Berapa Lama Mengurus Visa Schengen?

Berapa Lama Mengurus Visa Schengen?

Melakukan perjalanan ke luar negeri khususnya di negara Eropa memang membutuhkan persiapan yang matang. Jangan sampai Anda melakukan persiapan yang terburu-buru karena bisa dipastikan hanya akan merusak rencana perjalanan tersebut.

Salah satunya adalah dengan memastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah memiliki visa Schengen. Tanpa adanya visa Schengen ini tentunya akan sulit dalam melakukan perjalanan ke Eropa ini.

Sayangnya, masih banyak orang yang ternyata awam dengan visa Schengen ini. Bahkan beberapa diantaranya masih banyak yang bingung dalam proses pembuatan visa Schengen ini. Terutama pertanyaan tentang berapa lama mengurus Visa Schengen? Bagi Anda yang ingin mengetahui jawabannya, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Pengajuan Visa Maksimal H-15 Sebelum Keberangkatan

Perlu menjadi catatan penting bahwa Anda tidak bisa mendadak ke luar negeri terutama ke negara Eropa yang membutuhkan visa Schengen. Bukan tanpa alasan karena proses pembuatan visa Schengen ini tidak bisa dilakukan dengan instan begitu saja.

Diawali dengan proses pengajuan visa yang mesti dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan Anda. Setidaknya Anda mesti melakukan pengajuan visa 15 hari sebelum keberangkatan. Hal ini berguna agar pengajuan visa Anda bisa diproses secara lebih baik dan bisa selesai sebelum tanggal keberangkatan.

2. Proses Wawancara Visa

Untuk bisa mendapatkan visa Schengen ini sendiri memang bukan perkara yang mudah. Ada beberapa proses yang mesti dilewati terlebih dulu guna bisa mendapatkannya. Salah satu proses yang mesti dilewati adalah dengan melakukan proses wawancara Visa.

Pada proses wawancara Visa ini anda harus menjawab beberapa pertanyaan. Soalnya hal ini akan berhubungan langsung dengan hasil apakah Anda akan mendapatkan visa schengen atau malah gagal. Untuk proses wawancaranya sendiri setidaknya akan memakan waktu mulai dari 10 hingga 15 menit. Tergantung dengan intensitas dan kebutuhan wawancara.

Biasanya, wawancara dilakukan berkaitan dengan tujuan perjalanan anda. Ada baiknya anda memang sudah membuat jadwal dan tujuan kemana saja yang akan anda kunjungi selama perjalanan. Terlebih jika anda berencana mampir di beberapa negara selama perjalanan.

3. Menunggu Hasil

Langkah terakhir yang mesti Anda lewati adalah proses menunggu hasil atau jawaban dari pihak Kedubes. Hasil apakah visa Schengen yang Anda ajukan mendapatkan persetujuan atau malah penolakan.

Proses ini memang bisa membuat orang khawatir. Namun apabila Anda merasa sudah memenuhi dokumen sebagai bentuk persyaratan dan juga menjawab tes wawancara dengan baik maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Untuk proses menunggu hasilnya sendiri akan memakan waktu setidaknya selama 15 hari atau 2 minggu. Pada proses ini memang Anda sudah tidak bisa melakukan apapun hanya bisa berdoa dan mengharapkan yang terbaik. Semoga pengajuan visa Schengen bisa diloloskan dan keinginan Anda untuk menjelajah negara Eropa

Dengan semua tersebut, kini anda sudah mengetahui proses serta menjawab pertanyaan berapa lama proses mengurus Visa Schengen? Jadi sekarang, Anda sudah tidak perlu lagi bertanya-tanya tentang cara dan waktu pengurusan visa Schengen. Dapatkan diskon 10%. Garda Trip Melindungi risiko keterlambatan pesawat, kehilangan dan keterlambatan bagasi serta risiko lainnya. Asuransi Perjalanan Garda Trip melindungi risiko keterlambatan dan pembatalan perjalanan, biaya medis, hingga kehilangan barang pribadi Anda. Cek sekarang di gardaoto.com. #PeaceofMind