Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Terkelupas

Cara Memperbaiki Cat Mobil yang Terkelupas

Bagi Anda yang memiliki mobil pasti pernah mengalami kejadian yang tidak semua orang inginkan, yakni cat rusak, pudar ataupun tergores, karena hal ini akan membuat mobil menjadi tidak menarik lagi. Apalagi bagi Anda yang memiliki jiwa seni tinggi, pasti merasa bahwa hal ini dapat mengganggu estetika sebuah kendaraan.

Selain mengganggu estetika, mobil yang tergores dapat menimbulkan masalah yang serius pada body. Nah, sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena di sini kita akan tau bagaimana cara memperbaiki cat mobil yang tergores bahkan tidak perlu membuang banyak biaya, alias bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut caranya!

1. Bersihkan Goresan Pada Body

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membersihkan body mobil yang tergores dengan menggunakan kain lap yang lembut atau bisa mencucinya dahulu agar tidak ada kotoran yang menempel.

2. Identifikasi Goresan yang Ada

Setelah selesai dibersihkan, pastikan Anda mengetahui tingkat kerusakan yang ada pada body mobil Anda. Jadi Anda dapat tahu cara penanganan yang tepat menurut tingkat kerusakannya. Jika hanya terlihat lapisan putih saja itu masih dapat ditangani. Akan tetapi, jika sudah terlihat besi baja atau metal body asli pada mobil berarti cat mobil yang tergores cukup dalam.

3. Memperbaiki Goresan yang Ringan

Mungkin Anda pernah mengalami body mobil Anda tergores karena gesekan dengan kendaraan lain atau tembok pada garasi. Jika terjadi hal seperti ini, tidak perlu Anda membawanya ke bengkel. Cukup Anda perbaiki dirumah dengan menggunakan touch-up paint yang sama dengan warna body mobil. Selain dapat memperbaiki warna, cat ini juga sangat mudah bila digunakan.

Caranya adalah dengan mengocok touch-up paint kurang lebih selama 1 menit, dengan memasukkan larutan yang ada di dalam tercampur secara merata. Selanjutnya, gunakan kuas dengan ukuran kecil dan ambil cairan cat secukupnya. Oleskan secara merata dan tipis saja agar terlihat natural.

4. Memperbaiki Cat Terkelupas yang Terlalu Dalam

Jika hal ini terjadi biasanya cara mengatasinya agak sedikit rumit. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamplas retakan dengan hati-hati sampai bersih. Kemudian, oleskan body yang telah diamplas dengan cairan anti karat. Setelah cairan mengering, lakukan pengecatan dengan warna dasar pada bagian mobil, dan tunggu hingga mengering.

Setelah itu, berikan cat dengan warna senada dengan cat aslinya. Usahakan sembari menunggu cat mengering, jangan sampai ada debu atau kotoran yang menempel. Jika sudah kering, kemudian gosok kembali body yang telah dicat menggunakan wax atau komponen apapun sampai permukaan kembali rata.

Kerusakan seperti cat mobil yang terkelupas atau tergores memang tidak berpengaruh pada mesin, tapi hal tersebut dapat membuat tampilan mobil kurang menarik lagi seperti dulu. Oleh karena itu, pastikan Anda mampu mengatasi setiap masalah yang ada di mobil Anda. Setidaknya ambil langkah awal terlebih dahulu sebelum Anda membawanya ke bengkel, agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang.

Ada baiknya sebelum risiko menimpa kendaraan kesayangan Anda, perlu didaftarkan ke pihak asuransi. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan proteksi mobil Anda. Melalui berbagai layanan fisik seperti Garda Center, Garda Akses, hingga non fisik seperti gardaoto.com, Garda Mobile Otocare, pelanggan memiliki kemudahan dalam melakukan pembelian polis, pembayaran, hingga pengajuan klaim. #PeaceofMind