Cara Membuat Visa Schengen

Cara Membuat Visa Schengen

Berlibur ke Eropa pastinya keinginan bagi banyak orang. Hal tersebut tidak lepas karena berbagai tempat indah yang memang disajikan oleh negara tersebut. Namun sebelum Anda terburu-buru ingin langsung mengunjungi Benua Eropa maka pastikan terlebih dulu menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan.

Salah satu perlengkapan yang paling dibutuhkan adalah visa Schengen yang menjadi bentuk izin keluar masuk negara di Eropa. Tanpa adanya visa tersebut maka Anda tidak bisa masuk ke Eropa. Disisi lain, banyak orang yang baru tahu tentang visa ini setelah ingin berangkat. Nah, bagi Anda yang memang sudah memiliki rencana membuat visa schengen begini alurnya.

1. Pilih Waktu Pengajuan Visa

Cara pertama dalam pembuatan visa Schengen adalah Anda mesti memperhatikan waktu pengajuan visa tersebut. Sangat disarankan bagi Anda yang ingin mengajukan visa Schengen maka lakukanlah setidaknya 3 minggu sebelum perjalanan.

Apabila Anda melakukannya kurang dari itu maka proses pengajuan visa Schengen akan sulit dilakukan dan bahkan bisa saja ditolak. Oleh karena itu tak ada salahnya jika anda sudah menyiapkan jauh sebelumnya bahkan disarankan melakukan pengajuan 3 bulan sebelum keberangkatan.

2. Janji Temu

Lakukan janji temu yang bisa Anda tepati. Tenang saja dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini maka melakukan janji temu ini tidak terlalu sulit dilakukan. Nantinya Anda bisa memanfaatkan situs VFS Global untuk bisa melakukan janji temu ini. Lakukanlah pengisian tanggal pertemuan yang kemudian bisa dikirimkan surel. Barulah mendatangi Kedubes dari negara tujuan Anda.

3. Datang ke Kedubes atau Konsulat

Langkah selanjutnya adalah Anda mesti mendatangi kantor Kedubes atau Konsulat dari negara Eropa yang menjadikan tujuan kunjungan Anda. Lain cerita kalau ternyata Anda akan mengunjungi dua negara atau bahkan lebih dari negara di Eropa. Maka sebaiknya Anda memilih Kedubes di negara mana akan lebih banyak menghabiskan waktu.

4. Siapkan Dokumen Persyaratan

Tentunya untuk bisa membuat visa Schengen  maka Anda harus menyiapkan dokumen persyaratan terlebih dulu. Dokumen tersebut mulai dari formulir pengajuan visa, bukti tiket, reservasi hotel hingga dokumen penunjang lainnya. Salah satunya adalah asuransi schengen yang bisa anda dapatkan disini.

5. Wawancara Visa

Setelah proses pengumpulan dokumen tersebut maka Anda harus melewati proses wawancara visa terlebih dulu. Dalam proses wawancara Visa ini maka Anda harus menjawab berbagai pertanyaan tentang kunjungan ke Eropa ini setidaknya selama 15 menit.

6. Membayar Pembuatan Visa

Detail pembayaran pembuatan visa ini adalah sekitar 60 euro untuk dewasa sedangkan 35 euro untuk anak-anak. Oleh karena itu, ada baiknya anda menyiapkan semua file dan dana yang dibutuhkan dalam proses pembuatan visa ini.

7. Tunggulah Jawaban

Sedangkan langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah dengan menunggu respon atau jawaban dari Kedubes negara tujuan. Biasanya jawaban ini akan membutuhkan waktu sekitar 15 hari kerja. Jadi sebaiknya Anda bersabar saja.

Dengan semua penjelasan diatas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara membuat Visa Schengen. Jadi tentunya Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin membuat jenis visa yang satu ini. Jadi bagi Anda yang berencana untuk membuat visa Schengen maka sudah tidak perlu bingung lagi, dan bisa menggunakan Asuransi perjalanan Garda Trip. Bila Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang produk asuransi perjalanan Garda Trip atau program promosi yang kami tawarkan bulan ini, Anda dapat mengunjungi halaman www.gardaoto.com/garda-trip/promo cukup dengan mengisi aplikasi pembelian asuransi Garda Trip melalui website Gardaoto.com, perjalanan Anda bisa langsung terlindungi sesuai dengan paket perlindungan yang Anda butuhkan. #PeaceofMind