Belum Banyak Orang Tahu Perbedaan Mobil SUV & MPV

Belum Banyak Orang Tahu Perbedaan Mobil SUV & MPV

Masyarakat Indonesia yang suka dengan mobil pasti sudah tahu jenis mobil SUV dan juga MPV, mobil-mobil tersebut merupakan jenis mobil yang bisa dibilang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang mengira kalau kedua jenis mobil ini merupakan jenis mobil yang sama, padahal ada beberapa perbedaan mobil SUV & MPV yang sangat mencolok.

Kalau masyarakat tidak tahu menahu masalah dunia otomotif pasti akan bingung untuk mencari apa sebenarnya perbedaan dua mobil tersebut. Tetapi kalau sudah ahli tidak akan kesulitan untuk menemukan perbedaannya. Kalau memang belum tahu apa saja perbedaannya maka luangkan waktu untuk baca ulasan berikut.

4 Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Mau beli mobil harus benar-benar hati-hati sebab salah membeli mobil biasanya menyebabkan pengendara tidak merasa nyaman dan juga menyesal telah membeli mobil tersebut. Masyarakat yang biasanya tidak merasa menyesal setelah beli mobil adalah masyarakat yang membeli mobil MPV ataupun SUV.

Kedua mobil tersebut yang sudah disebutkan tadi merupakan jenis mobil terpopuler, hampir semua masyarakat yang mampu membeli mobil pasti memilih membeli salah satu dari kedua mobil ini. Meskipun sama-sama populer ternyata ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok antara mobil SUV dan juga MVP. Untuk tahu perbedaan tersebut bacalah ulasan lengkap di bawah ini.

  • Tujuan Menggunakan Mobil

Masyarakat yang membeli mobil pasti memiliki tujuan berbeda-beda, kalau mobil yang dibeli adalah mobil SUV pasti tujuan penggunaan mobilnya adalah ingin berkendara di medan yang berbahaya. Mobil SUV memang sangat cocok sekali dipakai untuk melewati jalur-jalur yang agak berbahaya karena mobil ini merupakan perpaduan mobil Jeep dan juga Sedan.

Kalau yang beli mobil MPV biasanya menggunakan mobil ini untuk berjalan-jalan bersama keluarga, kalau mau pakai mobil ini tidak perlu khawatir anggota keluarganya tidak bisa masuk ke dalam mobil. Sebab dapat menampung sampai dengan 8 orang, jadi kalau memiliki keluarga yang cukup besar arti sangat cocok menggunakan mobil ini.

  • Kapasitas Penumpang

Selain tujuan penggunaan ternyata kapasitas penumpang mobil MPV dan juga SUV mempunyai perbedaan. Kapasitas mobil SUV tidak sebesar kapasitas mobil MPV, meskipun termasuk sebagai mobil keluarga tetapi mobil SUV kapasitas maksimal penumpang hanya 5 orang saja. Mobil ini tetap bisa digunakan keluarga tetapi hanya untuk keluarga kecil saja.

Mobil MPV kapasitasnya jauh lebih besar dari mobil SUV, mobil ini bisa mengangkut orang yang jumlahnya mencapai 8 orang. Karena kapasitas penumpangnya cukup besar membuat mobil ini menjadi pilihan pertama saat orang akan membeli mobil. Karena adanya perbedaan mobil SUV & MPV ini membuat harga mobil berbeda.

  • Kapasitas Mesin

Perbedaan lainnya terletak pada mesin, mesin yang digunakan di mobil SUV kapasitasnya besar. Biasanya kapasitas mesinnya melebihi 1500 cc, besarnya kapasitas mesin ini dikarenakan mobil SUV lebih sering digunakan di jalan yang rusak atau off road dibandingkan jalan yang halus. Karena kapasitas mesin yang besar membuat mobil ini memiliki tenaga yang besar juga.

Mobil MPV kapasitas mesinnya tidak sebesar SUV, rata-rata mobil ini hanya punya mesin yang kapasitasnya kecil. Biasanya kapasitasnya di bawah 1500 cc, kecilnya kapasitas mesin ini dicocokkan dengan jalur yang seringnya dilewati mobil ini. Meskipun kapasitas mesinnya tidak terlalu besar, mobil MPV tetap bertenaga kalau dipakai di jalanan rata.

  • Harga Mobil

Perbedaan terakhir terletak pada harganya, kalau di pasaran sebenarnya harganya itu tidak terlalu berbeda. Tetapi kebanyakan harganya itu lebih mahal mobil SUV perbedaan harga ini dikarenakan mobil SUV memiliki lebih banyak fitur canggih. Karena adanya fitur tersebut membuat biaya produksi mobil menjadi mahal dan inilah yang menyebabkan harga mobil naik.

Kalau mobil MPV harganya lebih terjangkau karena mobil ini tidak mementingkan fitur atau teknologi canggih, tetapi yang menjadi prioritas adalah kapasitas mesin. Mobil ini akan semakin mahal harganya kalau kapasitas mesinnya semakin besar. Jadi kalau masyarakat menemukan mobil MPV mahal berarti kapasitas mesinnya sangat besar.

*Baca Juga: Daftar Mobil Listrik Yang Masuk Indonesia & Menjadi Trend

Trik Merawat Mobil Agar Awet

Kalau mempunyai mobil pasti harus bisa merawat mobil tersebut agar tidak rusak, merawat mobil ini bukan perkara yang sulit sebab mobil termasuk kendaraan yang mudah dirawat. Agar mobil tidak mudah rusak maka harus rutin mengecek bagian mobil seperti mengecek mesin mobil, mesin ini kalau tidak sering dicek dan dibersihkan akan membuat performa mobil menurun.

Kalau ternyata tidak bisa mengecek dan merawat mesin mobil sendiri bisa meminta bantuan jasa service mobil yang sudah hafal dan tahu perbedaan mobil SUV & MPV. Selain harus mengecek mesin juga perlu mengecek aki dan juga oli, jangan sampai aki kehabisan listrik dan juga oli sampai habis. Sebagai proteksi tambahan, lindungi kendaraan dengan asuransi kendaraan Garda Oto dan kunjungi situsnya untuk informasi lengkapnya.