Bingung Mau Beli Mobil Matic atau Manual? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

//Bingung Mau Beli Mobil Matic atau Manual? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut Ini
By | 2019-01-07T14:36:28+00:00 Januari 7th, 2019|Blog|0 Comments
Bingung Mau Beli Mobil Matic atau Manual? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Bingung Mau Beli Mobil Matic atau Manual? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Berikut Ini

Saat ini ada begitu banyak jenis mobil di industri otomotif yang menggunakan sistem transmisi manual dan matic. Ada sebagian orang yang menyukai mobil dengan transmisi manual, dan sebagiannya lagi yang menyukai jenis mobil matic. Keduanya memang menawarkan keunggulan masing-masing sehingga mampu menarik minat & selera masyarakat di Indonesia.

Nah, bila Anda baru berencana untuk membeli mobil baru dan bingung dengan pilihan harus membeli mobil yang memiliki transmisi otomatis (matic) ataupun manual, Anda bisa mencoba mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.

Mobil Transmisi Manual

Saat Anda membeli mobil manual, Anda harus bisa melakukan oper gigi dengan baik karena ada 3 pedal yang berfungsi sebagai rem, gas dan juga kopling. Untuk mobil manual, perpindahan gigi dilakukan secara manual (sesuai dengan namanya), dengan menggunakan pedal kopling dan tuas kopling.

Bila Anda telah lulus ujian mengemudi, tentu tahu bahwa untuk melakukan kombinasi perpindahan gigi dan teknik menyetir mobil manual tidaklah semudah yang dibayangkan karena jika terjadi kesalahan, kemungkinan besar mesin mobil akan mati di tengah jalan. Namun, saat seseorang sudah menguasai cara mengemudi mobil manual sepenuhnya, maka saat orang tersebut mengendarai mobil matic tidak akan merasa terlalu sulit. Hal ini dikarenakan semua teknik dasar menyetir ada pada mobil manual.

  • Keuntungan:

– Mobil Memiliki Akselerasi yang Lebih cepat

– Lebih Hemat Bahan Bakar

– Biaya perawatan lebih murah

  • Kekurangan:

– Lebih sulit dikendarai apalagi untuk pemula

– Mudah Terasa Capek & Pegal

Mobil Transmisi Otomatis (Matic)

Kebalikan dari mobil manual, mobil matic biasanya lebih banyak digemari oleh wanita karena lebih mudah dalam penggunaannya. Namun, ada juga sebagian besar pria yang lebih memilih mobil ini karena dinilai lebih efektif dan dapat membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.

Mobil matic memiliki sistem perpindahan secara otomatis sehingga tidak membutuhkan pedal kopling. Mobil jenis ini hanya memiliki 2 pedal saja yaitu, pedal rem dan gas. Perlu diketahui, bahwa mobil matic tidak memiliki teknologi engine brake yang dapat membantu menurunkan kecepatan saat mengurangi tekanan pedal gas. Jadi, Anda harus berhati-hati saat pergi ke jalan yang memiliki turunan curam.

  • Keuntungan:

– Lebih Mudah Dikendarai

– Tetap Merasa Nyaman Walaupun Kondisi Macet

– Hanya Fokus pada 2 Pedal Saja

  • Kekurangan:

– Lebih Boros Dalam Penggunaan Bahan Bakar

– Biaya perawatan lebih mahal

Baik kendaraan jenis matic ataupun manual sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya, Anda mempertimbangkan budget dan juga kesiapan mental. Bila untuk perjalanan jarak jauh dan nyaman digunakan saat lalu lintas yang padat, khususnya bila Anda tinggal di kota-kota besar, maka mobil matic bisa dipertibangkan. Namun, bila Anda ingin mengendalikan sisi kecepatan dan memiliki kemampuan menyetir yang baik, maka mobil manual juga bisa Anda pertimbangkan. Semua kembali pada kebutuhan dan pilihan Anda.

Selain itu, pikirkan juga untuk ikut asuransi kendaraan pada mobil baru yang nantinya akan Anda beli. Hal ini untuk menjaga mobil baru Anda dari kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Cari tahu lebih lanjut tentang asuransi mobil:   (http://www.asuransiastra.com/products)