Car Seat Bukan Sekedar Gaya, Ini Dia Tips Memilihnya

//Car Seat Bukan Sekedar Gaya, Ini Dia Tips Memilihnya
By | 2019-01-03T17:14:07+00:00 Januari 3rd, 2019|Blog|0 Comments
Car Seat Bukan Sekedar Gaya, Ini Dia Tips Memilihnya

Car Seat Bukan Sekedar Gaya, Ini Dia Tips Memilihnya

Berkendara dengan menggunakan mobil tentunya akan lebih aman dan nyaman untuk keluarga, tak ketinggalan pula untuk si buah hati. Nah, berbicara mengenai keselamatan, penggunaan car seat menjadi sangat penting dalam perjalanan menggunakan mobil.

Memang di Indonesia sendiri, penggunaan car seat masih belum sebanyak stroller. Padahal car seat memegang peranan sangat penting dalam menajaga keselamatan si kecil ketika Anda sering bepergian dengan menggunakan mobil.

Sama seperti sabuk pengaman, car seat juga berfungsi sebagai alat pelindung yang melindungi anak dari risiko cedera ketika kecelakaan dan pengereman mendadak terjadi. Bukan hanya itu saja, car seat juga berguna untuk membiasakan anak duduk tenang dan tidak banyak bergerak di dalam mobil sehingga mereka tidak membahayakan dirinya sendiri. Yuk, langsung saja simak rangkuman tips membeli car seat untuk buah hati Anda.

Sesuaikan dengan Usia Anak

Untuk mendapatkan keamanan yang maksimal, pilih car seat yang sesuai dengan usia, berat dan panjang bayi. Umumnya, ada empat jenis kursi bayi yang dijual di pasaran, yaitu:

  • Grup 0, untuk bayi baru lahir sampai usia sembilan bulan
  • Grup 0+, untuk bayi 15 bulan ke bawah
  • Grup 1, bisa digunakan hingga usia empat tahun
  • Grup 2, dipakai untuk balita usia dua sampai empat tahun
  • Grup 3, untuk usia 6 hingga 11 tahun

Terdapat 5 Poin Harness

Setelah itu, carilah model car seat yang memiliki 5 poin harness (dua tali bahu, dua tali pinggang, dan satu tali antara kaki yang bertemu di tengah). Pastikan harness ini terpasang dengan benar dan kencang. Karena bayi atau anak yang diletakkan pada car seat tanpa dipasangi sabuk pengaman, sama saja seperti meletakkan mereka tanpa pengamanan apapun.

Biarkan Si Kecil Mencoba

Sebelum membeli, tes dulu kenyaman car seat dengan cara mendudukkan si kecil. Perhatikan posisinya, mulai dari dudukan kepala hingga panjang dudukan kakinya. Pertimbangkan pula model yang menyediakan perlindungan benturan samping berupa busa tambahan pada sisi kepala bayi dan kompatibilitas dengan sistem LATCH.

Lokasi Penempatan

Jangan memasang car seat pada kursi depan mobil, karena jika mobil Anda dilengkapi dengan teknologi air bag justru car seat akan terdorong dan melukai si kecil. Itu artinya Anda harus merelakan satu tempat duduk di mobil Anda untuk meletakkan car seat, tapi dengan keselamatan yang ditawarkan.

Ketahui Cara Pemasangannya

Beda tipe mobil, beda pula cara pemasangannya. Pahami dulu instruksi pemasangan dalam buku manual secara saksama atau minta bantuan instalasi car seat dari penjual. Setelah terpasang, jangan lupa pula menggoyang car seat untuk mengecek apakah car seat sudah aman atau belum. Jika car seat masih dapat bergerak, itu artinya pemasangan tidak pas atau kemungkinan car seat tersebut kurang cocok dengan tipe mobil Anda.

Penggunaan car seat penting sekali bukan? Ayo, saatnya Anda mulai mempertimbangkan keselamatan berkendara bersama si kecil. Jangan sampai terjadi hal–hal yang tidak diinginkan.