Awas! Ini 5 Penyebab Utama Mobil Bisa Terbakar

Awas! Ini 5 Penyebab Utama Mobil Bisa Terbakar

Pernahkah Anda melihat mobil yang meledak atau terbakar dengan sendirinya? Mungkin selama ini hanya melihatnya di film action, bukan?  Tapi, Terbakarnya mobil memang bisa terjadi. Tentu ada penjelasan logis terkait penyebab mobil terbakarNamun, apakah kamu sudah tahu jawabannya? Jika belum, yuk simak penjelasan berikut.

1. Terjadinya Kecelakaan

Benturan dan gesekan yang terjadi akibat kecelakaan memang berpotensi menimbulkan percikan api. Percikan api ini tidak jarang menyulut api yang lebih besar, terutama jika terjadi kebocoran pada tangki bahan bakar. Percikan yang terjadi bisa saja menyentuh bahan bakar yang menetes dan menyulut api. Jika sudah begitu, api akan dengan cepat menyebar bahkan menimbulkan ledakan.

2. Suhu Mesin yang Terlalu Tinggi (Overheat)

Penyebab klasik yang terkadang disepelekan adalah mesin kepanasan atau overheat. Perlu Anda ketahui bahwa suhu mesin yang terlalu tinggi akan membuat oli seolah mendidih dan pada akhirnya akan menyebabkan kebocoran oli. Kebocoran oli inilah yang membahayakan, karena api bisa saja terpicu akibat dari kebocoran tersebut.

3. Kebocoran Oli dan Tangki Bahan Bakar

Kebocoran pada oli dan tangki bahan bakar tidak diragukan lagi dapat menyebabkan kebakaran, terutama jika suhu mobil melebihi batas yang seharusnya. Ketika suhu melampaui batas, kemungkinan akan muncul api yang akan menyulut bensin, membakar tangki dan terjadilah kebakaran mobil. Untuk meminimalisir potensi terjadinya hal tersebut, periksalah saluran oli dan tangki bahan bakar secara rutin.

4. Kerusakan pada Komponen Listrik

Mobil modern selalu dilengkapi dengan komponen–komponen listrik untuk mendukung kinerja dari fitur–fitur modern di dalamnya. Komponen listrik dan aliran kelistrikan yang saling terhubung dan menyebar ke seluruh bagian mobil memiliki potensi besar dalam memicu kebakaran yang disebabkan oleh rusaknya komponen listrik.

5. Tindakan yang Disengaja

Diakui atau tidak, aksi pembakaran mobil dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Penyebab terjadinya aksi pembakaran mobil bisa disebabkan oleh tindakan kriminal murni atau aksi massa. Akan tetapi, yang paling sering terjadi adalah pembakaran yang dilakukan oleh masa yang tengah melakukan demonstrasi. Oleh karena itu, hindarilah lokasi yang rawan aksi demonstrasi.

Dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa penyebab terjadinya kebakaran mobil adalah kurangnya perawatan kendaraan dan kurangnya kewaspadaan dalam perjalanan. Selalu tingkatkan kewaspadaan dan lebih memperhatikan kondisi sekitar dapat membantu meminimalisir risiko kerusakan. Pada dasarnya mobil terbakar bisa mendapatkan ganti rugi dari pihak asuransi. Hal itu tertuang dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia pasal 1 mengenai Jaminan terhadap Kendaraan Bermotor. Namun, pihak asuransi tidak serta-merta memberikan tanggung jawab sebelum mengetahui penyebabnya. Mengacu kepada aturan tersebut, kebakaran bisa ditanggung asuransi karena beberapa sebab berikut. Pertama akibat benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan kendaraan bermotor. Juga kebakaran yang diakibatkan oleh sambaran petir. Termasuk yang akan diganti adalah pemusnahan seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran itu.

Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor pasal 3 no 2 disebutkan, pertanggungan (asuransi) tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan kendaraan bermotor atau biaya yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari ditimbulkannya hal berikut ini:

  • barang dan atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut oleh Kendaraan Bermotor.
  • zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam Kendaraan Bermotor kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin Polis.

Untuk itu jika kendaraan Anda terbakar dan Anda ingin mengklaimnya, Anda dapat menghubungi Garda Akses 1 500 112 yang dapat membantu 24 jam ataupun mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat. #PeaceofMind