? Pastinya adalah sebuah pertanyaan yang ingin diketahui oleh banyak orang. Sederhananya ketika Anda ingin melakukan kunjungan ke luar negeri maka Anda harus memiliki visa terlebih dulu. Namun khusus untuk negara yang tergabung dalam member Schengen maka Anda harus memiliki visa Schengen. Baik itu untuk tujuan dalam melakukan liburan ataupun kepentingan berbisnis.

Bagi Anda yang belum tahu, visa Schengen ini juga tidak bisa dilepaskan dari kehadiran Perjanjian Schengen. Perjanjian ini sendiri diciptakan diresmikan pada tahun 1985 di Schengen, Luxembourg. Tidak heran apabila kemudian nama perjanjian ini menjadi perjanjian Schengen.

Isi perjanjian tersebut adalah membahas tentang rencana penghapusan pengawasan perbatasan antar negara yang ada di Eropa. Hal ini jelas akan jauh lebih memudahkan bagi Anda yang sedang atau ingin melakukan perjalanan ke negara yang masuk ke dalam member Schengen tersebut.

Zona Negara yang Masuk Schengen

Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah zona negara mana saja yang masuk ke dalam perjanjian Schengen? Hal ini jelas tergolong wajar agar nantinya Anda bisa mengira apakah negara yang Anda tuju termasuk ke dalam perjanjian tersebut atau tidak.

Negara-negara yang masuk ke dalam zona Schengen mulai dari Belgia, Republik Ceko, Estonia, Denmark, Finlandia, Perancis, Hongaria, Jerman, Yunani, Italia, Lithuania, Portugal, Polandia, Slovenia, Swedia, Spanyol hingga masih banyak lagi. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengandalkan internet untuk dapat informasi lebih lengkapnya.

Masa Berlaku Visa

Tak ubahnya sebuah visa maka Visa Schengen juga memiliki masa berlakunya. Tentunya Anda harus mematuhi masa berlaku tersebut supaya terhindar dari berbagai masalah nantinya. Untuk Visa Schengen ini maka masa berlakunya sekitar 90 hari untuk durasi waktu yaitu 6 bulan. Tidak heran apabila jenis visa ini tidak cocok digunakan bagi Anda yang ke Eropa dalam tujuan belajar. Soalnya tujuan belajar pastinya memakan waktu yang jauh lebih lama.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya pertanyaan apa itu Visa Schengen? Jadi bagi Anda yang berencana untuk membuat visa Schengen maka sudah tidak perlu bingung lagi, dan bisa menggunakan Asuransi perjalanan Garda Trip. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang produk asuransi perjalanan Garda Trip atau program promosi yang kami tawarkan bulan ini, Anda dapat mengunjungi halaman www.gardaoto.com/garda-trip/promo cukup dengan mengisi aplikasi pembelian asuransi Garda Trip melalui website Gardaoto.com, perjalanan Anda bisa langsung terlindungi sesuai dengan paket perlindungan yang Anda butuhkan. #PeaceofMind