Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan yang Tepat? Berikut 4 Tips yang Bisa Anda Lakukan

//Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan yang Tepat? Berikut 4 Tips yang Bisa Anda Lakukan
By | 2018-11-28T14:50:31+00:00 November 17th, 2018|Blog|0 Comments
Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan yang Tepat? Berikut 4 Tips yang Bisa Anda Lakukan

Bagaimana Memilih Perusahaan Asuransi Kendaraan yang Tepat? Berikut 4 Tips yang Bisa Anda Lakukan

Sekarang ini, di Indonesia ada begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan program proteksi mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi perjalanan dan berbagai jenis lainnya. Program asuransi memiliki benefit sebagai bentuk proteksi terhadap risiko dan kerugian yang bisa dialami oleh siapa saja.

Oleh karena itu, kesadaran akan perencanaan keuangan di masa depan berupa perlindungan dari program asuransi yang diikuti menjadi sangat penting. Berbicara mengenai asuransi, pembahasan kali ini akan spesifik membahas mengenai asuransi kendaraan.

Apa itu asuransi kendaraan? Asuransi kendaraan adalah sebuah jaminan perlindungan yang dikhususkan untuk kendaraan, baik mobil ataupun motor. Bila terjadi masalah serius hingga menimbulkan kerugian yang diderita, seseorang boleh melakukan klaim dan risiko tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan yang tercantum dalam polis.

Namun, yang menjadi permasalahan karena semakin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai kelebihan dan keunggulannya tersendiri, kita menjadi bingung harus memilih yang mana. Berikut akan dibagikan tips mengenai cara memilih perusahaan asuransi kendaraan dengan cermat dan bijak.

1. Profile Perusahaan Asuransi

Jangan langsung percaya bila ada seseorang ataupun perusahaan yang menawarkan layanan asuransi kendaraan walaupun dengan harga premi yang murah. Anda terlebih dahulu harus mengecek ulang profile perusahaan asuransi tersebut.

Carilah informasi yang cukup melalui testimoni di internet, social media, hingga sumber lainnya. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kasus penipuan yang berkedok perusahaan asuransi.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Memberikan Manfaat yang Anda Butuhkan

Akan lebih baik bila Anda memilih perusahaan asuransi kendaraan berdasarkan premi yang ditawarkan. Tidak terlalu mahal, namun tetap bisa melengkapi kebutuhan Anda. Manfaat inilah yang dicari, semakin lengkap akan semakin bermanfaat.

Jika perlu, lakukan perbandingan antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan informasi akurat mengenai jumlah premi dan benefit lain yang ditawarkan. Barulah melalui pertimbangan yang matang, Anda bisa memutuskan mana perusahaan asuransi yang layak untuk Anda percaya.

3. Terdaftar Secara Resmi di OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pemegang kendali pengawas industri keuangan memiliki fungsi untuk melindungi kepentingan konsumen dari hal-hal yang bersifat negatif seperti penipuan, dsb. Bila perusahaan asuransi tidak terdaftar secara resmi, bisa dipastikan bahwa kekuatan hukum perusahaan tersebut sangat diragukan dan berdiri secara ilegal.

Artinya, perusahaan tersebut telah melanggar hukum dan tidak memiliki kekuatan hukum yang kuat bila seandainya terjadi masalah yang bersangkutan dengan hukum.

Apabila sudah terdaftar di OJK, maka perusahaan asuransi tersebut telah mendapatkan legalitas dan diakui oleh OJK. Bila ingin mengeceknya, Anda bisa menghubungi langsung kantor OJK ataupun melakukan verifikasi melalui website resminya.

4. Pertimbangkan Kemudahan Metode Pembayaran

Sebaiknya Anda juga harus mempertimbangkan layanan transaksi yang digunakan. Apakah metode pembayaran yang disepakati memang dapat mempermudah Anda atau justru menyulitkan dalam membayar polis asuransi?

Setiap perusahaan asuransi memiliki metode pembayaran tersendiri, pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan metode pembayaran yang umum dan mudah dilakukan serta mencakup beberapa bank ternama dan dukungan kantor cabang terdekat. Efektif dan efisiensi waktu yang Anda dapatkan menjadi nilai lebih yang bisa didapatkan saat memilih asuransi kendaraan.