Penyebab Mesin Diesel Pincang

Usia pemakaian mobil yang sudah lama akan mempengaruhi kinerjanya. Salah satu tandanya adalah dengan putaran mesin yang kadang tidak stabil dan imbang ketika digunakan. Penurunan kinerja mobil yang disebut dengan pincang ini disebabkan beberapa hal. Agar dapat memahami kondisi tersebut, yuk simak penyebab mesin diesel pincang berikut ini!

1. Setelan Celah atau Katup yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab kenapa mesin diesel mengalami masalah yaitu setelan celah katup atau klep yang kurang tepat. Umumnya, hal tersebut terjadi jika celah katup dan penyetelannya tidak pada posisi yang sempurna.

Baik itu posisi valve intake-exhaust maupun posisi top. Karena alasan tersebut, mesin diesel mengalami pincang ketika dinyalakan.

Selain itu, penyetelan celah katup yang terlalu rapat akan mengakibatkan valve tertekan lebih dahulu. Meskipun tonjolan pada camshaft atau cam lobe belum mengenai sisi puncaknya,  maka kondisi tersebut akan membuat katup tertekan.

Akibatnya, katup yang tertekan ini menjadi dalam kondisi selalu terbuka sehingga menyebabkan kebocoran. Hal inilah yang membuat mesin diesel pincang saat dinyalakan.

2. Filter Bahan Bakar Bermasalah

Agar dapat bekerja, mesin diesel membutuhkan tekanan yang kuat untuk memproses bahan bakar. Bila kejadian mesin pincang terjadi pada pagi hari ketika memanaskan mesin mobil.

Kemungkinan besar penyebab mesin diesel pincang adalah filter bahan bakar. Pasalnya, bahan bakar tidak memiliki tekanan yang kuat untuk memproses bahan bakarnya.

Tidak hanya itu saja, kemungkinan lainnya yang terjadi yaitu filter bahan bakar tersumbat atau buntu. Penyumbatan ini biasanya disebabkan adanya tumpukan kotoran yang berasal dari bahan bakar.

Jika dibiarkan begitu saja, maka Anda bisa saja kesulitan saat menyalakan mobil tersebut. Bahkan jika menyala pun akan menyebabkan putaran mesin mobil tidak stabil. Solusinya, Anda harus segera mengganti filter tersebut.

Baca Juga: Cara Perawatan Mobil dengan Sistem Bahan Bakar Injeksi

3. Sistem Common Rail yang Bermasalah

Jika mesin diesel Anda menggunakan sistem common rail dan terjadi malfungsi, maka akan mempengaruhi kinerja dapur pacu secara keseluruhan. Pada sistem ini terdapat sensor, aktuator, dan engine ECU.

Apabila terjadi kerusakan atau malfungsi pada komponen tersebut, maka bisa menjadikan salah satu penyebab mesin diesel pincang hingga mogok.

4. Kompresi Bahan Bakar yang Rendah

Sistem pengapian memiliki peran penting pada mobil bermesin diesel untuk menjalankan mesin. Jika sistem bahan bakar tidak berlangsung normal, maka putaran mesin diesel yang Anda miliki menjadi goyang.

Kondisi pengapian yang tidak maksimal ini biasanya terjadi karena adanya kerusakan beberapa komponen didalamnya. Misalnya saja, ada masalah pada busi, ignition, atau bisa juga karena putusnya kabel pengapian.

Selain itu, kompresi ruang bakar juga akan mempengaruhi kinerja mesin diesel. Pada dasarnya tekanan mesin diesel berada pada kisaran 20 hingga 40 kg/cm per silinder mesin.

Masalah mesin mobil yang pincang dapat terjadi jika nilai tekanannya lebih rendah dari nilai tekanan standar. Akibatnya, kompresi ruang bakar jadi cenderung rendah dan membuat mesin jadi pincang.

Baca Juga: Jangan Paksakan Mobil Anda Menggunakan Bahan Bakar di Bawah Standar

5. Sistem Pompa Injeksi yang Abnormal

Penyebab mesin diesel pincang selanjutnya yaitu terdapat masalah pada injection pump. Sistem pompa injeksi yang abnormal bisa terjadi dalam beberapa kondisi, mulai dari tekanan bahan bakar ke injector nozzle yang lemah hingga terjadi keausan di komponen tersebut.

Sehingga membuat mesin mobil diesel goyang saat dinyalakan. Mesin mobil diesel yang goyang atau pincang saat dihidupkan disebabkan oleh beberapa hal.

Salah satunya yaitu terjadi masalah di sistem filter mobil, sehingga bahan bakar tidak dapat tersalurkan. Bahkan jika mobil dapat menyala, maka putaran mobil tidak stabil dan membuatnya goyang atau pincang.

Itulah penjelasan terkait penyebab mesin mobil diesel pincang yang wajib Anda tahu. Selain mengetahui penyebab mesin diesel pincang, perhatikan juga kemanan dan kenyaman selama berkendara. Untuk keamanan dan kenyamanan selama berkendara, tak ada salahnya untuk menggunakan Asuransi mobil. Saat ini sudah banyak jenis Asuransi mobil yang dapat dipilih. Garda Oto bisa menjadi solusi tepat sebagai asuransi kendaraan Anda. Produk dari Asuransi Astra ini siap memberikan perlindungan bagi kendaraan mobil Anda kapanpun dan dimanapun.

Jika menghadapi masalah selama perjalanan dan membutuhkan layanan bantuan darurat, sekarang Anda dapat dengan mudah menghubungi Garda Akses di nomor 1500112 yang siap siaga demi kenyamanan Anda selama 24 jam.

Sekarang mendaftar Asuransi mobil Garda Oto semakin mudah, anda tidak perlu beranjak dari tempat Anda, cukup dengan mengunjungi www.gardaoto.com melalui smartphone atau komputer pribadi (PC) Anda, Anda sudah dapat merasakan mudahnya berasuransi di Garda Oto dengan berbagai macam fitur layanan yang semakin mempermudah Anda. #PeaceofMind