Tips Berkendara Aman di Jalan Tol Saat Musim Hujan

Tips Berkendara Aman di Jalan Tol Saat Musim Hujan

Berkendara sendiri tentunya sangat memudahkan bagi Anda untuk bisa sampai ke tempat tujuan lebih cepat. Tidak seperti menggunakan kendaraan umum yang seringkali membuat Anda harus sabar menunggu. Meski begitu, ketika Anda berkendara sendiri maka harus tetap mematuhi peraturan yang ada. Termasuk peraturan ketika sedang berkendara.

Selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa berkendara di jalan tol tergolong aman. Padahal pada kenyataannya seringkali terjadi kecelakaan di jalan tol terlebih saat musim penghujan seperti saat ini. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal buruk tersebut, ada beberapa tips berkendara aman di jalan tol seperti berikut ini.

1. Perhitungkan Jarak yang Aman

Tips berkendara yang aman di jalan tol pertama adalah dengan memperhitungkan jarak aman terlebih dulu. Mulusnya jalan tol memang kadang membuat orang lalai dalam memperhatikan jarak aman antar kendaraan. Bahkan banyak yang kemudian menginjak gas kendaraan yang dimiliki hingga sampai di batas kecepatan yang sangat tidak aman.

Hal tersebutlah yang seringkali menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan di jalan tol. Guna menghindarinya maka sebaiknya Anda mulai memperhitungkan jarak yang aman antara mobil Anda dengan mobil yang lain. Untuk jarak paling amannya sendiri adalah sekitar 10 hingga 20 meter dari kendaraan terdekat Anda.

Apabila diakumulasikan dalam waktu maka setidaknya beri jarak sekitar 5 detik dari kecepatan mobil yang ada di depan Anda. Semua hal tersebut dilakukan semata-mata demi kepentingan dan keselamatan nyawa Anda sendiri.

2. Pastikan Fokus Sekaligus Konsentrasi Penuh

Salah satu keuntungan dari berkendara di jalan tol adalah jalan yang bebas hambatan dan juga lurus. Sayangnya, hal tersebut juga menjadi kekurangan tersendiri yang seringkali mengundang kecelakaan.

Kondisi jalan yang mendukung tersebutlah yang seringkali membuat pengendara menjadi mudah kehilangan fokus bahkan mengantuk. Tidak ada salahnya untuk memutar musik ataupun mengobrol untuk menjaga fokus selama berkendara namun jangan terlalu larut didalamnya.

3. Gunakan Jalur Lambat

Sedangkan tips berkendara aman di tol yang terakhir adalah dengan menggunakan atau memilih jalur yang lambat. Terutama bagi Anda yang memang kurang terbiasa menggunakan jalur cepat di jalan tol.

Ditambah bahwa jalur lambat ini tergolong jauh lebih aman dan juga minim terjadinya kecelakaan. Sangat cocok dipilih bagi Anda yang tergolong pemula atau masih belajar mengendarai mobil. Supaya bisa meminimalisir berbagai hal yang tidak diinginkan.

4. Kenali Kondisi Kendaraan Anda

Sebagai pengendara sudah seharusnya anda mengenali kondisi kendaraan anda. Saat berkendara dalam tol dan kondisi hujan, membuat anda membutuhkan kejelian dan kewaspadaan lebih tinggi. Pastikan semua lampu mobil anda menyala dengan baik. Saat hujan lampu memiliki peran penting sebagai penanda bagi kendaraan lain.

Tekanan angin ban dan rem juga patut untuk di perhatikan. Kondisi tekanan angin ban yang kurang dan rem yang licin seringkali menjadi faktor terjadinya mobil selip saat berkendara di tengah hujan. Hindari juga menerobos genangan air karena bisa menyebabkan beberapa hal buruk lain selain selip, seperti misalnya mesin mati karena kemasukan air.

Pada dasarnya sebagai pengendara anda memiliki kendali penuh pada kendaraan yang anda kendarai. Ikuti semua aturan dan rambu yang ada dijalan serta selalu berhati-hati. Anda juga bisa memberikan perlindungan tambahan berupa asuransi baik untuk kendaraan serta diri anda dari kecelakaan dengan layanan asuransi Garda Oto. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra, siap memberikan perlindungan terbaik bagi mobil Anda dengan berbagai manfaat dan layanan yang kami miliki. Ditambah, kami juga menyediakan layanan darurat bagi Anda jika mengalami masalah di jalan, cukup dengan hubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses 24 jam, informasikan kondisi darurat Anda, dan tim Garda Siaga kami akan segera datang ke lokasi Anda dan memberikan bantuan atas masalah Anda. #PeaceofMind