Empat Kesalahan dalam Merawat Mobil

Empat Kesalahan dalam Merawat Mobil

Mempunyai kendaraan roda empat seperti mobil mungkin menjadi kebanggaan bagi sebagian orang. Ini dikarenakan mulai dari harga dan fungsinya yang lebih dirasakan lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan bermotor. Cara merawatnya pun harus lebih berhati-hati. Bahkan, kebanyakan orang tidak menyadari, bahwa sering merawat mobil itu adalah hal yang baik.

Jika Anda tidak merawat mobil secara teliti, biasanya berbagai permasalahan akan muncul. Bisa jadi, hanya selang dua atau tiga tahun mesin akan mengalami kerusakan. Berikut beberapa kesalahan yang mungkin saja Anda lakukan dalam perawatan mobil.

1. Menyalakan Mobil Kemudian Langsung Menginjak Pedal Gas

Menghidupkan mesin mobil biasanya dilakukan pada pagi hari ketika sebelum bepergian. Hal ini sebenarnya sangat baik untuk mesin, akan tetapi jika pertama kali dinyalakan kemudian langsung menginjak pedal gas, akan sangat beresiko untuk kinerja mesin sendiri.

Sebab, ketika mesin melakukan kinerja seluruhnya tidak akan langsung terkena pelumas bahan bakar. Harus menunggu beberapa menit, tergantuk mesin yang digunakan.

2. Mencuci Body Mobil Menggunakan Deterjen

Ketika mencuci mobil menggunakan deterjen memang dapat membuat body menjadi mengkilap. Perilaku seperti ini sudah menjadi hal yang sangat wajar karena kandungan yang ada di dalam deterjen dapat membuat permukaan suatu benda seperti besi atau kaca menjadi bersih.

Padahal, ada konsekuensi yang akan di dapat jika terlalu sering menggunakan deterjen sebagai bahan pembersih body mobil. Efeknya adalah secara perlahan warna cat pada mobil akan memudar dan bisa jadi akan menghilang. Kejadian seperti ini, pasti tidak akan Anda inginkan. Jadi, sebaiknya gunakan pembersih khusus mobil agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Membersihkan Lantai Kabin menggunakan Air

Bisa dibilang hal ini merupakan kejadian yang sering terjadi pada beberapa mobil pribadi. Niat hati ingin membersihkan lantai agar tidak terkesan kotor bahkan bau ketika digunakan sendiri atau bersama-sama.

Padahal, sangat tidak baik bagi keawetan pada body mobil karena akan cepat berkarat. Tidak hanya itu. Mencuci lantai kabin dengan air juga dapat mengakibatkan kerusakan pada audio atau aliran listrik pada mobil jika terkena air.

4. Membersihkan Kaca Mobil Belakang dengan Pembersih Kaca

Membersihkan kaca mobil belakang dengan menggunakan pembersih kaca adalah hal yang bisa siapa saja lakukan dan juga dapat memberikan kesan mengkilap serta jernih. Cara ini sebenarnya dapat merusak komponen pada kabel pemanas defogger.

Solusi yang sangat dianjurkan untuk membersihkan kaca mobil bagian belakang yakni dengan menggunakan kain lap yang lembab kemudian basahi kain tersebut menggunakan air hangat. Bersihkan secara perlahan dan merata agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel.

Yuk, bagikan konten ini agar makin banyak orang yang tahu cara merawat mobil dengan benar agar dapat berkendara dengan nyaman. Selain merawat mobil ada baiknya Anda mengasuransikan mobil Anda. Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra dapat menjadi solusi tepat bagi kebutuhan proteksi mobil Anda. Melalui berbagai layanan fisik seperti Garda Center, Garda Akses, hingga non fisik seperti gardaoto.com, Garda Mobile Otocare.  pelanggan memiliki kemudahan dalam melakukan pembelian polis, pembayaran, hingga pengajuan klaim. #PeaceofMind