Apa Saja Penyebab Mobil Mogok? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa Saja Penyebab Mobil Mogok? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Di antara sekian banyak masalah kendaraan yang sering dialami, permasalahan mobil mogok menjadi salah satu faktor yang banyak dikeluhkan. Mobil yang tiba–tiba mogok tentu akan membuat kesal siapa saja, terutama bagi mereka yang sedang terburu–buru. Penyebab mobil mogok sendiri cukup beragam, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Suhu Mesin yang Terlalu Tinggi atau Overheat

Penyebab mobil mogok yang pertama adalah suhu mesin yang berlebihan atau yang biasa disebut overheat. Overheat sendiri biasanya terjadi karena air radiator yang habis. Air radiator merupakan pendingin suhu mesin mobil.

Mesin mobil yang panasnya sudah melebihi batas, akan membuat mesin langsung mati. Hal ini untuk mencegah masalah besar yang timbul saat suhu mesin sudah melebihi batasnya namun tetap digunakan untuk berkendara. Idealnya, tunggu suhu mesin sudah mendingin dan tambahkan air radiator sebelum melanjutkan perjalanan.

2. Catalytic Converter yang Rusak

Alat pengatur kadar emisi buang atau yang juga dikenal sebagai Catalytic Converter merupakan bagian mobil yang berperan penting dalam menekan kadar racun dari gas polutan. Karena berhubungan erat dengan sistem pembuangan gas polutan, tidak mengherankan jika kerusakan yang terjadi pada alat ini akan menyebabkan mesin mobil mati dan akhirnya mobil pun mogok.

3. Masalah pada Komponen Listrik

Kebanyakan mobil modern sudah menggunakan sistem elektronik yang canggih pada bagian mesin. Karena pengoperasian mobil dilakukan dengan bantuan komponen listrik, dapat dipastikan bahwa mobil akan mengalami masalah jika komponen listrik tersebut bermasalah.

Salah satu masalah terburuk yang disebabkan oleh gangguan pada komponen listrik adalah matinya mesin. Komponen listrik yang perlu mendapat perhatian lebih terkait masalah ini adalah alternator.

Alternator sendiri merupakan salah satu komponen listrik yang berperan penting dalam menyuplai arus listrik pada aki. Dengan adanya suplai listrik tersebut, aki mobil akan terus terisi dan mengoptimalkan performa mobil.

4. Baut Mesin yang Tidak Terpasang Sempurna

Baut yang terpasang pada mesin harus terpasang dengan sempurna, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar. Jika baut pada mesin tidak dipasang dengan benar, maka mesin akan mengalami kebocoran. Jika terjadi kebocoran kompresi, maka secara otomatis mesin mobil akan mati.

5. Habisnya Oli Gearbox

Bagi Anda yang memiliki mobil matic, gearbox tentu tidak asing lagi. Keberadaan gearbox sangat penting bagi mobil matic karena dapat mempermudah pengendara dalam melakukan manuver dan perpindahan gigi. Karena berperan vital dalam manuver dan pergerakan kendaraan, gearbox harus selalu dalam keadaan yang baik. Jika tidak, maka kendaraan akan mengalami masalah.

Sama seperti kendaraan lainnya, penyebab mobil sering mogok tidak jauh dari buruknya perawatan. Oli yang telat diganti, air radiator yang jarang diisi, serta minimnya perawatan pada bagian penting lainnya, merupakan beberapa permasalahan ini. Oleh karena itu, jangan lupa untuk service kendaraan Anda secara berkala. Jika mobil Anda menggunakan asuransi kendaraan Garda Oto, saat mobil Anda mengalami kondisi darurat di perjalanan. Anda dapat menghubungi Garda Akses 1 500 112 yang dapat membantu 24 jam ataupun mengunjungi kantor cabang atau Garda Center terdekat. #PeaceofMind