dana pensiun sangat berguna untuk hari tua terlebih bagi para karyawan dan freelancer. berikut tips dalam menyiapkan dana pensiun yang bisa anda coba

Freelancer merupakan salah satu pekerjaan fleksibel, karena jam kerja dapat disesuaikan dengan waktu luang Anda. Namun seiring bertambahnya usia, manusia mulai mengalami penurunan produktivitas yang dapat mempengaruhi penghasilan yang didapatkan. Demi mencukupi segala kebutuhan, silahkan simak cara mempersiapkan dana pensiun bagi freelancer berikut.

1. Menetapkan Waktu Pensiun

Mulai menetapkan waktu pensiun yang tepat, adalah salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan masa senja. Mengetahui waktu terbaik untuk pensiun akan membantu Anda mengukur besaran dana yang harus dikumpulkan sebelum masa itu tiba. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan bekal sesuai dengan target yang diharapkan.

Misalnya rata rata harapan hidup manusia penduduk Indonesia mencapai 76 tahun, sedangkan Anda hendak pensiun di usia 58 tahun.

Otomatis Anda harus mempersiapkan bekal tabungan untuk biaya hidup selama 18 tahun ke depan, dan tidak lupa menyiapkan dana tak terduga agar kebutuhan hidup dapat terpenuhi sempurna sebagai salah satu cara mempersiapkan dana pensiun.

2. Membuat Daftar Kebutuhan

Kian bertambahnya usia, otomatis kebutuhan Anda dan keluarga akan terus mengalami peningkatan. Untuk membantu memperkirakan besaran tabungan yang harus dikumpulkan, otomatis Anda harus membuat daftar kebutuhan sejak dini. Dengan cara ini, Anda bisa memperkirakan besaran tabungan yang harus didapatkan sebelum masa pensiun tiba.

Baca Juga: Kiat Menabung Untuk Membeli Rumah

3. Strategi Mengumpulkan Dana

Usai membuat daftar kebutuhan untuk bertahan hidup, kini saatnya mulai membuat strategi mengumpulkan dana untuk memenuhi kebutuhan di masa senja.

Sebenarnya ada beberapa strategi yang bisa diterapkan seperti investasi, mengikuti program jaminan hari tua, atau membuka rekening dana pensiun lembaga keuangan.

Anda bisa melakukan investasi properti, reksa dana, obligasi jangka panjang, atau menanam saham di perusahaan yang dianggap mendatangkan keuntungan secara rutin agar mampu meraup keuntungan cukup tinggi.

Sedangkan para pekerja freelancer dapat mengikuti program jaminan hari tua sebagai cara mempersiapkan dana pensiun sejak dini.

4. Konsisten Dalam Menabung

Sejak kecil, para orang tua tentu mengajarkan anaknya untuk terbiasa menyisihkan uang saku untuk kemudian ditabung. Tampaknya ajaran baik ini bisa membawa Anda kepada masa depan yang lebih cerah.

Karena sudah terbiasa menabung, otomatis bukan hal yang sulit untuk menerapkannya hingga Anda sudah bisa mencari nafkah sendiri di masa mendatang.

Demi mencapai target yang diinginkan, tentu saja Anda harus menabung secara konsisten secara rutin. Setidaknya setiap bulannya Anda harus menyisihkan sekitar 10% dari pendapatan yang didapatkan.

Jangan tergiur menggunakannya karena mengingat jumlah nominalnya yang terus bertambah, karena hal tersebut akan mengacaukan rencana menabung untuk hari tua.

5. Memanfaatkan Asuransi

Umumnya seseorang yang berprofesi sebagai freelancer tidak akan mendapatkan asuransi bak karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Padahal memiliki asuransi untuk perlindungan diri sangatlah penting, mengingat dibutuhkan finansial cukup tinggi apabila hendak melakukan pengobatan akibat terjadinya kecelakaan, atau bahkan hingga meninggal dunia.

Asuransi sangat dibutuhkan terutama bagi Anda yang berperan sebagai tulang punggung keluarga. Apabila Anda tidak dapat bekerja kembali, otomatis seluruh keluarga harus mencari pendapatan tambahan demi memenuhi kebutuhan. Oleh sebab itu, manfaatkan penawaran asuransi sebagai salah satu cara mempersiapkan dana pensiun bagi freelancer. Lindungi dirimu dengan Asuransi Kecelakaan Diri Garda Me. Garda Me memberikan perlindungan bagi diri atas kecelakaan diri. Bebas tentukan nilai premi atau limit manfaat sesuai kebutuhan. Dapatkan diskon 20% selama periode 1 Mei – 30 Juni 2021 dan premi mulai Rp50.000 selama 1 tahun.

 

Baca Juga: Asuransi Kecelakaan Garda Me

Setiap orang tentu menginginkan masa tua yang nyaman dan damai karena semua kebutuhannya telah terpenuhi. Impian tersebut bisa diwujudkan apabila Anda telah menyiapkan bekal sejak dini. Oleh sebab itu, Anda harus memperhitungkan dana yang dibutuhkan jauh hari sebelum menyatakan pensiun dari pekerjaan tersebut.