Bahaya Kelebihan Muatan pada Mobil yang Harus Diketahui

By | 2019-03-27T14:27:05+00:00 14 Maret, 2019|Categories: Blog|
Bahaya Kelebihan Muatan pada Mobil yang Harus Diketahui

Bahaya Kelebihan Muatan pada Mobil yang Harus Diketahui

Dalam melakukan perjalanan jauh, seringkali kita membawa banyak barang bawaan di dalam mobil kita. Namun, ternyata barang bawaan yang jumlahnya terlalu banyak ternyata dapat membahayakan perjalanan kita, karena dapat mempengaruhi kondisi keseimbangan dan kecepatan mobil saat berkendara.

Tanpa disadari, membawa muatan barang atau penumpang berlebih akan mengurangi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Jika Anda membawa muatan barang yang berlebihan, hal tersebut dapat menyusahkan pandangan pengemudi jika ingin melihat keadaan yang ada di belakang mobilnya. Berikut ini beberapa bahaya bila Anda menyetir mobil dengan kapasitas berlebih.

  1. Suspensi dan Ban Kurang Maksimal
    Seperti yang kita tahu, bahwa mobil menggunakan suspensi dan juga ban sebagai tumpuannya. Dengan beban yang terlalu berat, maka mobil akan menjadi kurang optimal. Kemungkinan patah di bagian suspensi akan besar terjadi. Bila sudah terlalu parah, maka ban bisa saja meledak.Meskipun suspensi yang Anda gunakan merupakan suspensi yang paling bagus, dengan muatan berlebih maka Anda tidak akan bisa melakukan manuver dengan baik karena mobil dalam kondisi tidak stabil.
  1. Kekuatan Mesin Berkurang
    Hal yang ditakutkan dengan beban yang berlebih ini adalah ketika Anda melalui tanjakan dan mobil tidak kuat menanjak, maka mobil akan mundur. Kemungkinan kecelakaan tidak bisa terhindarkan lagi dan ini bisa menjadi masalah yang besar bagi mereka yang tidak mengetahuinya.
  2. Boros Bahan Bakar
    Serupa dengan alasan nomor 2, di mana mesin Anda akan bekerja lebih keras untuk bisa berjalan. Bahan bakar yang akan dikeluarkan juga akan semakin besar dan pastinya Anda akan membutuhkan pengeluaran yang lebih banyak lagi. Pedal gas yang harusnya sudah bisa berjalan dengan diinjak sedikit, harus diinjak lebih dalam untuk bisa berjalan.
  1. Mobil Menjadi Tidak Nyaman
    Dengan berat yang sangat besar, mobil Anda tidak akan bisa maksimal performanya saat dikendarai. Mobil akan sulit melakukan manuver dan saat di jalan bergelombang mobil akan kurang maksimal di bagian suspensinya. Yang paling parah dari mengendarai mobil dengan muatan yang berlebih adalah Anda tidak akan bisa mengendarai mobil tersebut dengan nyaman dan aman.

Selain itu, asuransi mobil tidak bisa mengcover jika kecelakaan disebabkan oleh mobil kelebihan muatan, misalnya kapasitas mobil hanya untuk delapan orang, tapi dipakai 10 orang. Asuransi mobil tidak akan mengcover karena tidak sesuai beban angkut normal dari pabrikannya, yang sudah diatur di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Maka dari itu, marilah perhatikan bersama jumlah muatan di dalam mobil kita agar perjalanan yang kita lakukan juga dapat dilalui dengan aman dan nyaman.