Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil

Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin mobil

Memiliki kendaraan, memang tak selamanya lancar. Terkadang ada beberapa kendala kecil yang membuat performa kendaraan menjadi berkurang. Hal tersebut juga berlaku untuk mobil. Salah satunya berhubungan dengan oli.

Oli sangat diperlukan oleh mobil sebagai pelumas. Hal yang bikin jengkel pengendara mobil salah satunya adalah ketika oli berkurang sedikit demi sedikit karena kebocoran atau biasa disebut oli rembes.

Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena membuat performa mobil kita menjadi berkurang dan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Salah satu solusi untuk mengatasi itu semua adalah dengan menambah oli yang telah berkurang atau bisa juga dengan mengganti oli baru.

Namun, meski anda sudah melakukan hal tersebut masalah akan selesai begitu saja. Solusi tersebut hanya untuk sementara saja karena tidak memperbaiki masalah sebenarnya. Selain itu pastikan juga oli yang anda tambahkan dan oli baru memiliki komposisi dan sifat yang sama. Jangan sampai karena perbedaan jenis oli membuat masalah baru.

Nah, untuk mengatasi masalah sebenarnya yakni menghentikan rembesan oli pada mobil tanpa harus membongkar mesin.

Ring mobil

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat masalah ini terjadi adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian ring mobilnya. Ring ini berfungsi untuk mencegah rembesan oli ataupun oli berkurang dengan sendirinya.

Beberapa masalah yang terjadi adalah ring yang tak terpasang dengan benar, hilang, jatuh atau beberapa penyebab lainnya. Jika memang ring mobilnya sudah hilang, maka tak ada jalan lain kecuali membeli ring yang baru.

Seal tape

Jika ring tidak ada pada karter oli maka anda dapat mengakali dengan menggunakan seal tape. Mirip dengan ring, Seal tape ini sangat berguna untuk mencegah kebocoran atau rembesan oli pada bagian karter.

Meski hasilnya tidak sebaik penggunaan ring, namun seal tape tetap bisa menjadi solusi alternatif. Caranya pun mudah anda hanya perlu membungkus semua ulir yang ada di baut menggunakan seal tape.

Step selanjutnya anda harus memastikan bahwa karter oli anda sudah terpasang dengan benar. Karena apabila karter oli anda tidak kencang atau kendor maka rembesan oli pun akan kembali terjadi. Hasilnya, anda harus merogoh kocek kembali untuk membeli oli baru lagi.

Baut mobil

Tips yang terakhir adalah memastikan bahwa baut yang ada di bagian mobil anda tidak ada yang miring atau hilang. Memang hal ini berpengaruh? Mungkin anda akan bertanya demikian.

Tapi fakta sesungguhnya, hal ini cukup berpengaruh terhadap oli. Karena jika bautnya dalam posisi miring maka akan terasa sangat berat dan akhirnya akan merusak baut dan juga ulir karter dengan sendirinya. Cara simpel supaya baut tidak miring lagi adalah dengan memasang baut dengan kencang, anda pun bisa mengencangkannya dengan kunci.

Nah, demikian sedikit info dan tips cara mengganti oli rembes tanpa membongkar mesin. Cukup gampang bukan? Sudah sewajarnya bila Anda harus bertanggung jawab penuh terhadap kondisi mobil Anda, dengan rutin merawatnya kendaraan kesayangan Anda. Sebaiknya Anda juga mengasuransikan mobil Anda dari sekarang. Biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan saat kendaraan roda empat mengalami masalah serius akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlampau mahal untuk perbaikan.

Garda Oto sebagai produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap membantu setiap orang dalam memberikan proteksi terbaik untuk kendaraan mobil Anda. Pelanggan bisa mengajukan klaim, membeli atau menutup polis dengan mudah.

Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, Garda Akses siap memberikan pelayanan yang terbaik. Anda bisa menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 dengan akses layanan 24 jam. #PeaceofMind