Kiat Menabung Untuk Membeli Rumah

Kiat Menabung Untuk Membeli Rumah

 

Memiliki rumah merupakan impian semua orang terutama bagi orang yang baru saja menikah. Sebagai tempat bernaung dan tempat yang dapat menunjang segala aktivitas rumah memang memiliki rumah menjadi sebuah kewajiban.

Namun, untuk memilikinya tentu harus diimbangi dengan kerja keras dan kedisiplinan dalam menyisihkan uang. Terlebih jika Anda adalah seorang suami, sudah seharusnya berusaha keras untuk dapat membangun rumah karena untuk keberlangsungan kehidupan anak dan istri Anda nantinya.

Membeli suatu rumah sudah pasti memerlukan uang yang tak sedikit. Jadi Anda harus berusaha untuk belajar menabung uang dari gaji yang Anda dapatkan. Berikut ini kiat-kiat untuk menabung agar dapat membeli rumah:

  1. Memulai kebiasaan menabung dari kecil

Sejak kecil banyak sekali hal-hal baru yang telah diajarkan guru selama berada di lingkungan sekolahan, terutama ketika masih di awal-awal di Sekolah Dasar. Guru selalu mengajarkan hal-hal baik dan melatih kedisiplinan kita dalam berbagai hal, salah satunya yaitu menabung. Kebiasaan menabung dapat dilatih mulai dari usia dini. Sehingga, Anda akan terbiasa dan terlatih dalam menyisihkan uang untuk ditabung.

  1. Membuat target jumlah tabungan

Dalam hal ini Anda harus mempunyai target uang yang akan ditabung. Misalkan Anda mempunyai target uang yang akan ditabung per hari berapa, kemudian coba hitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya. Jika dalam satu hari itu Anda tidak menyisihkan uang sebesar yang biasanya Anda tabung, maka sebaiknya Anda menyisihkan uang lebih di hari kemudian agar target yang telah direncanakan tercapai.

  1. Berbelanja akan barang sesuai dengan kebutuhan

Salah satu hal yang dapat menghambat anda dalam menabung adalah dalam hal belanjaan. Terkadang anda memang perlu barang-barang yang bagus terkini, mewah, dan lain sebagainya. Tetapi, dalam hal ini perlu diingat bahwa jika Anda ingin memiliki rumah, maka Anda harus konsisten dalam menabung dengan cara membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan. Apalagi sekedar menuruti tren atau yang sedang viral. Anda harus bisa menahan keinginan Anda  sejenak dan memprioritaskan kebutuhan saja.

  1. Kenali lembaga tempat anda menabung

Dalam hal ini Anda harus memilih lembaga terpercaya untuk dijadikan sebagai tempat menabung. Anda harus jeli dalam memilih lembaga yang mengelola uang tabungan anda. Menabung di bank-bank milik negara yang telah dijamin oleh LPS menjadi opsi terbaik.

Opsi lainnya anda juga bisa menggunakan uang anda untuk berinvestasi. Namun ada baiknya pilih instrumen yang sifatnya likuid sehingga bisa dicairkan sewaktu-waktu. Selain itu jangan pernah tergiur dengan investasi yang menjanjikan imbal hasil besar.

Itulah beberapa kiat yang dapat Anda coba agar dapat melatih kedisiplinan menabung dalam membeli rumah. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah konsistensi Anda dalam menabung. Anda harus menahan keinginan sejenak agar dapat membeli rumah. Dengan demikian, Anda dapat membeli rumah untuk tempat tinggal Anda beserta anak dan istri  Anda.

Melihat besarnya upaya dalam menabung demi sebuah rumah, tentu tak ada salahnya juga jika anda memberikan reward tambahan berupa perlindungan ekstra bagi rumah anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan asuransi. Garda Home berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan berupa perlindungan rumah dari kebakaran. Jadi makin nyaman untuk tinggal di rumah bukan? #PeaceofMind