Seberapa Pentingkah Asuransi Perjalanan? Berikut ManfaatnyaDengar banyaknya tempat wisata menarik, wajar saja jika masyarakat Indonesia memiliki hobi traveling. Sayangnya, masih banyak wisatawan yang hanya berfokus pada itinerary dan budget traveling. Padahal, ada satu lagi aspek penting yang tak boleh dilewatkan, yaitu asuransi perjalanan.

Berbeda dari asuransi lainnya, asuransi perjalanan diperlukan untuk menanggung biaya kerugian saat melakukan perjalanan, baik secara domestik maupun mancanegara. Saking pentingnya, negara-negara di Amerika dan Eropa mewajibkan para traveler untuk memiliki asuransi perjalanan saat bepergian.

Sebagai traveler, Anda pun perlu memiliki asuransi perjalanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Agar lebih memahami tentang jenis asuransi ini, simak dulu informasi berikut!

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada pemegang polis terhadap segala risiko yang mungkin terjadi ketika sedang melakukan perjalanan dalam maupun luar negeri.

Banyak negara telah mewajibkan kepemilikan asuransi perjalanan. Apalagi jika Anda memiliki mobilitas tinggi, memiliki asuransi jenis ini bisa menekan dampak finansial dari risiko kerugian yang mungkin terjadi ketika sedang dalam perjalanan. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menekan biaya saat perjalanan.

Manfaat Asuransi Perjalanan

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika memiliki asuransi perjalanan:

  • Ganti Rugi Penundaan Penerbangan

Masalah yang sering terjadi ketika ingin bepergian jauh menggunakan pesawat yaitu penundaan keberangkatan atau pergeseran jadwal penerbangan. Dengan adanya proteksi dari asuransi perjalanan, Anda akan mendapat kompensasi dengan syarat yang tercatat dalam polis.

  • Ganti Rugi Bagasi

Mungkin saja barang bawaan Anda hilang akibat kerusakan maupun kelalaian maskapai. Jika mempunyai travel insurance, Anda akan mendapatkan jaminan ganti rugi dari pihak perusahaan asuransi tersebut.

  • Mengganti Biaya Perjalanan dalam Situasi Darurat

Situasi darurat ini berlaku jika terdapat kondisi genting seperti meninggal saat perjalanan atau orang tua sakit sehingga Anda harus kembali ke kota asal secepat mungkin. 

Dengan adanya asuransi perjalanan, biaya yang dikeluarkan untuk keadaan tersebut bisa dialihkan ke perusahaan asuransi.

  • Kompensasi Kehilangan Dokumen

Tanggungan kehilangan dokumen pun akan diberikan jika nasabah kehilangan surat-surat penting  saat melakukan perjalanan. 

  • Pendampingan Biaya Hukum

Asuransi perjalanan juga bisa memberikan pendampingan hukum maupun kompensasi yang dihadapi ketika sedang mengalami masalah hukum selama perjalanan.

  • Perlindungan Rider (Tambahan)

Jika Anda menambah biaya premi, perusahaan akan memberikan perlindungan tambahan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Contoh perlindungan tambahan yaitu bepergian ke daerah rawan perang, perlindungan terhadap pre-existing condition, atau saat melakukan olahraga ekstrem.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan terbagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya:  

  • Asuransi Perjalanan Keluarga

Asuransi ini disebut juga group travel insurance. Biaya yang ditawarkan pun bisa disesuaikan dengan jumlah nasabah dalam satu asuransi tersebut. Jenis asuransi ini sebaiknya dipilih jika Anda hendak bepergian bersama keluarga.

  • Berdasarkan Mobilitas Bepergian

Terdapat dua jenis asuransi ini yaitu annual travel Insurance dan single trip insurance. Kedua asuransi tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Misalnya, jenis annual diperuntukkan bagi orang yang sering bepergian, sedangkan jenis Single dipergunakan oleh orang yang bepergian sesekali saja.

  • Asuransi Khusus Umrah dan Haji

Asuransi perjalanan jenis ini diberikan khusus kepada peserta yang ingin berangkat umrah atau haji. Biasanya asuransi ini sudah tersedia sekaligus dalam paket travel ke tanah suci.

  • Student Assist

Khusus bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri.  Biasanya, asuransi student assist sudah dicantumkan langsung oleh pihak instansi pendidikan di luar negeri. Apalagi bagi pelajar penerima beasiswa.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat

Berikut tips memilih asuransi perjalanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda:

  • Luangkan Waktu Khusus

Untuk membeli asuransi, Anda harus meluangkan waktu yang tidak terlalu mendekati waktu perjalanan. Tujuannya agar bisa fokus memilih produk asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda.

  • Baca Secara Detail Manfaat yang Akan Didapatkan

Jangan malas membaca panduan dari asuransi yang diinginkan. Sebab, di dalamnya tercantum hal-hal penting seperti harga, paket asuransi, manfaat yang akan didapatkan, dan apa saja yang dikecualikan. 

Jika membaca secara rinci terlebih dahulu, Anda bisa mempertimbangkan mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Pilih Perusahaan Asuransi yang Memiliki Kredibilitas Tinggi

Apa pun kondisinya, nasabah tetap menginginkan kemudahan, jaminan keamanan, kepercayaan, dan kecepatan klaim dari produk yang dibeli. Untuk itu, pilihlah perusahaan asuransi perjalanan yang memiliki nama besar dan berkredibilitas tinggi.

Untungnya Anda tidak perlu repot lagi mencari pilihan asuransi perjalanan yang tepat. Sebab sudah ada Garda Trip, asuransi perjalanan yang akan memberikan proteksi optimal saat Anda di perjalanan.  

Asuransi perjalanan Garda Trip memberikan ketenangan dan kenyamanan saat traveling dengan  memberikan perlindungan dari risiko terkait berbagai gangguan perjalanan, seperti pembatalan atau keterlambatan, penyakit maupun cedera yang muncul saat melakukan perjalanan, kecelakaan diri sampai dengan jaminan bagasi dan barang pribadi.

Jadi, jangan ragu lagi mempercayakan proteksi diri dan perjalanan Anda pada asuransi Garda Trip!