Cara Pasang Kaca Film Mobil Dengan Baik dan Benar

Cara Pasang Kaca Film Mobil Dengan Baik dan Benar

Kaca film pada mobil berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari sinar matahari langsung, melindunginya dari sinar ultraviolet mencegah kerusakan mata pengemudi ketika berkendara. Dengan fungsinya yang sangat vital ini, kaca film mobil menjadi salah satu bagian dari mobil yang tidak tergantikan, dan mayoritas pengguna mobil pasti ingin untuk memiliki kaca film mobil yang berfungsi.

Untuk cara pasang kaca film mobil tidak bisa sembarangan, karena jika sembarangan dipasang, maka kaca film mobil tidak akan berfungsi dengan baik dan benar. Anda bisa menggunakan jasa pemasangan kaca film mobil yang disediakan dealer dan beberapa bengkel mobil, tetapi jasa tersebut tentu saja akan memiliki ongkos yang cukup mahal juga. Apakah Anda ingin tahu cara pasang kaca film mobil sendiri?

Tidak mudah melakukan pemasangan kaca film mobil sendiri, karena tidak bisa asal memasangkannya. Tetapi ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa memasangkan kaca film mobil dengan baik, dan juga benar, supaya Anda bisa memasangkan kaca film berkualitas pada mobil Anda. Ikuti langkah di bawah ini untuk tutorial cara pemasangan kaca film mobil yang baik dan benar.

Tutorial Cara Pasang Kaca Film Mobil Baik & Benar

Sebelum memasangkan kaca film mobil ke mobil Anda, Anda juga perlu memilih kualitas dari kaca film yang akan Anda pasangkan. Pastikan Anda membeli kaca film mobil yang berkualitas, dan bukanlah kaca film yang abal-abal dan mudah sobek. Nah, sudah penasaran dengan tutorial untuk cara pemasangan kaca film mobil? Langsung saja, berikut ini langkah untuk pemasangan kaca film mobil:

  1. Bersihkan kaca film yang akan dipasangkan – Pertama, Anda perlu membersihkan kaca film mobil yang akan dipasangkan. Pastikan kaca film sudah terbebas dari debu dan kotoran untuk menghindari kotoran yang akan menempel permanen jika terlanjur sudah dipasang. Jangan hanya membersihkan sekali saja, tapi bersihkan setidaknya hingga 2 sampai 3 kali pembersihan.
  2. Bersihkan juga sekat jendela mobil – Selain membersihkan kaca film mobil, jendela yang akan dipasangi juga pastinya perlu dibersihkan. Bersihkan hingga tidak ada lagi debu dan kotoran yang menempel pada jendela, Anda bisa gunakan cairan khusus pembersih kaca film mobil untuk mendapatkan bersih yang sempurna.
  3. Ukur kaca film mobil yang digunakan, lalu potonglah sesuai ukuran – Ukurlah kaca film mobil yang akan Anda butuhkan. Ukur sesuai kebutuhan, dan pastikan untuk tidak ada ukuran panjang ataupun lebar yang kurang. Tidak apa jika melebihkan ukuran, karena masih bisa diperbaiki dan bisa dipaskan lagi. Jika bisa, ukurlah dengan ukuran sempurna untuk mobil Anda.
  4. Semprotkan cairan khusus saat pemasangan – Biasanya saat Anda membeli kaca mobil, Anda akan diberikan 2 jenis cairan, cairan pembersih, dan cairan khusus untuk perekat dan pemasangan kaca mobil. Setelah dibersihkan dan diukur secara hati-hati, Anda harus menyemprotkan cairan perekat untuk memasangkan kaca film Anda.
  5. Pasang kaca film mobil dengan hati-hati – Berhati-hatilah untuk memasangkan kaca film Anda. Hindari lubang angina yang bisa muncul saat pemasangan kaca film Anda. Lubang angin bisa dicegah dengan menyemprotkan cairan perekat kaca film dengan merata.
  6. Rapihkan kaca film mobil yang dipasang – Rapihkan untuk bagian kaca film mobil yang masih memiliki lubang angina, dan masih ada yang menggelembung. Hingga kaca film terpasang sempurna, ratakan kaca filmnya, dan pastikan Anda sudah menggeser semua lubang angina yang ada pada kaca film, untuk menyingkirkannya.

Sangat mudah sekali bukan untuk pemasangan kaca film mobil sendiri? Asal Anda bisa berhati-hati dalam melakukan pemasangan kaca film, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan dari bengkel. Tetapi jika Anda ragu, Anda bisa langsung saja meminta pemasangan kaca film di bengkel tempat Anda membeli kaca film tersebut. Biasanya, pasti akan ada juga servis pemasangan kaca film.

*Baca Juga: Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Peredam Suara Mobil

Tetapi belum selesai, karena ada hal yang harus Anda perhatikan dalam membeli, sekaligus memasang kaca film untuk mobil Anda. Hal-hal apa saja yang penting untuk diperhatikan ketika kita membeli maupun memasang kaca film mobil?

Supaya Kaca Mobil Berfungsi Maksimal, Perhatikan Hal Berikut!

Pertama, Pastikan kaca bersih ketika dilakukan pemasangan, dengan suhu ruangan yang tidak panas, tidak dingin juga. Minta Bantuan, Proses memasang kaca film sangat rentan akan kesalahan, jadi Anda mungkin akan perlu sedikit bantuan dari teman dan keluarga.

Gunakan cairan pembersih yang berkualitas, dan hindari penggunaan asam seperti cuka dan larutan amoniak. Sebaiknya proses pemasangan tidak di ruangan terbuka karena musuh utama dalam proses pemasangan kaca film mobil adalah debu, sehingga jika berada di ruangan terbuka akan rentang debu yang masuk dan menempel di kaca.

Itu dia tadi cara pasang kaca film mobil beserta hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dalam pemasangan kaca film mobil.

Jika Anda ingin mencari asuransi otomotif yang terbaik, berkualitas, terpercaya dan dijamin kredibilitasnya, pastilah hanya di Garda Oto, asuransi kendaraan bermotor kredibel, dengan pelayanan terjamin memuaskan. Kunjungi gardaoto.com untuk info lebih lanjut.