Cara memperbaiki dinamo starter mobil

Cara memperbaiki dinamo starter mobil

Hidup di kota itu kadang sangat ribet. Semua harus serba cepat, kalau tidak bisa terlambat. Apalagi jika kita tinggal di ibukota, kita seperti dikejar-kejar waktu dan juga dikejar deadline agar cepat selesai mengerjakan apapun dan cepat sampai ke tempat yang akan kita tuju nantinya.

Lebih menyebalkan lagi apabila kita sedang butuh cepat, ternyata malah terjebak macet. Sudah menunggu sekian lama, saat mau jalan ternyata mobil kita susah saat menyala saat di starter.

Tentu  bingung dan pusing kan?. Takut jika terlambat ke kantor dimarahi bos, gaji dikurangi bahkan yang lebih buruk jika dipecat karena sering terlambat datang. Jangan sampai terjadi deh! Saking marahnya kepada mobil kita, ingin rasanya kita hancurkan dengan palu Thor di film.

Hal tersebut tidak perlu terjadi jika kita tahu bagaimana caranya agar starter mobil tidak menjadi berat lagi. Lalu, Apa sebenarnya penyebab starter mobil menjadi berat dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

Penyebab terjadinya starter mobil yang berat besar kemungkinan disebabkan adanya permasalahan pada sistem kelistrikan yang mana pada mobil semuanya berasal dari aki.

Langkah pertama yang bisa anda coba ketika mengalami permasalahan ini adalah dengan melakukan pemeriksaan tahap awal pada aki mobil. Sebagai sumber listrik utama, aki memiliki peran penting agar mesin bisa bisa bergerak. Minimnya suplai listrik ke dinamo bisa membuat mobil gagal di starter.

Perhatikan komponen penyusun aki mobil. Periksa kabel positif negatif yang ada pada aki. apakah posisinya sudah benar. Selain itu cek juga apakah posisinya longgar dan korosi atau tidak, karena hal tersebut juga bisa mempengaruhi sistem kelistrikan yang ada pada mobil.

Jika dirasa tidak ada yang janggal, coba dengarkan suara mesin ketika berhasil hidup. Aki mobil yang kondisinya sedang tidak baik atau bermasalah biasanya akan terdengar sedikit bising.

Jika anda memiliki waktu lebih, tidak ada salahnya mencoba untuk membersihkan lempengan dari kotoran dan korosi kemudian isi ulang kembali aki. Harusnya permasalahan starter mobil anda akan teratasi.

Namun, jika anda masih merasakan beratnya dalam starter, tak ada salahnya anda melakukan pengecekan pada bagian lainnya. Biasanya starter yang berat juga bisa disebabkan karena banyaknya air yang mengenai karburator mesin mobil anda. Biasanya ini terjadi ketika mobil terendam banjir atau setelah melewati genangan cukup lama. Jika memang itu yang terjadi keringkan dan setting kembali pelampungnya.

Jika anda telah melakukan pengecekan terhadap dua komponen tersebut dan mesin masih susah untuk di starter maka kemungkinan terakhir adalah dinamo starter ada yang putus pada kumparan atau memang sudah pada batasnya dan saatnya diganti. Meskipun kasus ini jarang sekali terjadi.

Nah, demikian sedikit informasi dari kami mengenai cara mengatasi starter mobil yang berat dan kadang bermasalah. Semoga dapat membantu anda, bila Anda sedang mempertimbangkan produk asuransi kendaraan, Garda Oto bisa menjadi salah satu jawaban atas kebutuhan Anda saat ini. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan Anda. Bila mengalami masalah dan membutuhkan layanan darurat di perjalanan, jangan ragu untuk menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang dapat diakses selama 24 jam. Nikmati berbagai promo setiap pembelian produk Garda Oto melalui gardaoto.com. #PeaceofMind