Bagaimana Cara Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Secara Online.

Bagaimana Cara Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Secara Online.

Dengan adanya kemajuan teknologi sekarang ini bisa membantu aktivitas sehari-hari. Sekarang Anda tak perlu lagi kelelahan dalam melakukan perjalanan jauh, sebab ada beragam alat transportasi yang dapat dimanfaatkan. Anda pun tak perlu kesulitan dalam berkomunikasi karena terpisah oleh jarak dan waktu. Teknologi memudahkan Anda untuk bisa berkomunikasi dengan banyak orang walaupun dengan keadaan terpisah jarak yang jauh.

Teknologi tak hanya berkembang untuk alat komunikasi ataupun alat transportasi. Teknologi juga berkembang di dunia kesehatan. Beragam peralatan medis dikembangkan dengan teknologi canggih yang bisa membantu proses pengobatan suatu penyakit.

Saat ini konsultasi ke dokter spesialis bisa dilakukan secara online, tanpa perlu datang ke klinik atau rumah sakit. Terlebih lagi sekarang ada beragam platform konsultasi Dokter secara online yang mempermudah Anda untuk mengakses layanan kesehatan khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

*Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

Selain mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan konsultasi kesehatan, adanya beragam fitur canggih dalam aplikasi layanan kesehatan masyarakat juga dapat mengakses konsultasi medis dengan dokter sesuai keinginan. Bahkan konsultasi bisa dilakukan dengan melakukan penjadwalan terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki rencana untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis secara online, berikut beberapa tips untuk memaksimalkan layanan konsultasi kesehatan secara online atau telemedicine.

Tips Memaksimalkan Konsultasi Dengan Dokter Secara Online

  1. Mempunyai Akses Internet yang Stabil

Hal pertama yang paling penting dan harus diutamakan adalah akses internet yang stabil. Bila perlu Anda telah mempersiapkan paket data pada smartphone Anda untuk berjaga-jaga jika WiFi tiba-tiba error atau lambat.

Konsultasi tentang kesehatan diri sendiri haruslah tenang. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan di tempat sepi dan tak dilihat atau didengar orang lain. Hal ini tak hanya untuk menjaga privasi Anda namun juga membuat Anda lebih fokus saat berkonsultasi.

  1. Sudah Mempersiapkan Jawaban Berkaitan Riwayat Medis

Ketika berkonsultasi tentang keluhan kesehatan tentu dokter akan menanyakan beberapa hal untuk melengkapi diagnosa. Untuk membantu dokter dalam menentukan diagnosa tentang kondisi kesehatan, Anda bisa mempersiapkan ringkasan medis terlebih dahulu untuk menjawab beberapa pertanyaan itu.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Onset, lokasi, durasi dan permasalahan medis
  • Pengobatan apa saja yang sudah dicoba sampai saat ini dan apa saja pengobatan yang berhasil (bila telah melakukan sebelumnya)
  • Daftar tes laboratorium atau diagnosa yang sudah dilakukan (bila ada)
  • Riwayat medis masa lalu dan riwayat bedah (bila ada)
  • Membuat daftar obat apa saja yang sekarang ini tengah digunakan dan alergi yang membuat Anda rentan pada pengobatan
  • Rincian rasa sakit yang dirasakan dan kapan saja waktunya rasa sakit itu kambuh
  • Gejala-gejala yang dirasakan mulai dari gejala ringan hingga ke berat
  • Sudah berapa lama Anda mengalaminya
  1. Memilih Aplikasi Kesehatan Secara Online yang Tepat

Saat ini ada banyak aplikasi layanan kesehatan secara online yang tak hanya untuk konsultasi dengan dokter di dalam negeri namun juga di luar negeri. Temukan aplikasi atau website yang mempunyai proses pendaftaran, sehingga mereka memiliki catatan medis Anda dengan mengumpulkan informasi pribadi.

Mereka harus jelas dalam menyatakan kasus penggunaan yang berlaku terhadap layanannya. Cermati pula kebijakan privasi yang menyatakan bahwa mereka nantinya hanya menggunakan informasi pribadi dengan tujuan untuk menyediakan layanan yang Anda minta.

*Baca Juga: Tidak Perlu Pusing! Begini Cara Membeli Obat Secara Online

Pastikan aplikasi atau website pilihan Anda mempunyai proses persetujuan dimana mereka menyampaikan tentang batasan dari layanannya, syarat penggunaan, serta harga konsultasi. Dengan demikian Anda bisa mengakses riwayat konsultasi pada aplikasi atau website itu dengan mudah.

  1. Pilih Layanan yang Mudah Digunakan / User Friendly

Dengan memilih aplikasi atau website user friendly, Anda bisa melakukan semua proses yang diperlukan ketika mendaftarkan diri untuk konsultasi dokter secara online dengan nyaman. Dimulai dari pemilihan dokter spesialis, menentukan jadwal konsultasi, membeli obat-obat yang diresepkan hingga mencari lokasi praktik, klinik ataupun rumah sakit terdekat.

  1. Jujur Dalam Menyampaikan Kondisi Kesehatan Anda

Mungkin memang ada beberapa gejala yang Anda kira sebagai seorang pasien malu untuk menyampaikannya. Namun jangan melakukan hal tersebut pada dokter Anda. Jelaskan dengan lengkap, jujur dan jelas semua keluhan yang Anda rasakan.

Bila Anda ragu-ragu dalam membahas gejala yang dirasakan, kemungkinan dokter akan memberi resep obat yang tak sesuai dengan penyakit Anda. Tes medis dan pemeriksaan fisik memberikan informasi berharga, namun gejala Anda mengarahkan dokter untuk hasil diagnosa yang akurat.

Berikut ini beberapa pertanyaan tentang gejala yang nantinya ditanyakan Dokter:

  • Kapan mulai muncul gejala?
  • Jam berapa gejala mulai kambuh?
  • Berapa lama gejala bertahan?
  • Seberapa sering terjadinya gejala?
  • Apakah gejala semakin memburuk atau membaik?
  • Apakah gejala itu mengganggu aktivitas harian?

Anda juga tak perlu malu untuk bertanya mengenai kesehatan, keluhan dan penyakit Anda selama konsultasi. Maksimalkan waktu yang diberikan dengan menanyakan apapun hal yang ingin Anda ketahui terkait kondisi pada dokter.

Jangan Lupa Untuk Memiliki Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Mengalami musibah seperti sakit atau menurunnya kesehatan bisa terjadi kapanpun. Oleh karena itu sebaiknya Anda telah mempersiapkan asuransi bila sewaktu-waktu kesehatan menurun dan diharuskan untuk melakukan pengobatan yang bisa menghabiskan banyak uang.

Saat situasi seperti ini  sebaiknya lindungi diri Anda dengan asuransi kesehatan rawat jalan Garda Healthtech. Memiliki beragam pilihan paket, Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan dan budget Anda.  Mulai dari paket FIT seharga Rp500 ribu dan mendapatkan manfaat hingga Rp3,2 juta yang sudah termasuk konsultasi dokter online, pemeriksaan lanjutan tatap muka, dan biaya obat sesuai resep. #SehatmuTerlindungi