Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk finansial yang populer di tengah masyarakat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, hampir 70% masyarakat Indonesia memiliki keikutsertaan dalam jenis asuransi tersebut.

Pada dasarnya asuransi kesehatan menawarkan jaminan finansial ketika individu atau keluarga mengalami situasi yang memerlukan bantuan medis. Dengan kata lain, perawatan kesehatan dapat berjalan tanpa adanya hambatan keuangan lagi. Inilah yang menjadi motivasi banyak orang untuk memiliki asuransi kesehatan, salah satunya untuk keperluan rawat jalan.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan yaitu  jenis asuransi yang menanggung biaya obat-obatan, medis maupun bedah terhadap pemegang polis. Asuransi ini bisa mengganti sebagian atau seluruh biaya pengeluaran medis akibat cedera atau sakit dan biaya perawatan medis langsung, termasuk saat Anda rawat jalan.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya tersebut sesuai dengan ketentuan polis. Syarat ini sudah dicantumkan dalam kontrak perjanjian kerja sama antara perusahaan asuransi dengan nasabah. Jadi, perusahaan tidak akan menanggung biaya lain yang tidak tertulis dalam surat perjanjian.

Apakah penting memiliki asuransi kesehatan? Tentu saja! Karena asuransi ini bisa diibaratkan sebagai payung kesehatan diri bersama keluarga. Dengan adanya payung tersebut, Anda dan keluarga bisa lebih siap menghadapi risiko penyakit atau kecelakaan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Manfaat Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika membeli asuransi kesehatan rawat jalan, yaitu:

  • Meminimalkan Kerugian Uang

Dengan mendaftarkan diri untuk mendapatkan asuransi kesehatan, Anda bisa mengurangi beban finansial karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan ketentuan berlaku. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuka celengan dana darurat atau tabungan yang disimpan untuk keperluan lain.

  • Memberikan Perlindungan untuk Keluarga

Tidak hanya sebagai proteksi diri, asuransi ini bisa menanggung biaya kesehatan anggota keluarga sehingga biaya medis tidak lagi dibebankan pada anak, pasangan, atau orang tua karena sudah ditopang oleh perusahaan asuransi.

  • General Check-Up

Asuransi kesehatan juga bisa digunakan jika kamu ingin melakukan general check-up. Bahkan, obat-obatan yang harus dibeli sesuai anjuran dokter pun bisa ditanggung oleh asuransi tanpa menanggung biaya tinggi.

  • Kacamata

Beberapa Asuransi kesehatan juga memberikan perlindungan kepada mereka yang memiliki mata minus atau plus. Perusahaan asuransi akan menutupi biaya lensa dan frame kacamata asalkan Anda memiliki surat pengantar dari dokter mata.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan bisa dibedakan berdasarkan jenis perawatannya. Pertama, jenis perawatan rawat inap yang berarti biaya perawatan ditanggung ketika harus dirawat inap. Kedua adalah jenis rawat jalan di mana biaya perawatan medis seperti cek laboratorium, pembelian obat-obatan sampai diagnosis dokter ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun, secara garis besar, asuransi kesehatan sendiri terbagi dalam jenis-jenis berikut ini:

  • Asuransi Kesehatan Wajib

Asuransi ini diberlakukan wajib dan harus mengikuti aturan tertentu, misalnya asuransi kesehatan yang diikuti pekerja.

  • Asuransi Kesehatan Sukarela

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai penerima asuransi sesuai dengan kebutuhan individu. Dengan kata lain, jenis asuransi kesehatan ini dilakukan secara bebas.

  • Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi ini hanya memberikan proteksi diri saja tanpa investasi sehingga premi yang dibayarkan akan disimpan dan digunakan saat nasabah mengajukan klaim.

  • Asuransi Kesehatan Unit Link

Tidak hanya proteksi diri, Anda juga akan mendapat investasi jika mendaftarkan diri menjadi pemegang polis asuransi kesehatan unit link.

  • Asuransi Kesehatan Reimbursement

Dalam jenis asuransi kesehatan ini, nasabah membayar terlebih dahulu biaya perawatan atau pengobatan. Selanjutnya, barulah mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi untuk memperoleh reimbursement.

  • Asuransi Kesehatan Cashless

Asuransi kesehatan ini lebih banyak dipilih nasabah karena mereka tidak perlu membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Semuanya sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  • Asuransi Kesehatan Anak

Asuransi ini menutupi biaya medis, obat-obatan, dan perawatan langsung kepada anak-anak saja. Dengan adanya asuransi kesehatan anak, orang tua bisa lebih siap menghadapi risiko ketika Si Kecil memerlukan bantuan medis.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Rawat Jalan yang Tepat

Di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli asuransi kesehatan, yaitu:

  • Pahami Dulu Kebutuhan

Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu paket asuransi mana yang dibutuhkan. Sehingga nantinya Anda akan memperoleh manfaat yang tepat dari produk asuransi kesehatan tersebut.

  • Proses Klaim yang Mudah

Pastikan perusahaan asuransi pilihan Anda menyediakan proses klaim yang mudah. Hal ini berguna untuk mengurangi beban di saat genting atau Anda membutuhkan asuransi kesehatan di kemudian hari. Selain menghemat biaya, prosesnya pun tidak memakan waktu lama.

  • Layanan yang Fleksibel

Tidak hanya mudah, pilihlah perusahaan asuransi yang fleksibel untuk memperlancar Anda  mengubah premi atau manfaat asuransi. Ini penting jika Anda ingin menyesuaikan asuransi dengan rencana keuangan masa depan.

  • Pilih Asuransi dengan Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Pastikan produk asuransi kesehatan yang Anda pilih sudah memiliki jaringan rumah sakit luas. Sehingga nantinya akan memudahkan Anda ketika dalam situasi darurat dan harus segera mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

  • Pastikan Perusahaan Asuransi yang Dipilih Terjamin Kualitasnya

Banyak perusahaan asuransi kesehatan yang muncul. Namun, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan asuransi yang dipilih sudah terjamin kredibilitasnya dan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Memiliki asuransi kesehatan memang diharuskan karena akan berguna bagi proteksi diri dan keluarga di masa depan. Itu sebabnya memilih asuransi haruslah dari perusahaan yang terpercaya dan memahami kebutuhan nasabahnya, seperti asuransi kesehatan Garda Healthtech.

Garda Healthtech akan melindungi sehat Anda lewat jaminan konsultasi online dan tatap muka dengan dokter umum/spesialis serta pembelian obat yang diresepkan. Asuransi kesehatan Garda Healthtech sudah tersedia dalam tiga paket, yaitu FIT, CLASSY, dan ULTIMA. Anda hanya tinggal memilih paket asuransi kesehatan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Referensi:

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2023/06/27/asuransi-kesehatan-adalah
https://www.fwd.co.id/id/fwdmax/passionstory-financial-literacy/asuransi-kesehatan-definisi-jenis-dan-fungsinya/
https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/pentingnya-memiliki-asuransi-kesehatan-di-zaman-sekarang
https://www.cermati.com/artikel/asuransi-kesehatan-pengertian-jenis-hingga-cara-klaimnya